Ada begitu banyak tradisi menarik yang biasa dilakukan saat Hari Raya Waisak di seluruh dunia. 

Berikut ini artikel Finansialku akan membahas mengenai beberapa tradisi dan kegiatan menarik yang biasa dilakukan saat perayaan Waisak.

Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Tradisi dan Kegiatan Menarik Saat Hari Raya Waisak

Hari raya Waisak merupakan salah satu hari yang sangat penting bagi umat Buddha di seluruh dunia. Pada hari raya Waisak, umat Buddha biasanya akan menggelar serangkaian acara dan ritual.

Mengingat Agama Buddha telah menyebar ke berbagai belahan dunia, maka terdapat berbagai jenis tradisi yang berbeda dan unik antara perayaan Waisak di tempat yang satu dengan tempat lainnya.

Berikut beberapa tradisi dan kegiatan menarik yang biasa dilakukan oleh umat Buddha saat merayakan Waisak.

 

#1 Menyalakan Lampu Minyak dan Lilin Berbentuk Bunga Lotus

Mungkin bagi sebagian orang, menyalakan lampu minyak maupun lilin merupakan hal yang biasa. Tetapi saat perayaan Waisak, kedua hal ini memiliki makna yang mendalam untuk umat Buddha.

Menyalakan lampu minyak bertujuan untuk mengusir kegelapan, dan juga dimaknai sebagai penerangan kehidupan manusia.

Beginilah Tradisi Yang Dilakukan Umat Budha Saat Hari Raya Waisak 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tunjangan Hari Raya (THR) dan Gaji Ke-13 PNS Nyaris Tak Cair]

 

Selain lampu minyak, penerangan juga dilakukan dengan menyalakan lilin yang berbentuk bunga lotus. Bunga lotus sendiri juga memiliki makna tersendiri, sebab bunga lotus yang indah mampu hidup di air yang keruh.

Dengan begitu, bunga lotus melambangkan keindahan yang bisa muncul dari sebuah dunia yang bisa dianggap berantakan ini. Terdapat juga sebuah cerita yang mengatakan bahwa Buddha sendiri pernah muncul secara magis dari bunga lotus ini.

 

#2 Mengunjungi Tempat Kelahiran Buddha di Nepal

Bagi umat Buddha yang berada di Nepal, biasanya mereka akan mengunjungi tempat kelahiran Buddha saat perayaan Waisak, yaitu tepatnya di Lumbini.

Disana mereka akan melakukan serangkaian acara serta akan berusaha untuk melakukan kebajikan sebanyak mungkin.

Beginilah Tradisi Yang Dilakukan Umat Budha Saat Hari Raya Waisak 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Lho Fakta Menarik Hari Raya Galungan dan Kuningan]

 

Selain memberikan sesembahan, umat yang ada disana juga akan memberikan sumbangan kepada orang-orang yang membutuhkan, serta akan mengunjungi Vihara agar bisa memberi penghormatan kepada sang Buddha.

Selain perayaan yang dilakukan di tempat-tempat lain, umat Buddha juga biasanya akan berdoa di Monkey Temple, yang merupakan bentuk perayaan utama.

 

#3 Dikibarkannya Bendera Buddha di Rumah-rumah Umat Buddha

Kegiatan menarik lainnya yang hanya bisa kita temui saat perayaan Waisak ialah dikibarkannya bendera Buddha di rumah-rumah umat Buddha.

Biasanya umat Buddha akan mengunjungi kuil, dan akan mendapat bendera Buddha secara gratis, dan kemudian menggantung bendera-bendera tersebut selama hari raya Waisak berlangsung.

Beginilah Tradisi Yang Dilakukan Umat Budha Saat Hari Raya Waisak 03 - Finansialku

[Baca Juga: Tunjangan Hari Raya (THR) 2020: Ketahui Cara Perhitungan dan Pengelolaannya]

 

Bendera Buddha sendiri sebenarnya baru ada sejak tahun 1800-an, dirancang oleh Kolonel Henry S. Olcott dan J.R de Silva. Pada bendera Buddha, terdapat enam garis vertikal berwarna biru, kuning, merah, putih dan juga oranye.

Meskipun bendera ini tidak dibuat langsung oleh sang Buddha, tetapi bendera ini memiliki makna yang cukup mendalam bagi umat Buddha.

 

#4 Kegiatan Menghias Candi di Korea Selatan

Saat perayaan Waisak, membersihkan tempat peribadatan tentu merupakan salah satu yang perlu dilakukan, termasuk membersihkan daerah sekitar candi.

Tetapi di Korea Selatan, candi rupanya tidak hanya sekedar dibersihkan saja, tetapi juga dihias dengan sedemikian rupa sehingga menjadi tampak indah dan megah.

Beginilah Tradisi Yang Dilakukan Umat Budha Saat Hari Raya Waisak 04 - Finansialku

[Baca Juga: Menariknya Rangkaian Acara Menjelang Hari Raya Waisak Di Candi Borobudur]

 

Umat Buddha yang ada di Korea Selatan juga akan membuat begitu banyak lentera yang berbentuk teratai, yang nantinya akan diletakkan di sekitar candi sehingga candi menjadi tetap terang saat malam hari.

Kegiatan yang dilakukan umat Buddha di Korea Selatan ini bertujuan untuk mengenang kelahiran Buddha di dunia.

 

Anda punya rencana untuk mengunjungi Korea Selatan ataupun negara lain? Sudahkah Anda menyiapkan budget untuk traveling selanjutnya?

Rencanakan budget perjalanan Anda dengan aplikasi Finansialku. Download aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple App Store.

 

#5 Ritual Mandi Sang Buddha

Salah satu ritual suci dan paling populer yang dilakukan saat perayaan Waisak yaitu ritual mandi sang Buddha yang dilakukan di kuil.

Ritual ini memiliki begitu banyak tujuan, yaitu untuk memurnikan hati serta pikiran dari kebencian, keserakahan serta ketidaktahuan.

Beginilah Tradisi Yang Dilakukan Umat Budha Saat Hari Raya Waisak 05 - Finansialku

[Baca Juga: Infografis: Kenali Hak Tunjangan Hari Raya (THR) Pekerja]

 

Ritual mandi sang Buddha ini sepertinya dilakukan dengan cara yang berbeda-beda di setiap tempat, seperti misalnya di Thailand.

Umat Buddha akan menempelkan daun emas ke dewa berwajah empat, yaitu Phra Phom dan juga kepada seorang biarawan terhormat dari Thailand yang bernama Luang Phor Tuad.

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

#6 Tradisi Melepaskan Burung di Singapura

Apabila kebetulan berada di Singapura saat perayaan Waisak, maka Anda akan melihat sebuah tradisi unik disana.

Umat Buddha yang ada di Singapura biasanya akan melepaskan begitu banyak burung saat perayaan Waisak berlangsung.

Pelepasan burung ini juga memiliki makna yang mendalam, dan melambangkan datangnya hari yang baru, yang pastinya diharapkan akan menjadi lebih baik.

 

Waisak 2020

Sekarang Anda sudah mengetahui berbagai tradisi dan kegiatan menarik yang dilakukan umat Buddha saat perayaan Waisak.

Waisak tahun ini mungkin akan menjadi berbeda karena pandemi yang sedang berlangsung. Namun hal tersebut bukan halangan untuk tetap menerapkan nilai-nilai sejati dari Hari Raya Waisak dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

Nah… mengingat sebentar lagi kita akan memasuki perayaan Waisak 2020, apa saja persiapan yang telah Anda lakukan?

Silahkan tinggalkan pendapat Anda di kolom komentar, dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada saudara maupun teman Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Anastasia Pramudita Davies. 29 Mei 2018. Hari Waisak 2018, Ini 9 Tradisi Umat Buddha Rayakan Waisak. Gaya.tempo.co – https://bit.ly/3eR3OiF

 

Sumber Gambar:

  • Lampu Minyak – https://bit.ly/2Wa6AIH
  • Taman Lumbini – https://bit.ly/2Wa6AIH
  • Bendera Buddha – https://bit.ly/2Ww9s1s
  • Candi di Korea – https://bit.ly/3b8osYK
  • Ritual Mandi Buddha – https://bit.ly/2xIlNas