Wow! Tren Veneer Gigi Bisa Membuatmu Tambah Dilirik

Menurut kamu apakah tren veneer gigi yang sedang marak ini bisa membuat orang terlihat lebih menarik atau malah terlihat aneh?

Kali ini Finansialku akan membahas artikel mengenai tren veneer gigi. Agar lebih jelas, mari simak pembahasannya berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Mengenal Tren Veneer Gigi. Bisa Jadi Kelinci?

Sebelumnya bukan ‘bisa menjadi kelinci’ ya, tapi dengan veneer gigi kita bisa terlihat seperti kelinci dengan gigi atas tengah menjadi lebih besar dan sedikit panjang.

Mungkin kamu waktu kecil sering diledek karena memiliki bentuk gigi depan yang menyerupai gigi kelinci. Tapi berbanding terbalik dengan zaman sekarang. Banyak orang yang ingin membentuk giginya seperti kelinci.

 

Belakangan ini tren veneer gigi sangat di gandrungi terutama di kalangan selebritis. Dengan melakukan veneer gigi akan terlihat lebih putih, rapi dan ada beberapa orang yang membentuk giginya seperti kelinci.

Bahkan saat ini penggunaan kawat gigi yang berfungsi untuk merapikan gigi sedikit meredup. Banyak dari mereka yang lebih memilih teknik veneer untuk merapikan gigi.

Beberapa artis yang memilih teknik veneer diantaranya Olla Ramlan, Agnez Mo, Vega Darwanti, Aurel, Tyas Mirasih, Deddy Corbuzier.

Kira-kira mengapa tren veneer gigi kini sangat diminati? Butuh berapa dana yang dikeluarkan demi gigi yang lebih indah? Setiap orang tentu ingin memiliki gigi putih bersih. Sebenarnya veneer itu teknik yang seperti apa sih?

Wow! Tren Veneer Bisa Membuat Gigi Seperti Kelinci 02 Veneer Gigi 2 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Dia Kosmetik Murah Tapi Enggak Murahan]

 

Pada mulanya veneer diciptakan pada 1928 oleh dokter gigi Charles Pincus. Awalnya tindakan medis ini dilakukan untuk keperluan syuting film saja. Tapi pada tahun 2011, veneer menjadi tren di Amerika dan merambah ke Indonesia.

Veneer merupakan bahan yang digunakan untuk melapisi permukaan gigi gunanya untuk melindungi gigi yang dibuat secara khusus. Veneer gigi bisa meningkatkan warna gigi, bentuk, posisi gigi serta memperbaiki gigi yang rusak.

Penggunaan veneer gigi ini lebih disarankan untuk kamu yang giginya berwarna kusam, gigi rusak atau patah, gigi tidak rata, atau yang memiliki jarak yang terlalu renggang.

Pada dasarnya teknik yang bisa digunakan dalam veneer gigi ada dua cara, yaitu direct veneer dan indirect veneer.

  • Direct Veneer adalah pemasangan yang bisa dilakukan dengan waktu singkat, yaitu sehari saja. Setelah melakukan konsultasi, gigi terluar atau enamel akan sedikit diasah sekitar 0,5 mm.
    Hal tersebut dilakukan agar gigi tidak terlalu tebal ketika dipasangkan veneer. Setelah itu veneer akan dipasangkan, yang dibentuk sesuai dengan keinginan pasien dengan menggunakan bahan resin komposit.
  • Indirect Veneer berbeda dengan Direct, karena teknik itu tidak bisa dilakukan dalam sekali kedatangan. Saat pertama kali konsul, dokter akan mengikis enamel atau gigi terluar.
    Setelah itu dokter akan mencetak gigi kamu menggunakan bahan seperti dempul. Saat dicetak inilah, kamu bisa request dua gigi depan lebih panjang atau bunny teeth. 
    Kemudian hasil gigi yang telah dicetak dan dikirim ke laboratorium untuk dibuatkan veneer yang berbahan porcelain.

    Selagi menunggu veneer berbahan porcelain yang membutuhkan waktu 1-2 minggu, kamu akan menggunakan veneer temporer terlebih dahulu.

 

Manfaat dan Kekurangan dari Veneer Gigi

Selain mempercantik penampilan, veneer gigi sebenarnya punya beberapa manfaat terutama untuk kesehatan gigi diantaranya:

 

#1 Membuat Gigi Lebih Putih

Buat kamu yang punya masalah gigi kuning yang membandel. Perlu diketahui itu bisa disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat sepeti minum kopi atau sering merokok.        
Tapi dengan adanya veneer gigi, seolah menjadi solusi agar gigi menjadi lebih putih.

 

#2 Merapatkan Gigi

Selain menggunakan kawat gigi, kamu bisa menggunakan veneer untuk merapatkan gigi yang terlihat renggang. Dengan veneer celah gigi akan terlihat lebih tertutup dan tampak rapat kembali seperti alami.

 

#3 Perbaiki Gigi yang Patah, Rusak dan Retak

Veneer tidak hanya membuat gigi putih, tapi bisa melapisi gigi yang patah, retak sehingga menjadi utuh kembali. Bahkan bisa dibentuk sesuai dengan keinginan. Seperti bunny teeth atau gigi kelinci yang sedang marak.

 

#4 Merapikan Gigi yang Berantakan

Gigi yang kurang beraturan pasti menjadi kita kurang percaya diri kan. Veneer bisa membantu meratakan kembali posisi gigi agar terlihat rapi.

 

Selain memiliki kelebihan, veneer ini pun memiliki kelemahan yang mungkin akan dihadapi oleh para setiap orang yang memasangnya, seperti:

  1. Gigi mungkin akan jadi lebih sensitif terhadap makanan dan minuman panas atau dingin, ini disebabkan karena enamel gigi telah dikikis.
  2. Veneer gigi tidak cocok untuk gigi yang tidak sehat (gusi sakit, gigi membusuk, ada fraktur gigi, atau ada tambalan gigi besar) karena jumlah enamel pada permukaan gigi tidak cukup memadai.
  3. Dianjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat menyebabkan noda gigi seperti kopi, teh, atau anggur merah.
  4. Gigi ber-veneer masih dapat mengalami pembusukan.

 

Berapakah Biaya Veneer Gigi

Jika ingin memiliki penampilan yang lebih menarik, gigi terlihat putih bersih dan rapi, tentu kamu perlu mengeluarkan sejumlah uang. Lantas berapa kira-kira biaya yang dibutuhkan untuk melakukan veneer gigi.

Sebenarnya bahan yang kamu gunakan itu akan sangat berpengaruh terhadap harga veneer itu sendiri. Untuk veneer dengan pemasangan direct harga yang dikenakan sekitar Rp800 ribu per gigi.

Veneer jenis ini hanya bertahan sekitar 5 tahun saja. Sedangkan veneer indirect dibandrol hingga Rp10 juta dan bertahan selama 10-15 tahun.

Wow! Tren Veneer Bisa Membuat Gigi Seperti Kelinci 03 Veneer Gigi 3 - Finansialku

[Baca Juga: Tahapan Skincare Routine, Perempuan Wajib Tahu!]

 

Harga veneer gigi tergantung dari seberapa parah gigi pasien. Rata-rata pengerjaan veneer dimulai dari Rp6-8 juta per gigi. Berapa banyak gigi yang harus di veneer?

Semua itu pun tergantung dari berapa gigi yang terlihat saat orang tersebut tersenyum. Rata-rata 8 gigi atas dan 8 gigi bawah. Tapi bisa juga sampai 20 gigi atas dan bawah.

Harga yang sangat fantastis kan, jika satu gigi bandrol dengan harga Rp6 juta, dikali dengan 20 gigi, kamu perlu mengeluarkan uang sebesar Rp120 juta.

Kira-kira gimana, apakah kamu tertarik dengan tren veneer gigi atau gigi kelinci itu?  

Sebelum mengeluarkan uang yang cukup besar untuk veneer gigi alangkah baiknya kamu rencanakan keuanganmu terlebih dahulu, agar kondisi keuanganmu tetap baik setelah veneer gigi.

Kamu bisa merencanakan keuanganmu dengan membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 20an di bawah ini secara GRATIS.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Pertimbangan Matang

Jadi bagi kamu yang ingin melakukan veneer gigi, pertimbangkan baik-baik ya mulai dari manfaat hingga beberapa kekurangannya yang kemungkinan akan kamu rasakan.

Tapi jika kamu telah mempertimbangkan matang-matang dan memiliki uang lebih dan ingin mempercantik penampilan terutama gigi. Selamat mencoba veneer gigi yang sedang ngetren ini.

Perhitungkan dengan matang juga kondisi keuanganmu, kamu bisa menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku yang dapat dengan mudah kamu download melalui link di bawah ini, selamat mencoba.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel tentang tren veneer gigi? Berikan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Julia Alela. 3 Agustus 2017. Tren Veneer yang Menyulap Gigi Jadi Putih Mengkilap. Antara Tambah Cantik atau Malah Aneh, Menurutmu?. hipwee.com. Hipwee.com – https://goo.gl/ctDjGK
  • Admin. 15 Maret 2015. Tren Gigi Kelinci dengan Veneer Seperti Olla Ramlan & Vega Darwanti, Tertarik Coba?. Fimela.com – https://goo.gl/CeSGaR
  • Lakupon. 10 November 2017. Manfaat Veneer Gigi Selain Bikin Putih Yang Jarang Diketahuib. Liputan6.com – https://goo.gl/58K1v8

 

Sumber Gambar:

  • Veneer Gigi 1 – https://goo.gl/dgYwu6
  • Veneer Gigi 2 – https://goo.gl/6997Zo
  • Veneer Gigi 3 – https://goo.gl/RZQzNF

 

About the Author:

Nisrina Mustika, S.I.Kom
Nisrina Mustika, S.I.Kom. Sempat mengenyam pendidikan S1 Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Humas di Universitas Komputer Indonesia. Seseorang yang memiliki ketertarikan di dunia seni dan kejurnalistikan. Pernah menjabat sebagai Ketua Pers Mahasiswa Birama UNIKOM.

Leave A Comment