Unilever stock split melalui Rapat Umum Pemegang Luar Biasa (RUPSLB) dengan tujuan agar saham dapat dijangkau investor ritel.

Agar lebih jelas, mari simak ulasannya berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Unilever Stock Split, Investor Kecil Beruntung

Salah satu emiten besar PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), mengabarkan akan melakukan pemecahan nilai saham atau stock split. Hal ini tentu menjadi kabar mengejutkan bagi para pelaku saham.

Selain itu ini dinilai berdampak positif terhadap investor pasar modal, khususnya para investor kecil.

Analis Royal Investium Sekuritas, Jason Nasrial, mengatakan:

“Efeknya sih biar semakin banyak investor kecil (retail) bisa partisipasi dan ada sedikit boosting ke likuiditas perdagangan saham Unilever.”

 

Kabar ini disambut antusias oleh para pelaku pasar modal domestik. Sejumlah grup pesan singkat Whatsapp investor saham pun ramai membagikan informasi mengenai rencana Unilever yang bermarkas di London, Inggris tersebut.

Manajemen Unilever Indonesia menyampaikan pengumuman ini pada Sabtu (28/09) pukul 20.33 WIB melalui surat yang disampaikan melalui keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada saat tidak ada aktivitas perdagangan.

Dalam surat tersebut langsung disebutkan rencana perseroan melakukan stock split.

“Mengumumkan bahwa Peseroan berencana untuk melakukan perubahan nilai nominal saham (stock split). Perseroan menilai aksi korporasi ini akan membuat saham UNVR menjadi lebih terjangkau oleh investor retail kebanyakan”

 

Selain itu, stock split ini juga diharapkan akan mendukung pertumbuhan Bursa Efek Indonesia karena adanya peningkatan likuiditas perdagangan saham UNVR.

Manajemen menyampaikan, perseroan akan menyampaikan usulan mengenai perubahan nilai nominal saham (stock split) dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

Namun perseroan belum menyebutkan rasio pemecahan nilai saham yang akan dilakukan perseroan. Hingga akhir perdagangan pekan lalu, nilai saham UNVR diperdagangkan pada harga Rp47.000/unit.

Unilever Lakukan Stock Split Jadi Kabar Baik Bagi Investor Ritel 02

[Baca Juga: Gara-gara Amerika Semi Resesi, Harga Emas Naik]

 

Jika diasumsikan perseroan akan melakukan stock split 1:10 maka harga saham berada pada level Rp4.700/unit. Namun jika rasionya 1:5 makan harga saham Rp9.400/unit.

Tentu saja pemecahan nilai saham ini akan membuat investor lebih murah untuk membelinya. Jika ingin membeli satu lot cukup dengan Rp470.000 atau Rp940.000 saja, tidak perlu mengeluarkan uang Rp4,7 juta/lot.

Saat ini total jumlah saham yang dicatatkan perseroan di BEI mencapai 7,63 miliar unit saham.

Dari total jumlah saham tersebut, sebanyak 84,99% atau 6.484.877.500 saham yang dimiliki oleh Unilever Indonesia Holding B.V dan sisanya 15.01% atau 1.145.122.500 dimiliki oleh publik atau masyarakat.

Perusahaan yang dipimpin Hermant Bakhsi ini punya nilai kapitalisasi Rp356,61 triliun, merupakan yang terbesar setelah PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM).

Berdasarkan laporan keuangan perseroan kuartal II 2019, nilai aset UNVR saat ini tercatat mencapai Rp21,87 triliun.

Untuk sekedar mengingatkan, perseroan adalah market leader untuk produk-produk kebutuhan rumah tangga, seperti Pepsodent, Lux, Lifebuoy, Dove, Sunsilk, Clear, Rexona, Vaseline, Rinso, Molto, Sunlight, Wall’s, Royco, Bango, dan masih banyak lagi.

Selain menyampaikan usulan perubahan nominal saham (stock split), dalam RUPSLB mendatang juga akan disampaikan usulan perubahan direksi Perseroan.

Perseroan telah menerima surat pengunduran diri dari Amparo Cheung Aswin selaku Direktur Perseroan yang akan berlaku efektif terhitung sejak tanggal 1 Oktober 2019 dan akan akan mengusulkan pengangkatan Rizki Raksanugraha sebagai Direktur Perseroan menggantikan Amparo.

 

Apa pendapat Anda terkait artikel di atas? Silakan berikan tanggapan di kolom komentar di bawah ini.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Houtmand P Saragih. 30 September 2019. Jreng! Investor Ritel Berbahagialah, UNVR akan Stock Split. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/2LLQXC3
  • Kompas. 30 September 2019. Lakukan Stock Split, Apa Alasan Unilever?. Kompas.com – https://bit.ly/2Im73QE
  • Ihya Ulum Aldin. 1 Oktober 2019. Pemecahan Nilai Saham Unilever Dinilai Positif untuk Investor Kecil. Katadata.co.id – https://bit.ly/30GxM0t

 

Sumber Gambar:

  • Unilever Stock Split 01 – http://bit.ly/2IjCs6c
  • Unilever Stock Split 02 – http://bit.ly/2Mc7LBc

 

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang