Yuk, ketahui rekomendasi usaha bekal pensiun Anda agar hidup Anda aman dan nyaman tanpa harus memikirkan dana hari tua. Selengkapnya dalam artikel ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Bekal Pensiun

Cepat atau lambat kita akan memasuki masa-masa pensiun. Masa dimana kita tidak seproduktif dulu lagi. Di masa pensiun ini, bahkan mungkin banyak dari kita yang berkurang pendapatannya.

Padahal, kita masih harus hidup dengan keadaan yang aman dan nyaman selama masa pensiun.

Mulai dari kebutuhan sehari-hari, persiapan tempat tinggal, asuransi, dan lain-lain. Jika dihitung-hitung, tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk masa pensiun kita.

Namun, sayangnya masih banyak orang yang menunda-nunda untuk mempersiapkan masa pensiun mereka. Padahal, semakin awal Anda mempersiapkan masa pensiun Anda maka semakin dikit beban yang harus Anda tanggung perbulannya.

Rekomendasi Usaha Bekal Pensiun yang Amankan Dana Hari Tua 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Itu Dana Pensiun Syariah? Cek Jawabannya Di Sini!]

 

Coba bayangkan, jika masa pensiun Anda membutuhkan Rp 10 miliar. Lebih mudah mengumpulkan Rp 10 miliar dalam waktu 2 tahun atau 20 tahun?

Tentunya 20 tahun kan. Oleh karena itu, tidak ada kata terlalu awal untuk mempersiapkan dana pensiun, ya. Selain itu, pekerjaan atau pun pemasukan lebih juga diperlukan untuk masa pensiun ini.

Salah satu hal yang bisa dilakukan dengan memiliki pekerjaan sampingan yang memberikan penghasilan yang banyak untuk tabungan pensiun. Apa saja ya usaha untuk bekal pensiun?

Yuk, langsung aja cek rekomendasi usaha untuk bekal pensiun berikut, ya.

 

Rekomendasi Usaha Bekal Pensiun

Kali ini rubrik Finansialku akan berbagi beberapa rekomendasi usaha untuk bekal pensiun. Berikut beberapa rekomendasi usaha bekal pensiun yang dapat Anda pilih.

 

#1 Memiliki Saham

Apabila Anda adalah karyawan atau pekerja negara biasa (bukan ahli saham atau orang keuangan) maka, saham dapat dianggap sebagai pekerjaan sampingan.

Saham cocok untuk investasi jangka panjang. Hasil dari berinvestasi saham cukup menjanjikan dalam jangka panjang jika dikelola dengan baik dan benar.

Selama perusahaan yang Anda beli sahamnya masih bertumbuh dan berkembang dengan baik maka semakin besar potensi keuntungan yang akan Anda peroleh.

 

#2 Beternak Hewan

Banyak anak muda yang melakukan beternak hewan untuk menambah bekal pensiun. Dengan pengelolaan ternak hewan yang benar maka dapat memberikan jaminan serta hasil yang cukup besar, lho.

Terdapat beberapa macam ternak hewan yang dapat Anda pilih. Ada yang hewan untuk konsumsi seperti ayam, bebek, kambing, ikan air tawar, ikan air laut, sapi, dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda juga bisa beternak hewan untuk dipelihara seperti anjing, kucing, kelinci, dan hewan peliharaan lainnya.

Namun, beternak hewan untuk konsumsi memiliki pangsa pasar yang lebih besar jika dibandingkan dengan beternak hewan peliharaan.

 

#3 Membuka Usaha

Pekerjaan sampingan lainnya adalah dengan membuka usaha untuk menambah pemasukan. Anda dapat memilih usaha yang bisa dijaga oleh orang lain.

Jika Anda menjalani usaha tersebut dengan giat maka usaha tersebut dapat menjadi pemasukan untuk bekal pensiun Anda.

 

#4 Konsultan

Dapat dikatakan bahwa salah satu pekerjaan yang menghasilkan bayaran yang cukup tinggi adalah dengan menjadi konsultan.

Tentunya untuk menjadi konsultan memakan waktu yang lebih lama, ya. Mengapa demikian? Karena Anda harus benar-benar mempelajari serta memahami bidang tersebut hingga mendalam.

Rekomendasi Usaha Bekal Pensiun yang Amankan Dana Hari Tua 03 - Finansialku

[Baca Juga: 12 Cara Menjadi Orang Sukses Dengan Memiliki Kebiasaan yang Profesional]

 

Namun, semakin tinggi jam terbang Anda maka tentunya pekerjaan Anda menjadi semakin bernilai. Apalagi, konsultan bisa dilakukan sampai usia berapa pun.

Semakin lama Anda belajar maka akan semakin banyak ilmu yang dimiliki oleh konsultan. Tentunya hal tersebut searah dengan usia yang beranjak semakin tua.

Oleh karena itu, alasan tersebut menjadi alasan utama untuk membuat konsultan menjadi salah satu pekerjaan yang cocok untuk pensiunan dengan gaji tinggi.

Anda dapat menjadi konsultan di bidang yang memang Anda tekuni serta Anda sukai. Dengan begitu, maka Anda bisa memperoleh beberapa keuntungan.

Anda bisa mendapat penghasilan, menekuni yang Anda sukai, sekaligus membantu orang lain.

 

#5 Fotografer

Jika Anda menyukai dunia fotografi, maka mungkin menjadi fotografer dapat Anda jadikan pilihan untuk menambah bekal pensiun Anda. Apalagi jika Anda sering melihat pekerjaan sebagai fotografer adalah pekerjaan yang menyenangkan Anda.

Anda dapat memotret orang, objek indah seperti pemandangan, barang, makanan, karya seni, dan lain sebagainya.

Walaupun terlihat sederhana, hanya memotret saja namun ternyata untuk mengambil foto yang bagus dan angle yang tepat tidaklah mudah, lho.

Rekomendasi Usaha Bekal Pensiun yang Amankan Dana Hari Tua 02 - Finansialku

[Baca Juga: Belum Tahu Cara Klaim Dana BPJS Pensiun? Ikuti Cara Ini!]

 

Oleh karena itu, pekerjaan menjadi fotografer dapat memberikan penghasilan yang tinggi. Dengan begitu, dapat membantu Anda untuk menyimpan dana untuk bekal pensiun nanti.

Selain itu, fotografer juga salah satu pekerjaan yang menuntut skill (keahlian). Semakin tua atau semakin tinggi jam terbang Anda maka skill Anda akan semakin terasah dan semakin baik.

Jadi, jika Anda hobi fotografi, bisa coba Anda tekuni untuk membantu Anda menyiapkan bekal pensiun Anda, ya.

 

#6 Translator (Penerjemah)

Seperti namanya, tugas penerjemah adalah menerjemahkan satu bahasa ke bahasa lainnya. Menariknya, pekerjaan sebagai penerjemah ini memiliki penghasilan yang sangat tinggi, lho.

Apalagi jika Anda bisa menerjemahkan dari bahasa yang sulit. Tentunya bayaran Anda akan semakin tinggi. Untuk langkah awal, Anda dapat menjadi penerjemah ketika Anda dalam waktu senggang.

Anda juga bisa menjadi penerjemah ketika Anda sedang ingin menabung dengan nominal yang lebih besar.

Dengan begitu, maka bekal pensiun Anda bisa terpenuhi dengan lebih cepat tanpa harus bekerja ekstra tapi hanya memanfaatkan waktu luang saja.

 

Hidup Nyaman dan Aman Saat Pensiun

Setelah mengetahui berbagai rekomendasi usaha untuk bekal pensiun, maka sekarang Anda memiliki gambaran akan usaha apa yang cocok untuk bekal pensiun.

Anda dapat memilih usaha yang cocok dengan Anda. Terlebih lagi jika Anda dapat memilih usaha yang sesuai dengan hobi Anda.

Tentunya Anda dapat memperoleh penghasilan sekaligus melakukan hal yang Anda sukai. Tidak ada salahnya untuk mencoba usaha dari hal-hal yang Anda sukai.

Siapa tahu, dari usaha yang kecil bisa menjadi semakin besar nantinya.

 

Jadi, apakah Anda sudah mulai mempersiapkan dana pensiun Anda? Silahkan berikan komentar dan pendapat Anda di kolom yang telah tersedia.

Anda juga dapat membagikan artikel ini kepada rekan-rekan Anda yang membutuhkan, sehingga semakin banyak orang yang mempersiapkan masa pensiun mereka sejak dini. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Okefinance. 28 Maret 2017. Intip 6 Pekerjaan Sampingan yang Cocok untuk Bekal Pensiun. Okezone.com – https://bit.ly/2UzT0x6

 

Sumber Gambar:

  • Pensiun 1 – https://bit.ly/3hVQKdv
  • Pensiun 2 – https://bit.ly/2AU6m0A
  • Pensiun 3 – https://bit.ly/2A2f64e
  • Pensiun 4 – https://bit.ly/3hWgvKI