Sebagai salah satu bentuk pendapatan pasif, usaha kos-kosan memang menggiurkan. Namun, bagaimana menurut pandangan Islam?

Yuk, simak ulasannya salam artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Manajemen Bisnis Kos-Kosan

Usaha kos-kosan sangat menjanjikan. Apalagi, jika lokasinya berada di area sekitar kampus, pabrik, gedung perkantoran, ataupun rumah sakit.

Pasalnya, di daerah tersebut, banyak mahasiswa atau karyawan yang membutuhkan tempat tinggal.

Namun masalahnya, di masa kini banyak sekali properti kos-kosan yang dimanfaatkan untuk aktivitas yang diharamkan.

Keterbatasan orangtua atau pihak kampus dalam menjangkau anak-anak pun di luar kendali. Tak selamanya bisa memantau 24 jam.

Telusuri Eksposisi Usaha Kos-Kosan Menurut Sudut Pandang Islam 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bisnis Menjanjikan! Berapa Biaya Buat Bisnis Kos-Kosan?]

 

Sebetulnya, Islam sendiri menganggap bahwa usaha properti merupakan salah satu investasi terbaik. Dengan kata lain, membolehkan.

Islam merupakan agama paripurna yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril, guna mewujudkan kemaslahatan, keselamatan, dan kesejahteraan di dunia dan di akhirat.

Untuk mencapai semua itu, diperlukan berbagai usaha, bekerja sungguh-sungguh, ber-akhlaqul karimah, serta menerapkan fungsi-fungsi manajemen secara baik.

Dengan kata lain, usaha kos-kosan dapat menghadirkan nilai keberkahan apabila menerapkan manajemen yang baik, dilandasi dengan niat ibadah, menghiasinya dengan akhlakul karimah, serta dikawal dengan nilai-nilai Islam.

Jika ada aktivitas yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Islam, pemilik kos harus mengatur ulang manajemen kos-kosannya. Manajemen rumah kos meliputi beberapa hal, yaitu:

 

#1 Perencanaan

Pada tahap ini, usaha kos-kosan menurut pandangan Islam meliputi niat karena Allah, mendesain bangunan yang aman, menyusun program kerja, serta membuat aturan yang sesuai dengan nilai-nilai Islam.

Ketika merencanakan usaha bisnis kos-kosan, ada baiknya mempertimbangkan aspek teknis.

Hal ini terdiri atas keselamatan meliputi hal tersebut dapat dilihat melalui struktur bangunan, sistem proteksi kebakaran aktif maupun pasif, proteksi petir, listrik, air, dan lain-lain.

Selain itu, sistem suhu, pencahayaan, sanitasi, sampai plumbing pun harus dipertimbangkan.

Kenyamanan terkait dengan ruang gerak, hubungan antar ruang, kondisi udara, kebisingan dan kemudahan yang meliputi sarana dan prasarana perlu dipikirkan juga.

Dengan mempertimbangkan aspek-aspek tersebut, pemilik kosan bisa memberikan lingkungan yang aman bagi penggunanya. Bukankah ini suatu kebaikan juga?

 

#2 Pengorganisasian

Setelah melalui tahap perencanaan, selanjutnya pengorganisasisan. Misalnya, merekrut pembantu, petugas administrasi, dan lainnya.

Dengan begitu, pemilik kosan dapat membuka peluang kerja. Hal ini justru menjadi kebaikan, bukan?

 

#3 Monitoring dan Evaluasi

Monitoring dan evaluasi dapat berupa pertemuan berkala dengan penghuni kos-kosan ataupun dengan masyarakat sekitar. Dengan penghuni kos kosan, pemilik bisa membuka diskusi untuk mengingatkan peraturan yang tegas.

Telusuri Eksposisi Usaha Kos-Kosan Menurut Sudut Pandang Islam 02 - Finansialku

[Baca Juga: Banyak Digemari, Ikuti Strategi Bisnis Kos-Kosan Ini Biar Sukses!]

 

Usaha Kos Kosan, Jalan Menuju Surga

Kehidupan di dunia memang sementara, termasuk usaha kos-kosan yang dimiliki. Walaupun begitu, ada baiknya para pemilik kosan dapat membuat usaha mereka sebagai jalan menuju surga.

Oleh karena itu, aturannya juga harus sesuai nilai-nilai Islam. Jika Anda tertarik untuk membuka usaha ini, Anda harus menyiapkan segala hal untuk mewujudkannya.

Jangan sampai Anda menghabiskan banyak uang untuk membuka kos kosan, namun ketika eksekusinya tidak sesuai dengan yang Anda harapkan.

 

Perencanaan segala aspek termasuk keuangan akan mendukung Anda menyukseskan usaha kos kosan ini. Bacalah ebook pentingnya mengelola keuangan agar Anda mendapat pencerahan dalam mengatur usaha ini. Gratis!

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Jika Anda masih mengalami kesulitan dalam hal perencanaan dan pengelolaan usaha, konsultasikan dengan ahli keuangan agar mendapat rekomendasi yang tepat.

Anda bisa terhubung dengan Perencana Keuangan Finansialku melalui fitur Konsultasi Keuangan di Aplikasi Finansialku. Aplikasi perencana keuangan pertama di Indonesia ini dapat Anda download gratis di Playstore dan Appstore.

Dapatkan pula potongan Rp 50 ribu untuk upgrade ke premium dengan kode CUAN50. Ayo, wujudkan usaha kos-kosan impian Anda.

playstore icon
appstore icon

 

Itu dia ulasan mengenai usaha kos-kosan menurut pandangan Islam. Sudah tidak bingung lagi, kan? Jangan lupa bagi artikel ini pada kerabat atau keluarga Anda yang memiliki usaha kos-kosan.

Semoga dapat menginspirasi. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 21 Oktober 2019. Menggapai Surga Melalui Bisnis Kos-Kosan. Uii.ac.id – https://bit.ly/2YViVlb
  • Wibowo Tunardy. 1 Mei 2017. Menimbang Untung Rugi Usaha Kos Kosan. Bisniskost.com – https://bit.ly/3isjR8j
  • Fitriana Monica Sari. 13 Mei 2018. Hindari 7 Kesalahan Ini saat Kamu Memulai Bisnis Kos-kosan. Liputan6.com – https://bit.ly/2NRXTO5

 

Sumber Gambar:

  • Kosan 1 – https://bit.ly/38pVmnD
  • Kosan 2 – https://bit.ly/3glyEzT
  • Kosan 3 – https://bit.ly/38o6FNb