Kisah sukses Jerry NG, sosok bankir kawakan sekaligus miliarder yang akuisisi Bank Jago.

Ketahui kisah selengkapnya di artikel video Finansialku di bawah ini.

 

Tidak sulit menjadi orang yang bertanggung jawab. Cukup dengan menerapkan 3M di mana pun, dan diam di rumah selama tidak ada kepentingan mendesak bersama keluarga, ditemani tontonan bermanfaat dari video yang ada di kanal youtube Finansialku Jangan lupa mampir, ya!

 

 

Jangan lupa juga untuk tekan tombol subscribe di bawah ini dan nyalakan lonceng agar Sobat Finansialku tidak ketinggalan video-video terbaru dari Finansialku, ya!

 

 

 

Kisah Sukses Jerry Ng, Miliarder yang Akuisisi Bank Jago

Jerry Ng, adalah seorang bankir kawakan sekaligus inovator dalam dunia perbankan.

Laki-laki kelahiran Pontianak ini sudah melanglangbuana di dunia perbankan kurang lebih selama 34 tahun, dengan memulai karirnya sebagai seorang assistance vice president consumer service group di Citibank selama 5 tahun.

Dari sana, dia mulai memberikan inovasi kepada perusahaan yang menaunginya. Kira-kira apa saja inovasinya, ya? Cari tahu bareng-bareng, yuk!

 

#1 Danamon Simpan Pinjam (2004)

Jerry Ng sempat menjabat sebagai direktur Bank Danamon Indonesia Tbk pada 2003-2005, kemudian dilanjutkan menjadi wakil direktur utama dari tahun 2005 hingga September 2007.

Selama bekerja di bawah Danamon, Jerry Ng melakukan inovasi dengan turut melahirkan Danamon Simpan Pinjam (DSP) pada tahun 2004.

DSP ini merupakan unit dari Bank Danamon Indonesia yang fokus memberikan kredit mikro untuk para pedagang tradisional.

 

#2 Mengubah Bank 10 Triliun menjadi 100 Triliun

Pada tahun 2008, Jerry Ng secara resmi menjadi direktur utama di Bank Tabungan Pensiun Negara (BTPN)

Selama menjadi direktur, dia berhasil mengubah skala Bank BTPN dari yang awalnya berukuran kecil dengan aset Rp 10,6 triliun, dana pihak ketiga Rp 7,85 triliun, dan penyaluran kredit Rp 8,8 triliun, menjadi bank berukuran besar dengan aset tembus Rp 101,9 triliun.

Bukan cuma itu, berkatnya, Bank BTPN juga mencetak laba bersih hampir Rp 2 triliun sebelum akhirnya di-merger dengan Sumimoto Mitsui Banking Corporation Indonesia.

 

#3 Diversifikasi Produk

Masih di BTPN, Jerry Ng juga mendiversifikasi produk bisnis dari yang awalnya hanya satu, yaitu fokus melayani pensiunan untuk memiliki kredit UMKM, menjadi segmen prasejahtera produktif dengan kredit di bawah Rp 2 juta melalui BTPN Tunas Usaha Rakyat.

Jerry Ng juga berhasil memodernisasi platform digital Bank BTPN, yang dimulai pada tahun 2005 dengan meluncurkan BTPN Wow dengan target below consuming class.

Bukan cuma itu, Jerry Ng juga melakukan rebranding untuk segmen pensiunan Bank BTPN menjadi BTPN Purnabakti, meluncurkan Mitra Usaha Rakyat (BTPN MUR), BTPN MitraBisnis, lalu menggabungkan misi bisnis dengan misi sosial (Daya) dan produk pendanaan dengan nama Sinaya untuk mendukung kredit pensiunan dan Mitra Usaha Rakyat.

 

#4 Tabungan Digital Jenius

Pada Agustus 2016, di bawah kepemimpinan Jerry Ng, BTPN melakukan rebranding dengan menyasar masyarakat yang melek digital dengan menciptakan produk Jenius.

Misi dari Jenius ini membantu masyarakat Indonesia yang mulai beralih ke digital untuk mendapatkan kemudahan dan kenyamanan dalam melakukan transaksi.

 

#5 Bank Digital, ‘Bank Jago’

Tahun 2020, Jerry Ng kemudian memutuskan untuk mengakuisisi 51 persen kepemilikan PT Bank Artos Indonesia Tbk melalui Ares Wonder Group bersama Wealth Track Technology Limited, sebuah perusahaan yang dimiliki oleh Sugito Walujo yang merupakan co-founder dari Northstar Group dengan dana kelolaan lebih dari US$ 2 miliar.

Rencananya, Bank Artos ini akan dijadikan Jerry Ng sebagai bank digital dan sempat dirumorkan menjadi Bank Gojek atau Go Bank, walaupun sampai sekarang belum ada kerja sama eksklusif antara Bank Jago dengan platform online mana pun.

Demi keberhasilan proyek terbarunya ini, dia menggaet beberapa personel yang tangguh untuk dinominasikan sebagai direktur Bank Artos, seperti Kharim Indra Gupta Siregar (mantan direktur IT Bank BTPN) dan Peterjan van Nieuwenhuizen (Mantan Digital Banking Head Bank BTPN).

Tapi, sampai sekarang belum jelas betul apa sebenarnya inovasi yang akan dibuat oleh Jerry Ng di Bank Artos.

 

Nah, itu dia rekam jejak Jerry Ng sebagai seorang miliarder sukses. Bagaimana pendapat Sobat Finansialku? Yuk, kita diskusikan di kolom komentar!

Sobat Finansialku juga bisa mendiskusikan hal ini bersama teman-teman, saudara, atau keluarga dengan membagikan artikel dari Finansialku lewat pilihan platform yang tersedia di bawah ini. Terima kasih.