Jarang ada orang tahu, begini cara mulai investasi saham yang gampang dan bisa dilakukan sekarang juga!

Apa saja? Cari tahu di artikel video Finansialku di bawah ini!

 

Apa kabar? Masih di rumah aja, ‘kan? Masih patuh protokol kesehatan saat berada di luar rumah, ‘kan?

Sekedar mengingatkan, pandemi belum selesai, corona masih ada di sekitar kita. Lebih baik diam di rumah kalau tidak ada keperluan mendesak, ditemani dengan ratusan video dari kanal youtube Finansialku yang dijamin nggak bakal bikin bosen.

 

Jangan lupa juga untuk tekan tombol subscribe di bawah ini dan nyalakan lonceng agar Sobat Finansialku tidak ketinggalan video-video terbaru dari Finansialku, ya!

 

 

 

Cara Mulai Investasi Saham Dengan Mudah

Sobat Finansialku ingin investasi saham, tapi nggak tahu harus mulai dari mana? Tenang, di artikel kali ini, Finansialku akan bocorin rahasia cara mulai investasi saham dengan mudah. Ini dia!

 

#1 Kenalan

Cara mulai investasi saham yang paling pertama harus dilakukan adalah pastikan Sobat Finansialku sudah tahu apa itu saham.

Di Kamus Besar Bahasa Indonesia, saham diartikan sebagai:

  • bagian, andil, sero (tentang permodalan),
  • sumbangan (pikiran dan tenaga),
  • Surat bukti pemilikan bagian modal perseroan terbatas yang memberi hak atas dividen dan lain-lain menurut besar kecilnya modal yang disetor
  • Hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan terkait penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagi dalam pemilikan dan pengawasan.

 

Sementara secara sederhana, saham juga bisa diartikan sebagai kepemilikan atas suatu perusahaan berdasarkan jumlah dana yang mereka investasikan.

 

#2 Keuntungan?

Lalu, kalau kita sudah punya saham dari satu perusahaan tersebut, apa keuntungan yang bisa kita dapatkan? Ini jawabannya:

  • Bagi hasil dari keuntungan usaha ketika perusahaan mendapatkan keuntungan. Ini biasanya disebut dengan istilah dividen.
  • Menjual saham dengan memanfaatkan selisih keuntungan dan harga beli yang didapatkan.

 

#3 Buka Akun

Nah, kalau sudah memahami dua poin di atas, kini saat yang tepat untuk kita mulai terjun ke dunia saham, dengan membuat akun saham.

Memang tidak apa-apa, langsung praktek?

Ya! Lagipula, kita sedang belajar investasi saham, bukan teori investasi saham, ‘kan?

Untuk buka rekening investasi saham, Sobat Finansialku bisa datang ke perusahaan sekuritas atau membuka akun secara online.

Ada beberapa tips yang harus diketahui dalam memilih perusahaan sekuritas, di antaranya adalah:

  • Cari perusahaan yang sudah terdaftar di OJK
  • Cari perusahaan yang pendaftarannya mudah
  • Cari perusahaan yang punya aplikasi mobile
  • Cari yang fee jual dan belinya yang menarik
  • Perusahaan memberikan edukasi dan analisa saham.

 

#4 Mulai Beli Saham Pertama

Agar bisa praktek langsung, Sobat Finansialku bisa melakukan investasi ke perusahaan-perusahaan yang familiar dengan kehidupan sehari-hari Sobat Finansialku, misalnya Bank yang digunakan, produk makanan atau produk kebutuhan sehari-hari lainnya.

 

#5 Ikut Kelas Saham

Dalam melakukan investasi, Sobat Finansialku tentu ingin mendapatkan keuntungan yang semakin besar setiap tahunnya.

Nah, untuk bisa mencapai titik itu, kita nggak bisa berdiam diri saja dan memanfaatkan intuisi, tanpa benar-benar mempelajarinya, karena investasi bukan judi.

Untuk menambah wawasan, Sobat Finansialku bisa melakukan banyak hal, seperti membaca e-book saham gratis dari Finansialku di bawah ini:

Ebook GRATIS, Panduan BERINVESTASI SAHAM Untuk PEMULA

9 Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

 

Dan juga mengikuti grup atau komunitas belajar saham Finansialku di Facebook. Bersama dengan kurang lebih 5000 anggota yang tersebar di seluruh Indonesia, Sobat Finansialku tentunya punya kesempatan untuk bisa mendapatkan informasi serta pembelajaran yang eksklusif terkait saham, yang tidak bisa didapatkan di tempat lain.

Bukan cuma itu, Sobat Finansialku juga punya kesempatan untuk bisa mengikuti Webinar bedah emiten saham secara eksklusif bersama ahlinya langsung.

Ini tentu sangat membantu Sobat Finansialku yang ingin berkembang, ‘kan? Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, gabung sekarang dengan menekan tombol di bawah ini!

Bergabung Bersama Praktisi dan Pakar Reksa Dana Maupun Saham Dalam

Komunitas Belajar Reksa Dana dan Komunitas Belajar Saham Berikut Ini!

komunitas reksa dana

Join Sekarang

komunitas saham

Join Sekarang

 

Itu dia beberapa tips dan cara mulai investasi saham untuk Sobat Finansialku yang masih pemula. Apakah Sobat Finansialku punya pertanyaan lain terkait hal ini? Jangan ragu untuk tulis di kolom komentar, ya!

Kalau informasi ini dirasa bermanfaat, Sobat Finansialku juga bisa membagikan artikelnya kepada teman-teman sesama investor pemula lewat pilihan platform yang tersedia di bawah ini, lho!