Udah rajin buat catatan keuangan, tapi nggak nggak melakukan review keuangan adalah sebuah kesia-siaan.

Biar nggak jadi sia-sia, lebih baik cari tahu cara review keuangan di artikel video Finansialku di bawah ini.

 

Tidak sulit menjadi orang yang bertanggung jawab. Cukup dengan menerapkan 3M di mana pun, dan diam di rumah selama tidak ada kepentingan mendesak bersama keluarga, ditemani tontonan bermanfaat dari video yang ada di kanal youtube Finansialku Jangan lupa mampir, ya!

 

Jangan lupa juga untuk tekan tombol subscribe di bawah ini dan nyalakan lonceng agar Sobat Finansialku tidak ketinggalan video-video terbaru dari Finansialku, ya!

 

 

 

Cara Melakukan Review Keuangan Setelah Punya Catatan Keuangan

Meski keadaan dunia belum benar-benar membaik, tapi bukan berarti keadaan keuangan kita harus mengalami hal yang sama.

Mari pelan-pelan bangun kebiasaan baik, seperti salah satunya membuat catatan keuangan, yang kami yakin, Sobat Finansialku juga pasti sudah mulai melakukannya, ‘kan?

Tapi, membuat catatan keuangan saja tidak cukup, lho! Kita juga harus melakukan review keuangan supaya kita bisa tahu apa strategi yang cocok untuk mencapai tujuan keuangan kita.

Nah, ketika melakukan review keuangan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, lho! Apa saja? Ini dia!

 

Setelah Melakukan Catatan Keuangan, Perhatikan Ini: #1 Cek Pola Pengeluaran

Buat Sobat Finansialku yang melakukan pencatatan keuangan menggunakan aplikasi Finansialku, bisa melihat pola pengeluaran yang cenderung dilakukan di menu review keuangan Finansialku.

Dari situ, Sobat Finansialku akan mendapatkan data mengenai ke mana saja uang Sobat Finansialku paling banyak dikeluarkan dan dari mana saja sumber pemasukannya.

Di aplikasi Finansialku sendiri, bukan hanya memungkinkan Sobat Finansialku untuk mencatat keuangan, review keuangan, tapi juga membantu Sobat Finansialku merencanakan keuangan untuk tujuan masa depan Sobat Finansialku.

Selain itu, lewat aplikasi Finansialku, Sobat Finansialku juga bisa mengakses ilmu terkait keuangan hingga konsultasi keuangan bersama perencana keuangan dari Finansialku secara GRATIS!

Sobat Finansialku cuma perlu berlangganan akun premium seharga Rp 350 ribu per 365 harinya alias 1 tahun penuh, lho!

Dengan semua fitur yang disediakan, Sobat Finansialku hanya perlu menganggarkan dana KURANG DARI Rp 1000 per hari! Murah, ‘kan?

 

Setelah Melakukan Catatan Keuangan, Perhatikan Ini: #2 Cari Tahu Perasaan Sendiri Dengan Kondisi Keuangan Saat Ini

Hal kedua, mulailah untuk cari tahu perasaan Sobat Finansialku dengan kondisi keuangan saat ini.

Apakah dengan kebiasaan keuangan yang saat ini dijalani, membuat Sobat Finansialku nyaman menjalani aktivitas, atau malah tidak bisa tidur dan merasa takut setiap saat?

Kalau begitu, artinya ada yang salah dengan perencanaan keuangan Sobat Finansialku.

Cobalah untuk mulai berkonsultasi bersama salah satu dari para perencana keuangan dari Finansialku lewat aplikasi Finansialku, dan temukan solusi yang tepat.

 

#3 Pertimbangkan Pembelian Produk Keuangan yang Tertunda

Apakah ada penawaran mengenai investasi semacam reksa dana, deposito atau mungkin asuransi yang kita tunda untuk pembelian nya dalam sebulan terakhir?

Kalau ada, coba luangkan waktu untuk membaca dan mengerti produk yang ditawarkan karena mungkin saja produk tersebut sesuai dengan tujuan keuangan yang kita buat, ‘kan?

 

#4 Perilaku Kita Pada Investasi yang Dimiliki

Jika produk investasi kita membuat kita tidak tenang karena takut dengan ketidakpastian, cobalah untuk memperdalam ilmu pengetahuan dengan memperbanyak referensi investasi terutama di filosofi investasi.

Karena, dari kasus-kasus yang serupa, hal ini cenderung terjadi pada mereka yang melakukan investasi di instrumen investasi yang volatile, seperti saham.

Jika Sobat Finansialku juga merasakan hal yang sama, jangan malu untuk konsultasikan hal ini kepada perencana keuangan secepatnya, ya!

 

#5 Cek Kondisi Keuangan Keluarga / Orang Tua

Cobalah sekali-kali cek kondisi keuangan orang tua atau keluarga Sobat Finansialku, apakah ada hal yang berbeda?

Karena sejatinya, merencanakan keuangan bukan hanya untuk diri sendiri, tapi keluarga juga harus diperhatikan, untuk menghindari adanya kemungkinan jebakan sandwich generation.

 

Itu dia lima hal yang harus diperhatikan saat melakukan review keuangan. Apa Sobat Finansialku punya pertanyaan terkait hal ini? Yuk, sampaikan di kolom komentar!

Jangan lupa untuk bagikan informasi ini kepada teman, rekan, atau keluarga lewat pilihan platform yang ada di bawah ini, ya. Terima kasih!