Bagaimana cara meraih kebebasan finansial dengan investasi saham? Tentu Anda perlu mempelajari investasi ini lebih lanjut.

Karena itu, ayo baca artikel Finansialku ini sampai akhir, ya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pentingnya Meraih Kebebasan Finansial di Waktu yang Tepat

Siapa saja bisa meraih kebebasan finansial dengan cara investasi saham. Nantinya di masa depan, diharapkan Anda bisa dapat memenuhi kebutuhan hidup dari investasi saham. Namun sebelumnya, apa yang dimaksud dengan kebebasan finansial itu?

Singkatnya, kebebasan finansial (Financial Independence) dapat diartikan sebagai kondisi di mana Anda dapat memenuhi segala kebutuhan hidup tanpa harus terus bekerja.

Tahukah Anda bahwa ternyata 90% karyawan di Indonesia belum siap menghadapi masa pensiun atau masih jauh untuk bisa mencapai kebebasan finansial tersebut.

Meraih Kebebasan Finansial Dengan Investasi Saham Begini Caranya! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Investasi Bitcoin Cocok untuk Mengejar Kebebasan Keuangan?]

 

Fenomena ini masih banyak terjadi disebabkan oleh mayoritas masyarakat Indonesia yang tidak memiliki perencanaan keuangan yang matang.

Kebanyakan orang masih saja mengandalkan tabungan biasa untuk biaya hidup di masa tuanya. Padahal, tingkat inflasi di Indonesia jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan bunga yang dihasilkan dari tabungan di bank.

Untuk itu, Anda harus menyiapkan masa depan sedini mungkin. Salah satunya dengan investasi saham. Idealnya, rata-rata orang baru memikirkan kondisi keuangan di masa mendatang saat usia mencapai 25-30 tahun.

Dengan memulai investasi sedini mungkin maka tujuan keuangan Anda akan lebih cepat tercapai.

 

Langkah-langkah yang Diperlukan Menuju Kebebasan Finansial

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan dalam mencapai kebebasan finansial di masa depan.

 

#1 Kenali Kondisi Keuangan

Anda harus tahu seluk beluk kondisi keuangan saat ini. Mulai dari pendapatan, pengeluaran, utang, dan semua mengenai keluar masuknya uang Anda.

Setelah itu baru bisa terlihat apakah kondisi keuangan Anda sudah sehat atau ada bagian yang harus diperbaiki.

 

#2 Buat Rencana Keuangan

Semakin spesifik angka yang Anda perhitungkan untuk kebutuhan masa depan, semakin tahu kapan tujuan finansial Anda akan terwujud. Begitu juga dengan proses dalam rangka mencapai kebebasan finansial.

Nah, untuk membantu Anda dalam perencanaan keuangan, gunakanlah aplikasi Finansialku. Terdapat berbagai fitur keuangan bermanfaat untuk masa depan Anda. Yuk, coba rencanakan keuangan dengan Finansialku.

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

#3 Lunasi Utang

Utang adalah salah satu penghambat tercapainya tujuan kebebasan finansial. Selama ada utang yang belum terbayar, Anda patut untuk memprioritaskan pelunasannya.

Selain itu, dengan melunasi utang, dapat berarti Anda tidak menjadi penghambat dalam kebebasan finansial orang lain.

 

#4 Mulai Berinvestasi

Sama seperti halnya menabung, namun investasi dapat memberikan return yang berkali lipat daripada sekadar tabungan biasa yang dapat tergerus biaya dan inflasi. Untuk langkah awal, alokasikan 20 persen dari penghasilan untuk investasi.

Pelajari dulu mengenai investasi yang sesuai dengan tujuan finansial agar tidak salah dalam memilih instrumen.

Antara lain pasar modal (saham, obligasi, reksadana) emas, properti (tanah, rumah, apartemen) yang dapat memberikan penghasilan lebih dari pengeluaran setiap bulan.

Meraih Kebebasan Finansial Dengan Investasi Saham Begini Caranya! 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Cara Meningkatkan Hasil Investasi Saham Anda, MUDAHHH!]

 

#5 Siapkan Dana Darurat

Dana darurat ini akan berguna di saat ada pengeluaran mendadak, sehingga tidak perlu mengganggu cashflow Anda ketika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi tiba-tiba. Siapkan dana darurat yang dapat menutup kebutuhan hidup Anda selama 3 hingga 6 bulan.

 

#6 Cari Pendapatan Tambahan

Beberapa orang mempunyai gaji yang kurang untuk mempersiapkan kebutuhan finansial di masa depan. Anda dapat membuat bisnis kecil-kecilan yang dapat menjadi sumber pendapatan tambahan.

Dengan banyak sekali kemudahan dan promosi gratis melalui sosial media, dan perlu ketekunan dalam mengelolanya.

 

#7 Bayar Kartu Kredit Setiap Bulan

Kartu kredit mungkin memang dibutuhkan bagi beberapa orang yang sering bertransaksi dan tidak mungkin membawa uang tunai terlalu banyak sehari-hari. Namun jangan lupa untuk melunasi penuh tagihannya setiap bulan.

 

#8 Sesuaikan Lifestyle

Kebanyakan orang selalu meningkatkan pengeluaran seiring meningkatnya pendapatan. Padahal, itu dapat membuat kondisi keuangan Anda tidak mengalami peningkatan.

Bahkan, beberapa pengeluaran kadang hanya untuk membahagiakan orang lain atau membuat kita merasa di terima di suatu lingkaran pertemanan.

Anda harus menyadari betul apa yang benar-benar diperlukan untuk hidup Anda sendiri, dan membeli sesuatu karena butuh. Sesuaikan juga kebutuhan dengan kemampuan finansial Anda.

Meraih Kebebasan Finansial Dengan Investasi Saham Begini Caranya! 03- Finansialku

[Baca Juga: Apa Langkah Pertama Untuk Mencapai Kebebasan Keuangan?]

 

Raih Kebebasan Finansial Dengan Investasi Saham

Ada beragam investasi yang mempunyai keuntungan dan risiko berbeda. Umumnya, keuntungan yang tinggi juga memiliki risiko yang tinggi, contohnya adalah investasi saham.

Saham itu sendiri berarti penyertaan modal suatu pihak dalam suatu perusahaan yang memiliki klaim atas pendapatan dan aset perusahaan. Berikut akan dibahas beberapa tips investasi saham untuk pemula.

 

#1 Pahami Esensi Investasi Saham

Pemahaman dan perspektif Anda dalam investasi saham sangat mempengaruhi strategi yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan.

Dengan memahami esensi investasi saham di perusahaan tersebut, Anda jadi tidak terburu-buru dan dapat memikirkan secara matang setiap langkah yang di ambil.

 

#2 Reksadana

Dengan bantuan manajer investasi Anda dapat mengetahui portofolio mengenai statistik daftar Top 10 saham yang dipegang Reksadana Saham.

 

#3 Blue-Chip

Saham yang dianggap paling aman dan menjanjikan stabilitas keuntungan ini adalah milik perusahaan dengan kualitas terbaik yang dijual di bursa.

Biasanya dapat dilihat dari kapitalisasi pasar yang besar dan ramai diperdagangkan setiap hari di bursa.

 

#4 Diversifikasi Investasi

Singkatnya, jangan tempatkan semua uang Anda di saham. Jika terjadi krisis Anda bisa bertahan karena ada cadangan di instrumen lain yang aman dari krisis saham.

 

#5 Investasi Jangka Panjang

Beli saham berarti Anda berinvestasi di suatu bisnis yang membutuhkan proses dan waktu untuk berkembang dan memberikan hasil kepada investor. Jadi tidak ada yang instan dalam bisnis.

 

#6 Hati-Hati Trading Online

Trading saham membutuhkan waktu dan tenaga untuk memantau aktivitas perusahaan setiap saat, serta berharap keuntungan dari pergerakan harga saham setiap hari.

Banyak faktor yang berhubungan dan mempengaruhi harga saham sehingga market-timing ini sulit dilakukan bagi pemula.

 

Sebagai tambahan untuk melengkapi panduan Anda mengenai investasi saham, Anda bisa membaca ebook “Panduan Investasi Saham Untuk Pemula” berikut ini. Gratis!

Ebook GRATIS, Panduan BERINVESTASI SAHAM Untuk PEMULA

9 Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

 

Jadi, apakah Anda semakin tertarik dengan investasi saham sebagai langkah meraih kebebasan finansial? Jika ya, maka jangan lupa untuk share artikel bermanfaat ini kepada orang terdekat Anda, terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Bareksa. 01 Maret 2019. Ingin Raih Kebebasan Finansial? Investasi Secara Disiplin di Reksadana. Bareksa.com – http://bit.ly/3mP6Uqt
  • Admin. Bebas Finansial dengan Investasi Saham. Rivankurniawan.com – http://bit.ly/3rng8gK
  • Admin. 23 September 2020. 5 Langkah Menuju Kebebasan Finansial. Arkanafinance.co.id – https://bit.ly/3rnjq3C
  • Kabrina Rian Ferdiani. 02 Desember 2019. Ingin Mencapai Kebebasan Finansial? Lakukan 11 Kebiasaan ini. Modalrakyat.id – http://bit.ly/3ppApSa

 

Sumber Gambar:

  • Finansial 1 – http://bit.ly/3rkF8p1
  • Finansial 2 – http://bit.ly/2WCvHmJ
  • Finansial 3 – http://bit.ly/3pgwvKe