Faktanya kebebasan finansial karyawan merupakan sebuah hal yang dianggap tidak mungkin. Namun sebenarnya stigma tersebut dapat dihilangkan dengan beberapa tips cermat.

Artikel Finansialku berikut ini akan memberikan Anda beberapa tips cermat selain pengaturan keuangan untuk mencapai kebebasan keuangan yang dapat Anda lakukan sebagai karyawan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Taktik Agar Capai Kebebasan Finansial Karyawan

Sudah bukan rahasia umum bahwa salah satu cara untuk mencapai kebebasan keuangan bagi karyawan adalah dengan mengatur keuangan. Keuangan yang terorganisir merupakan poros untuk menuju keuangan yang stabil.

Namun, tidak sedikit yang masih belum mencapai kebebasan keuangan padahal pengaturan keuangan telah dilakukan.

Di bawah ini merupakan beberapa cara yang dapat Anda lakukan sebagai karyawan untuk mencapai kebebasan keuangan.

 

#1 Karier Cemerlang Bukanlah “Durian Runtuh”

Uang adalah alat kebutuhan untuk kehidupan sehari-hari dan salah satu alat yang dapat membantu Anda mencapai kebebasan keuangan adalah uang. Sebagai karyawan tentu uang didapatkan dari gaji bulanan Anda.

Semakin tinggi atau penting posisi Anda sebagai karyawan, semakin tinggi pula gaji yang dapat Anda terima. Mendapatkan karier yang cemerlang bukanlah hal yang mudah.

6 Tahap Perjalanan Menuju Kebebasan Keuangan 02 - Finansialku

[Baca Juga: 12 Tips Menabung untuk Karyawan Kantoran Agar Gaji Terkumpul]

 

Diperlukan kerja keras, ketelatenan dan ketekunan untuk dapat mencapai jenjang karier yang didambakan. Selain itu, karier dibentuk bukan dalam 1 malam saja.

Apapun yang Anda kerjakan untuk kehidupan Anda, dedikasi dan kerja keras serta investasi waktu akan mampu membantu Anda untuk berkembang dan meningkatkan kualitas diri Anda.

Untuk mendukung pengelolaan gaji yang baik, Anda bisa baca e-book Finansialku satu ini.

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

#2 Sudahkah Anda Terbebas Dari Utang?

Pengaturan keuangan bukan melulu hanya membuat anggaran dan mengontrol pemasukan serta pengeluaran. Pengaturan keuangan juga berhubungan dengan mengalokasikan uang sesuai dengan prioritas.

Salah satu hal yang seharusnya menjadi prioritas adalah utang. Tidak ada yang lebih menggerus keuangan Anda dibandingkan utang yang terus berkembang ditambah dengan bunga pinjaman.

Alokasikan sebagian uang Anda untuk membayar utang sama seperti dengan Anda mengalokasikan dana untuk tabungan Anda. Anda pun harus memperhatikan gaya belanja Anda dan memastikan untuk tidak menambah utang Anda.

 

#3 Tabung dan Bentuk Dana Darurat

Setelah Anda fokus pada utang, selanjutnya fokuslah pada menabung uang. Menabung uang akan membantu Anda untuk menyediakan dana yang nantinya akan dipakai untuk investasi, bisnis atau strategi keuangan lainnya.

Walaupun Anda tidak dapat menabung terlalu banyak setiap bulannya, namun Anda harus konsisten. Sisihkan uang untuk tabungan di awal bulan dengan persentase yang sepantasnya.

Selain itu, tabungan dapat berperan sebagai pos dana darurat. Dana darurat ini yang akan membantu Anda terhindar dari utang baru atau investasi yang terpaksa dicairkan.

 

#4 Memulai Bisnis

Bagaimana jika gaji Anda tidak cukup disisihkan untuk menabung sesuatu yang substansial? Tentu pilihan lainnya adalah dengan mencari sumber pemasukan tambahan.

Salah satunya adalah dengan memulai bisnis. Bisnis merupakan salah satu bentuk dari investasi. Apalagi di era teknologi seperti ini, melakukan bisnis secara online cukup mudah dan tidak memakan modal yang mahal.

Pendapatan aktif melalui pekerjaan utama Anda dan pendapatan pasif melalui bisnis sampingan akan dapat membantu Anda lebih mudah mencapai kebebasan keuangan.

Untuk mengembangkan bisnis Anda, Anda dapat melakukan marketing yang efektif dan terarah. Kualitas produk atau jasa dari bisnis Anda pun harus senantiasa dipertahankan untuk menjaga loyalitas konsumen.

 

GRATISSS, Yuk Download SEKARANG!!!

Ebook Pentingnya MENGELOLA KEUANGAN Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

Download Ebook Sekarang

 

#5 Investasi

Betul, Anda telah mengatur keuangan, namun apakah investasi sudah termasuk di dalam pengaturan Anda. Tidak cukup jika Anda hanya menabung, karena inflasi akan menggerus uang Anda dan mengurangi nilainya.

Lakukan investasi yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan kebebasan keuangan Anda. Instrumen investasi ada berbagai jenis, investasi saham, reksa dana, emas, properti.

Masing-masing investasi tersebut berbeda dari jangka waktunya serta risikonya. Semakin tinggi risikonya, semakin tinggi pula keuntungan yang mungkin didapatkan.

Mengumpulkan kekayaan tidak hanya bergantung pada keuntungan namun juga cara Anda mengatur risiko. Seiring dengan berjalannya waktu, lakukanlah diversifikasi pada portfolio investasi Anda untuk mengurangi risiko.

 

GRATISS!! Download Sekarang Panduan Belajar Investasi Bagi Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook

 

#6 Arti Kebebasan Finansial Karyawan

Mungkin Anda ingin mencapai kebebasan keuangan, namun apa sebenarnya arti dari kebebasan keuangan untuk Anda? Setiap orang memiliki definisi kebebasan finansial yang berbeda.

Ada yang mengartikan kebebasan keuangan sebagai tahap di mana mereka dapat menghabiskan uang mereka tanpa perlu khawatir. Ada pula yang merasa mereka bebas finansial ketika tidak memiliki utang sama sekali.

Dengan mengetahui apa arti kebebasan keuangan untuk Anda, Anda akan lebih mudah untuk tetap pada jalur dan termotivasi. Motivasi sangat diperlukan dalam perjalanan menuju kebebasan finansial yang pastinya akan penuh rintangan.

 

 

Setelah membaca artikel ini, semoga Anda mengetahui cara dan tips untuk menuju kebebasan keuangan sebagai karyawan. Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan komentar Anda di kolom bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 14 Januari 2019. How to Attain Financial Freedom as an Employee in the Coming Year. Thefourhourworkday.com – https://bit.ly/3kF8gUT
  • Jerry Leung. Can An Employee Have Financial Freedom? Streetdirectory – https://bit.ly/31JqN9A