Buat kamu yang suka dengan musik dan video, Yuk simak deretan video klip terbaik menurut Finansialku di sini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Video Klip, Sarana Promosi Musik Masa Kini

Video klip merupakan sebuah film pendek atau video yang mendampingi alunan lagu.

Video klip dirancang sebagai visualisasi lagu yang memiliki makna dan cerita di baliknya. Kini, fungsi dari video klip pun telah memegang peranan penting sebagai alat pemasaran dalam mempromosikan sebuah karya lagu.

Bahkan di Jepang, video klip atau video musik masih dikenal sebagai Promotional Video (PV). Video klip ini sebenarnya sudah populer sejak tahun 1980-an di mana MTV mulai menarik begitu banyak penonton.

 

Deretan Video Klip Terbaik

Tak mudah untuk merancang dan menggarap video klip yang baik dengan pesan yang tersampaikan.

Dibutuhkan kemampuan visualisasi dan kreatifitas yang luar biasa untuk membuatnya. Nah, berikut deretan video klip terbaik beserta penjelasannya yang akan membuat kamu terkagum.

 

#1 Childish Gambino – This Is America

Belajar Yuk Dari Deretan Video Klip Terbaik Ini 02 - Finansialku

 

Musik dapat digunakan sebagai bentuk penyuaraan atas masalah sosial yang sedang terjadi di tengah-tengah masyarakat, lho! Childhish Gambino berhasil menciptakannya.

Lagunya yang berjudul “This Is America” merupakan bentuk protes atas kekerasan dan rasisme yang terjadi di Amerika Serikat.

Dalam video klipnya yang digarap oleh Sutradara Hiro Murai, ia berhasil merangkum beragam kasus diskriminasi besar yang terjadi pada orang kulit hitam di Amerika.

Mulai dari rekayasa kasus pembunuhan massal yang terjadi di Gereja Charleston hingga kemiskinan dan keterpurukan yang dialami oleh kaum mereka. Jadi jangan salah, lagu dan video klip bisa memvisualisasikan permasalahan sosial.

 

#2 Kendrick Lamar – Be Humble

Jika kamu melihat video klip ini maka kamu akan mulai berpikir apa sebenarnya yang ingin disampaikan oleh Kendrick?

Video ini berisi beberapa cuplikan dengan ilustrasi yang berbeda. Diawali dengan Kendrick yang mengenakan baju Paus yang tengah menundukkan kepala di dalam sebuah gereja kosong lalu dilanjutkan dengan adegan di mana ia mencetak uang yang begitu banyak bersama para wanita.

Dilanjutkan dengan adegan di mana Kendrick ikut melakukan perawatan di salon perempuan, berada di antara orang-orang yang kulit hitam yang menundukkan kepala, hingga menjadi bagian dari ilustrasi karya Leonardo Davinci.

Belajar Yuk Dari Deretan Video Klip Terbaik Ini! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Calon Vlogger Wajib Tahu Software Editor Video Gratis Ini]

 

Video ini merupakan video jenius yang mengirimkan pesan agar setiap orang dapat bersikap rendah hati, siapapun mereka dan di manapun mereka berada.

Selain itu, ia juga ingin menyampaikan bahwa kerendahhatian itu dapat muncul dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah dengan menghargai keaslian seseorang dengan tulus.

Hal ini tergambar saat Kendrick mengatakan dalam lagunya bahwa ia lelah dengan photoshop yang menjadikan semua orang terlihat sempurna. Lalu seorang wanita cantik di layar kanan menuju ke layar kiri dan memperlihatkan keaslian wajahnya yang tanpa riasan. Be humble!

 

#3 Dua Lipa – New Rules

“New Rules” merupakan lagu yang menggambarkan solidaritas antara perempuan di mana satu wanita dan wanita lainnya saling mendukung untuk keluar dari toxic relationship. Hal ini tak hanya tergambar dalam lirik lagunya, namun juga dari video klipnya.

Dalam video klip berdurasi 3 menit 45 detik ini, digambarkan bahwa Dua Lipa dikhianati oleh seorang pria lalu teman-teman wanitanya membantu ia untuk menjauhi pria tersebut.

Belajar Yuk Dari Deretan Video Klip Terbaik Ini 04 - Finansialku

 

Terlihat dalam video tersebut, teman-temannya selalu ada di manapun ia berada dan mencoba menghibur, menemani, dan menyelamatkannya dari pria yang tak pantas baginya.

Hingga akhirnya cerita berbalik, di mana salah seorang teman wanita Dua Lipa lah yang dikhianati oleh seorang pria lalu ia pun membantu temannya tersebut untuk menjauhi pria yang telah mengkhianatinya dan ingin memanfaatkannya.

Lagu ini seakan mengajarkan setiap wanita untuk lebih menghargai dirinya dengan menemukan pria yang menghargai mereka. Dilengkapi dengan beat dan visualisasi penuh warna, kamu akan dimanjakan dengan nuansa yang cewek banget!

 

#4 Gotye feat. Kimbra – Somebody That I Used To Know

Dalam video klip “Somebody That I Used To Know”, Gotye tampil tanpa busana dengan latar netral hingga akhirnya perlahan-lahan terdapat pola dengan warna yang beragam di tubuh dan latarnya.

Kimbra pun turut hadir dengan pola dan warna yang menyatu dengan Gotye namun perlahan menghilang hingga tubuhnya kembali netral.

Belajar Yuk Dari Deretan Video Klip Terbaik Ini 05 - Finansialku

[Baca Juga: Daftar Aplikasi Edit Video yang Cocok Untuk Pemula]

 

Video klip dengan konsep stop motion ini tergolong simple namun memiliki makna yang dalam.

Visualisasi yang dilakukan menggambarkan bagaimana hubungan sepasang kekasih yang awalnya bersama dan mengenal satu sama lain hingga pada akhirnya harus terpisah seakan tak mengenal lagi.

Sepasang kekasih yang awalnya memiliki keterikatan dengan satu hubungan kini pergi meninggalkan ikatan dari pola hubungan tersebut. Deep banget, kan? Sekedar informasi, pembuatan video klip “Somebody That I Used To Know” sendiri memakan waktu hingga 23 jam lho!

 

#5 Charli XCX – Boys  

Video klip “Boys” merupakan salah satu video klip jenius yang diarahkan langsung oleh Charli XCX. \Dalam video klip tersebut, diperlihatkan beberapa pria yang sedang melakukan berbagai aktivitas dengan sentuhan feminin. Mulai dari bermain dengan anjing kecil, menikmati dessert, perang bantal, hingga bermain bersama boneka dan menggendong bayi.

Tak sampai di situ, Charli juga menggambarkan feminitas dengan cara menggunakan sentuhan warna pink di setiap adegannya.

Video klip ini ingin menyampaikan bahwa pria juga dapat melakukan hal-hal yang biasa dilakukan oleh wanita tanpa mengurangi sisi maskulinnya.

Bukankah pria juga memiliki sisi feminin, begitu juga wanita yang tetap memiliki sisi maskulin? Charli mengungkapkan kesetaraan gender tersebut melalui video yang terkesan ringan dan playful!

 

Belajar Video Klip Sebagai Bentuk Komunikasi Visual

Paham dong sekarang mengapa video klip menempatkan posisi penting dalam sebuah karya musik.

Video klip tak hanya membantu dari sisi tampilan yang indah dan menarik namun juga membantu mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan secara visual.

Video klip juga biasa digunakan sebagai media promosi untuk memasarkan lagu dengan makna di dalamnya. Apakah kamu tertarik untuk mendalami komunikasi visual dalam pembuatan video klip?

Buat kamu yang punya keahlian membuat video musik, yuk tambah keahlian dalam mengatur keuangan. Kalau belum tahu caranya, Finansialku punya e-Book yang bisa bantu! Download di sini!

INI YANG KAMU BUTUHKAN!

DOWNLOAD GRATIS!!!! E-book Perencanaan Keuangan Untuk Usia 20-an dan 30-an!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Download Sekarang

 

Kalau mau mengaplikasikan ilmu mengatur keuangan yang telah kamu pelajari, kamu bisa gunakan aplikasi Finansialku.

kamu bisa menggunakan banyak fitur yang sesuai dengan kebutuhanmu. Aplikasi Finansialku juga memiliki berbagai fitur yang bisa memudahkan kamu mencapai tujuan keuanganmu.

Beberapa fitur andalan yaitu fitur anggaran, fitur merencanakan keuangan, fitur mengecek kesehatan finansialmu, memantau investasimu, sampai live chat dengan perencana keuangan Finansialku.

Semua ini bisa kamu dapatkan hanya dengan mengunduh aplikasi Finansialku. Kamu dapat mengunduhnya di Google Play Store atau dengan klik tautan di bawah ini.

playstore icon
appstore icon

 

Musisi Indonesia pun tidak kalah hebatnya dengan musisi luar negeri! Simak cara Isyana meraih kesuksesannya.

 

Nah, tertarik dengan video-video klip di atas? Ternyata pembuatan video klip membutuhkan pemikiran kreatif yang luar biasa ya.

Mana video klip yang paling kamu sukai? Tuliskan di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Billboard Staff. 24 Juli 2018. The 100 Greatest Music Videos of the 21st Century: Critics’ Picks. https://bit.ly/31gnoAe

 

Sumber Gambar:

  • Video Klip Terbaik 1 – https://bit.ly/2YmBdLK
  • Video Klip Terbaik 2 – https://bit.ly/2YrkmqZ
  • Video Klip Terbaik 3 – https://bit.ly/32cXigU
  • Video Klip Terbaik 4 – https://bit.ly/3l8RQnW
  • Video Klip Terbaik 5 – https://bit.ly/31jxnVv
  • Video Klip Terbaik 6 – https://bit.ly/2Yoo04K