Awas rugi! Semua investor pemula harus tahu risiko investasi saham yang tidak pernah disadari banyak orang ini!

Cari tahu selengkapnya di artikel video Finansialku di bawah ini!

 

Kurva penyebaran virus corona belum menunjukkan penurunan. Ini sebabnya, jika tidak ada kepentingan mendesak, lebih baik kamu bertahan diam di rumah, ditemani dengan video-video informatif yang ada di kanal youtube Finansialku, yuk!

 

 

Jangan lupa untuk tekan tombol subscribe di bawah ini dan nyalakan lonceng agar kamu tidak ketinggalan video-video terbaru dari Finansialku, ya!

 

 
 

Risiko Investasi Saham

Siapa di antara Sobat Finansialku yang sudah atau baru mulai investasi saham? Untuk kamu yang baru mulai, terus semangat untuk belajar dan jangan kasih kendor, ya!

Sebagai investor pemula, penting bagi kamu untuk menambah wawasan dari berbagai media, salah satunya artikel ini, dan e-book saham dari Finansialku yang bisa kamu dapatkan GRATIS hanya dengan menekan tombol di bawah ini sekarang!

 

Ebook GRATIS, Panduan BERINVESTASI SAHAM Untuk PEMULA

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Nah, kali ini, Finansialku ingin membahas risiko investasi saham yang jarang disadari orang, khususnya investor pemula. Apa saja? Ini dia!

 

#1 Capital Loss

Siapa di sini yang belum paham arti capital loss dalam dunia saham? Capital loss sendiri sebenarnya diartikan sebagai kerugian modal akibat penurunan nilai investasi yang disebabkan oleh perbedaan harga jual dengan harga beli suatu aset.

Keadaan ini biasanya terjadi di mana harga jual lebih rendah dibandingkan dengan harga beli atau harga dasarnya.

Contohnya, ketika kamu beli saham di harga Rp 7.000 per lembar, kemudian tiba-tiba harganya merosot sampai Rp 3.500 per lembar!

Artinya, kamu sudah mengalami kerugian setengah harga sendiri, ‘kan? Bayangkan kalau kamu punya 10 lot.

Berarti kerugianmu mencapai Rp 3.500.000, lho!

Lalu, kenapa ini bisa terjadi? Ini kemungkinan bisa terjadi karena ada kesalahan analisa dan kamu nggak menguasai betul emiten yang kamu investasikan.

 

#2 No Dividen

No dividen dapat diartikan kalau pergerakan saham-mu ini stagnan dan nggak ke mana -mana.

Nggak ke mana-mana bukan artinya kamu nggak rugi, tapi juga, kamu nggak dapat keuntungan dari investasimu ini.

Kenapa ini bisa terjadi? Karena perusahaan nggak punya keuntungan yang cukup yang bisa digunakan untuk ekspansi pasar.

 

#3 Suspensi

Suspensi, terjadi ketika sebuah instrumen saham diberhentikan perdagangannya oleh bursa efek.

Ini otomatis membuat seluruh saham yang dimiliki tidak memiliki nilai sama sekali, dan kamu akan mengalami kerugian 100 persen.

Tapi kamu tidak perlu panik, karena suspensi ini punya masa berlaku. Artinya, suspensi pada instrumen saham tersebut bisa dicabut kalau masa berlakunya berakhir.

Lalu, kenapa suatu instrumen saham bisa terkena suspensi? Ini bisa terjadi karena harga saham mengalami fluktuasi yang tinggi secara berturut-turut, yang bisa dicurigai sebagai aktivitas perdagangan yang mencurigakan.

 

#4 Delisting

Delisting adalah, saham perusahaan yang sudah tidak melantai di bursa efek, yang membuat investor terpaksa harus menjual sahamnya.

Perusahaan bisa mengalami delisting karena beberapa alasan, seperti tersangkut kasus hukum, kinerjanya buruk, hingga request dari perusahaan itu sendiri.

 

#5 Kehilangan 100 Persen

Ini adalah risiko yang bisa saja terjadi pada semua orang, termasuk kamu. Kenapa?

Karena kerugian ini terjadi ketika perusahaan benar-benar bangkrut karena tidak bisa membayar utang yang jumlahnya besar.

Sementara di sisi lain, produk bisnisnya tidak berjalan sebagaimana seharusnya. Makanya, kamu harus benar-benar cerdik memperhatikan DER (Debt of Quity Ratio).

 

Ini Taktiknya!

Apakah kamu pernah mengalami beberapa atau salah satu risiko investasi saham di atas?

Tenang, jangan panik, jangan menyerah, dan terus penuhi wawasanmu dari berbagai sumber.

Salah satu sumber yang bisa kamu ikuti, adalah grup facebook saham Finansialku.

Di dalam grup tersebut, kamu akan berkesempatan untuk belajar mendalami saham dan berbagai pengalaman dengan anggota lainnya.

Bukan cuma itu, kamu akan berada di satu grup yang sama dengan para ahli saham, yaitu Melvin Mumpuni dan Rivan Kurniawan, value investor saham di Indonesia.

Yang artinya, kamu bisa bebas bertanya dan diskusi dengan mereka, kapan pun dan di mana pun!

Selain itu, dengan menjadi anggota, artinya kamu bisa menikmati ilmu saham seumur hidup secara GRATIS dan ikut WEBINAR GRATIS setiap bulannya, lho!

Tertarik? Tekan tombol di bawah ini sekarang, ya!

 

 

komunitas saham

Join Sekarang