Warganet sempat digegerkan dengan rumor yang menyebar soal virus corona yang bisa menyebar lewat HP Xiaomi, fakta atau hoax sih?

Finansialku akan berikan informasi lengkapnya di bawah ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Virus Corona bisa Menyebar Lewat Speaker HP Xiaomi?

Senin (27/01) kemarin, sempat beredar pesan berantai dari platform komunikasi berbasis online, WhatsApp yang menyatakan bahwa virus corona bisa menyebar lewat ponsel buatan China, Xiaomi.

Yang pake hp xiaomi cepat buang hp kalian, Karna virus Corona berasal dari china, dan menyebar melalui server, dikeluarkan dari speaker xiaomi!”

 

Pesan berbentuk status di platform WhatsApp itu kemudian di-screenshoot lalu diteruskan ke beberapa grup chat di WhatsApp dengan tambahan informasi yang berbunyi:

Virus corona sudah menyebar melalui hp xiomi, buat pengguna xiomi lebih baik membuang hp anda, nyawa lebih penting… Sebarkan ke pengguna wa (WhatsApp) lainnya, agar bisa terhindar dari virus ini.”

 

Informasi ini juga turut tersebar ke media sosial lainnya seperti Facebook dan Twitter. Di akun pribadi media sosial Facebook-nya, akun bernama ‘Pineappel’ melampirkan foto screenshoot percakapan WhatsApp itu dengan menambahkan narasi:

PERINGATAN DAN PERHATIAN KEPADA SELURUH OJOL BAHWA VIRUS CORONA SUDAH MENYEBAR KE HP XIAOMI KARENA HP XIAOMI DARI CINA. VIRUS DISEBARKAN MELALUI SERVER DAN DIKELUARKAN KE SPEAKER. MUNGKIN AKUN KALIAN PADA GAGU KARNA SUDAH TERJANGKIT VIRUS CORONA SEHINGGA SERVER TIDAK MASUK ORDERAN BISA DIGANTI HP NYA KE MEREK MITO ATAU ADVAN BUATAN INDONESIA SAJA TERIMA KASIH. SEBARKAN BERITA PENTING INI SELAMATKAN DUNIA SALAM SUNDA EMPIRE.”

 

Virus Corona Bisa Menyebar Lewat HP Xiaomi! Fakta atau Hoax 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Lei Jun, Pendiri Xiaomi Inc]

 

Di media sosial Twitter sendiri, informasi ini mengundang reaksi yang beragam. Setelah disebarkan oleh akun @nuggeternak pada Senin (27/01) kemarin, informasi ini telah di-retweet sebanyak lebih dari 274 kali.

Reaksi dari warga Twitter sendiri cenderung berisi kalimat sarkasme seperti yang ditulis oleh pemilik akun @clioqciliq:

“Hoax grup WhatsApp keluarga emang kejam.”

 

Seratus Persen Hoax

Pesan yang sempat tersebar sejak Senin (27/01) kemarin tentu berisi informasi hoax. Pasalnya, penyebaran penyakit ini bukan melalui benda mati seperti ponsel, melainkan dari hewan ke manusia, udara, serta sentuhan antara dua orang atau lebih.

Dilansir dari laman suara.com, Kementerian Kesehatan RI juga turut meluruskan isu penyebaran melalui ponsel buatan China, Xiaomi itu adalah sebatas informasi tak berdasar atau hoax.

“Virus ini hanya bisa hidup di sel hidup, oleh karena itu terkait dengan barang-barang dan sebagainya sudah tentu ini bukan sel hidup, sehingga ini juga akan mati sehingga sangat tidak memungkinkan kalau ini menular melalui barang-barang, pakaian atau produk apapun sehingga ini juga harus kami jelaskan ke masyarakat tidak perlu takut berlebihan terkait itu.” Kata Achmad Yurianto, Sekretaris Ditjen P2P Kementerian Kesehatan, dikutip dari laman suara.com, Senin (27/01).

 

Xiaomi Luncurkan Fitur Baru yang Bisa Deteksi Virus Corona

Di samping itu, Xiaomi, dalam aplikasinya bernama Xiao Ai Shortcut sudah menambahkan fitur ‘real-time pneumonia epidemic card’.

Virus Corona Bisa Menyebar Lewat HP Xiaomi! Fakta atau Hoax 03 - Finansialku

[Baca Juga: Xiaomi Mi Note 10 Pro Resmi Masuk Indonesia, Ini Spesifikasinya]

 

Fitur ini memudahkan penggunanya mendapatkan update informasi terbaru mengenai virus corona melalui asisten digital AI yang sudah disematkan di ponsel besutan China itu.

Penambahan fitur ini merupakan salah satu upaya Xiaomi dalam membantu mencegah penyebaran virus corona yang semakin menjalar ke negara lain.

Selain dapat menyematkan pintasan ke Xiao AI ke bilah notifikasi agar dapat mengakses informasi terkini lebih cepat, pengguna juga bisa mendapatkan informasi melalui perintah suara dengan berkata, “Real-time pneumonia epidemic”.

“Keberadaan fitur ini diharapkan membantu pengguna Xiaomi tetap aman dan bisa melakukan tindakan pencegahan yang diperlukan untuk menghindari terjadinya infeksi. Semua ponsel dengan asisten Xiao AI bisa memperoleh informasi hanya dengan mengatakannya lewat perintah suara.” Tulis Xiaomi seperti dikutip dari laman detikINET.com, Senin (27/01).

 

Cepatnya penyebaran virus ini mengundang banyak tangan tidak bertanggung jawab untuk memperkeruh suasana dengan menyebarkan informasi yang tidak masuk akal melalui media sosial.

Maka diperlukan kebijakan kita sebagai pengguna aktif media sosial untuk dapat melakukan filterisasi terhadap informasi yang tersebar di dunia maya.

Lebih baik, Anda bisa menonton video tentang kisah sukses pendiri Xiaomi, pada video YouTube Finansialku ini:

 

Pemberantasan informasi hoax dapat diperangi dengan menyebarkan informasi yang lebih bermanfaat. Maka, jangan lupa untuk sebarkan informasi ini sebanyak mungkin ke grup di media sosial Anda, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 28 Januari 2020. Xiaomi Bikin Aplikasi Pendeteksi Dini Virus Corona. Detik.com – http://bit.ly/38J3dfa
  • Agustin Setyo Wardani. 28 Januari 2020. Aplikasi Xiaomi Xiao AI Tambahkan Pintasan untuk Deteksi Virus Corona. Liputan6.com – http://bit.ly/2uzpcq5
  • Roy Franendya. 28 Januari 2020. Benarkah Virus Corona Bisa Menyebar via Ponsel Xiaomi?. Cnbcindonesia.com – http://bit.ly/2tYozX3
  • Reza Gunandha. 27 Januari 2020. CEK FAKTA: Benarkah Virus Corona Disebar Lewat HP Xiaomi. Suara.com – http://bit.ly/3aNdaKn
  • Dythia Novianti. 28 Januari 2020. Dikaitkan Virus Corona, Warganet Digegerkan Pesan Buang Ponsel Xiaomi. Suara.com – http://bit.ly/3aPTwgI

 

Sumber Gambar:

  • Virus Corona Melalui HP Xiaomi – https://bit.ly/3aNq2A1, https://bit.ly/37yR3p3, https://bit.ly/2UdEk7x