Geger virus corona menular lewat keringat, informasi aktual atau sekedar hoaks?

Informasi selengkapnya ada di berita Finansialku satu ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Virus Corona Menular Lewat Keringat! Serius?

Sejak kemunculannya Desember lalu, virus corona terus mengguncang ketenangan warga dunia dengan berbagai diagnosa dan informasi yang simpang siur.

Seperti sejak Februari lalu, sebuah informasi tersebar di antara masyarakat Indonesia.

“Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un

Assalammuaialkum wr.wb.

Breaking News: Meneruskan info dari Ibu-ibu Dubes KBRI KL

Tolong beri tahu adik-adik, suami, istri, dan semua teman-teman

Perhatian, mulai saat ini jangan makan produksi luar dulu apapun jenisnya, khususnya produksi luar negeri Cina, karena kemungkinan besar pekerja pabrik tersebut pengidap virus Corona dan bisa jadi jauh keringat mereka masuk ke dalam kalengan-kalengan itu, serta virus Corona yang saat ini masih jadi masalah besar dunia telah diketahui Depkes dunia sehingga makanan tersebut telah banyak disita tapi lebih banyak yang sudah terlanjur diekspor juga. Setelah terima ini cepat kirim ke saudara-saudara dan teman-teman semua. Agar tidak konsumsi makanan apapun yang dari luar. Demi keselamatan kita semua. Info dari Ibu Dubes KBRI.

(Kementerian Kesehatan RI)

{Semoga bermanfaat} Mohon bantu share ya.

!!!!WARNING!!!!

Tolong disebarluaskan

Mohon izin info Ikatan Dokter Indonesia (IDI), menginformasikan bahwa saat ini wabah mematikan hanya butuh penanganan cepat dan masih banyak makanan yang produksi luar.

Info:

RS Fatmawati, RSCM, RS Siloam, All RS

Narasumber:

Dr. H. Ismuhadi, MPH

 

Mohon di-share, sayangi keluarga Anda.”

 

Pesan tersebut tersebar pertama kali di salah satu grup pengirim pesan singkat, WhatsApp, yang mengimbau orang-orang untuk sementara menghentikan konsumsi makanan kaleng asal China.

Hal ini dikarenakan ada kemungkinan pekerja pabrik tersebut mengidap virus corona dan ditakutkan ada keringat yang terjatuh dan masuk ke dalam kaleng-kaleng makanan yang diproduksi.

Gawat! WNI Terinfeksi Virus Corona di Singapura 01

[Baca Juga: Indonesai Ubah Hotline Corona Plus Update Terbaru!]

 

Mengutip Asiaone dari cnbcindonesia.com, tubuh bagian dalam manusia itu dilindungi oleh kulit dari mikroorganisme bahaya.

Hal ini membuat tetesan cairan keringat saja tidak cukup untuk menularkan virus atau bakteri berbahaya. Dalam hal ini, termasuk virus corona.

Menambah pernyataan serupa, melalui laman cekfakta.tempo.co yang melansir laman kompas.com, Achmad Yurianto selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan menegaskan kalau informasi yang tertera di dalam pesan berantai di atas adalah hoaks atau tidak valid.

“Ini tindakan teroris menyebarkan ketakutan dan mengatasnamakan institusi lain. Jelas perbuatan melawan hukum dengan menyebarkan berita salah, tidak berdasar ilmiah dan fakta, dengan tujuan menyebarkan kebencian rasis.” Kata Yuri, Kamis (04/02).

Bukan cairan keringat, justru dikatakan oleh Yuri, cairan yang mampu menularkan virus corona adalah cairan pernafasan (ingus) atau ludah yang keluar saat bersin dan batuk.

Patogen (agen penyakit) bisa tersebar melalui tetesan anggota tubuh atau benda-benda yang pernah disentuh pasien terinfeksi.

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Sebagaimana dilansir laman suara.com, patogen dari tetesan cairan tubuh yang menempel di tangan pasien bisa beralih ke tangan orang lain melalui benda tersebut.

Kita bisa tertular virus corona ketika patogen masuk ke jaringan mukosa setelah tangan kita menyentuh mata, hidung, atau mulut.

Oleh karena itu, kita selalu disarankan untuk mencuci tangan dengan bersih menggunakan sabun di bawah air mengalir.

Tak Tertahan, Penyebaran Virus Corona Pengaruhi Sektor Ekonomi 03

[Baca Juga: Cek Suhu Hingga Ditembak, Ini Pencegahan Virus Corona di Dunia]

 

Sobat Finansialku, saat ini alam sedang menguji solidaritas manusia di muka bumi. Sebagian dari kita, harus diuji kesabarannya dengan tempaan dari kiri dan kanan.

Inilah saatnya! Kita perlu membuktikan pada alam akan keseriusan kita dalam membantu sesama.

Sobat Finansialku bisa membuktikannya melalui donasi bersama Finansialku, yaitu dengan menekan tombol di bawah ini sekarang. Terima kasih :)

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi

KLIK DI SINI UNTUK DONASI

 

Jangan sampai rekan-rekan dan keluarga Anda  termakan informasi hoaks mengenai penularan virus corona, dengan membagikan informasi valid ini seluas-luasnya melalui platform sosial media di bawah ini!

 

Sumber Referensi:

  • Lynda Hasibuan. 11 Maret 2020. Apakah Keringat Pasien Positif Corona Menularkan Virus?. cnbcindonesia.com – http://bit.ly/33cCu9h
  • Yasinta Rahmawati. 10 Maret 2020. Bisakah Virus Corona Covid-19 Menular Lewat Tetesan Keringat?. Suara.com – http://bit.ly/3cQCnVk
  • Angelina Anjar Sawitri. 4 Februari 2020. [Fakta atau Hoaks] Benarkah Virus Corona Bisa Menular Lewat Keringat Pekerja Pabrik Makanan Kaleng Cina?. Cekfakta.tempo.co – http://bit.ly/3cPhuty
  • Retia Kartika Dewi. 4 Februari 2020. [Hoaks] Virus Corona Menular Melalui Keringat di Makanan Kaleng China. Kompas.com – http://bit.ly/2ICneJ9