Kini Anda tidak perlu cemas akan Virus Corona yang tersebar di daerah China, Korea Selatan, hingga Jepang.

Karena Finansialku akan bahas langkah-langkah preventif yang bisa kamu lakukan agar Anda tidak tertular Virus Corona.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Mengenal Virus Corona

Dilansir dari laman bbc.com, Virus Corona atau coronavirus adalah salah satu kelompok virus yang menyerang manusia. Virus ini menyebabkan penyakit SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) yang termasuk ke dalam penyakit pneumonia.

Virus ini pertama kali ditemukan di pusat Kota Wuhan dan telah menjangkit lebih dari 8000 orang, dan 744 orang di antaranya meninggal dunia di China sejak pertama kali tersebar pada tahun 2002.

Sejauh ini, gejala-gejala yang sering dikeluhkan oleh penderita seperti yang dijabarkan dalam laman tagar.id, meliputi:

  1. Demam di atas 38 derajat celcius
  2. Tubuh gemetar
  3. Nyeri otot
  4. Sakit kepala
  5. Batuk tidak berdahak, dan
  6. Kelelahan

 

Pada awalnya, virus ini berasal dari kelelawar yang kemudian tersebar melalui udara.

Namun, baru-baru ini juga ditemukan fakta baru bahwa virus corona ini bisa tersebar melalui kontak antar fisik seperti berpelukan, ciuman, dan menyentuh objek yang sebelumnya sudah tersentuh oleh penderita.

Lakukan 5 Langkah ini Agar Tidak Tertular Virus Corona 02

[Baca Juga: Bisakah Mendaftar Asuransi Saat Sakit? Gini Jawabannya!]

 

Di Indonesia sendiri, belum terdapat vaksin yang dapat digunakan untuk menghentikan penyebaran virus ini.

Dikutip dari laman voaindonesia.com, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Anung Sugihantoro, meski sudah ada tiga jenis vaksin serupa yang digunakan untuk mencegah penyakit pneumonia, tapi ketiganya tidak bisa digunakan untuk mencegah penyakit pneumonia akut yang disebabkan oleh virus corona ini.

Oleh karena itu, pihak Kemenkes menghimbau masyarakat Indonesia untuk melakukan pencegahan-pencegahan sederhana yang dapat dilakukan oleh masing-masing.

 

Lima Langkah Sederhana Untuk Mencegah Penularan Virus Corona

Meski dikatakan belum ada vaksin yang cocok untuk mencegah penyebaran virus ini, Kemenkes tidak berhenti untuk melakukan pencegahan-pencegahan lain.

Kemenkes menganjurkan setiap Bandara untuk memasang alat pemindai suhu tubuh yang akan berwarna merah apabila suhu orang yang melewatinya melebihi batas suhu tubuh normal.

Kita juga, sebagai masyarakat yang siaga, tidak hanya menunggu aksi pemerintah, namun juga melakukan tindakan-tindakan sederhana yang bisa mencegah diri kita dari penularan virus corona dengan melakukan lima langkah ini.

 

#1 Terapkan Pola Hidup Sehat

Virus corona ini lebih mudah menyerang orang-orang yang memiliki imun rendah dan mudah terjangkit penyakit demam. Penyakit demam biasanya mudah hinggap pada orang-orang dengan pola hidup yang tidak teratur.

Oleh karena itu, alangkah lebih baik apabila kita mulai menerapkan pola hidup sehat dengan melakukan olahraga setiap hari minimal 30 menit dan menghindari makanan-makanan yang tidak memberikan manfaat bagi tubuh.

Juga perbanyak sayur, buah, dan makanan-makanan yang kaya akan vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh.

 

#2 Cuci Tangan Dengan Teratur

Virus corona dapat tersebar melalui sentuhan antara kulit manusia atau pun sentuhan dengan fasilitas publik.

Oleh karena itu, setiap kali akan atau setelah melakukan hal-hal yang mengharuskan kontak dengan fasilitas publik atau orang lain, cucilah tangan secara menyeluruh dengan menggunakan sabun cuci tangan di bawah air mengalir.

Menggunakan hand sanitizer yang dapat Anda bawa ke mana saja akan lebih membantu.

 

#3 Tutup Mulut dan Hidung Saat Batuk dan Bersin

Selain melalui kontak langsung dengan kulit, virus corona juga dapat tersebar melalui udara.

Dengan menutup mulut dan hidung kita saat batuk atau bersin, kita dapat mencegah penularan virus tersebut dan virus-virus bahaya lainnya yang berasal dari tubuh kita.

 

#4 Gunakan Masker, Kacamata, dan Sarung Tangan

Ketika akan bepergian, keluar rumah dalam durasi yang agak lama, atau akan menjenguk pasien, Anda dapat menggunakan masker, kacamata dan sarung tangan yang dapat mencegah terjadinya kontak langsung dengan kulit si penderita.

Hal ini dapat menghindari kemungkinan penularan virus berbahaya ini.

 

#5 Asupan Vitamin dengan Teratur

Sebagai tindakan lanjut untuk memastikan imunitas tubuh tidak menurun sewaktu-waktu, selain menerapkan pola hidup sehat, Anda juga dapat mengonsumsi vitamin-vitamin esensial yang dapat membantu tubuh Anda agar tetap fit di setiap keadaan.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Asuransi Kesehatan Bisa Menyelamatkan Hidup

Mockup Ebook Studi Kasus Asuransi Kesehatan

Download Ebook Sekarang

 

Dimulai Dari Diri Sendiri

Persebaran virus memang tidak akan pernah berhenti. Pencegahan-pencegahan dan implementasi teknologi adalah salah satu langkah yang bisa dilakukan oleh negara untuk melindungi rakyatnya dari penyebaran virus-virus jahat.

Begitu pula dengan virus corona, meski Kemenkes belum bisa melakukan pencegahan lebih lanjut, bukan berarti kita hanya diam menunggu tanpa melakukan perubahan.

Seperti lima hal sederhana di atas, dapat Anda lakukan untuk mencegah tubuh terjangkit dari virus corona dan virus-virus bahaya lainnya yang akan terus menghantui kehidupan manusia.

 

Sobat Finansialku, saat ini alam sedang menguji solidaritas manusia di muka bumi. Sebagian dari kita, harus diuji kesabarannya dengan tempaan dari kiri dan kanan.

Inilah saatnya! Kita perlu membuktikan pada alam akan keseriusan kita dalam membantu sesama.

Sobat Finansialku bisa membuktikannya melalui donasi bersama Finansialku, yaitu dengan menekan tombol di bawah ini sekarang. Terima kasih :)

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi

KLIK DI SINI UNTUK DONASI

 

Jadi, tidak ada lagi alasan untuk berdiam diri dan tidak melakukan apapun, kan?

Yuk, kita sebarkan informasi ini agar semakin banyak yang dapat mencegah penularan virus corona ini!

 

Sumber Referensi:

  • Eno Dimedjo. 21 Januari 2020. Mengenali Virus Corona dan Gejala Penyakit SARS. Tagar.id – http://bit.ly/3ax7G6f
  • James Gallagher. 11 Januari 2020. Misteri virus perusak paru-paru dari China: Haruskah kita sangat khawatir?. Bbc.id – https://bbc.in/3avRfaw
  • Admin. 21 Januari 2020. Virus corona dari China: Pemerintah tingkatkan kewaspadaan pada pintu-pintu masuk lewat darat, laut, dan udara. Bbc.id – https://bbc.in/2Gbmfyo
  • Sasmito Madrim. 21 Januari 2020. Belum Ada Vaksin untuk Cegah Virus Corona, Kemenkes Minta Warga Waspada. Voaindonesia.com – http://bit.ly/2tBvyoL

 

Sumber Gambar:

  • Cough and flu – http://bit.ly/2uiM5y1
  • Stop pose – http://bit.ly/37ed9gf