Hari ini Umat Buddha memperingati hari raya Waisak lho! Tahukah Anda apa saja tradisi hari raya Waisak di Indonesia?

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui informasinya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Hari Raya Waisak

Waisak merupakan salah satu hari suci bagi umat Buddha. Seluruh umat akan menggelar upacara untuk memperingatinya, termasuk umat Buddha yang ada di Indonesia.

Mengingat Indonesia merupakan sebuah negara dengan kultur budaya yang beragam, maka di setiap daerah terdapat tradisi tersendiri dalam merayakan hari-hari besar seperti Waisak.

Berikut ini ialah beberapa tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia pada hari raya Waisak.

 

#1 Tradisi Kirab Agung Amisa Puja di Yogyakarta

Di Yogyakarta, masyarakat kerap melaksanakan kirab saat hari raya Waisak. Pada tradisi ini, segerombolan orang yang merayakan akan berjalan berkeliling desa seperti sebuah karnaval.

Saat sedang kirab, masyarakat akan membuat replika patung Buddha dan turut membawanya saat berkeliling. Umat Buddha juga akan membawa sesajen yang nantinya akan diletakkan pada Vihara yang ada di sana.

Kirab yang ada di Yogyakarta biasanya dilaksanakan di Desa Gunung Kelir, Girimulyo.

Kirap ini terbilang sangat unik, sebab kirab yang ada di Yogyakarta ini dimeriahkan oleh hampir semua masyarakat setempat, meskipun tidak beragama Buddha.

Hal ini mencerminkan rasa toleransi dan keakraban yang begitu tinggi di Indonesia. Di sana semua masyarakat akan bekerjasama untuk mempersiapkan keperluan kirab, termasuk dalam pembuatan replika Budha.

Apa yang dilakukan oleh masyarakat Yogyakarta tentu merupakan sebuah teladan yang sangat baik untuk kita ikuti.

 

#2 Festival Candi Muaro, Jambi

Umat Buddha yang ada di Jambi juga merayakan Waisak dengan begitu meriah dan juga unik. Umat Buddha yang ada di Jambi biasanya akan mengitari kompleks Candi Muaro yang merupakan sebuah acara sakral.

Sesudah itu umat Buddha akan memberikan melakukan sembahyang dan memberi persembahan yang kemudian selesai dengan acara pelepasan lampion.

Acara ini biasanya tidak hanya dihadiri oleh pemeluk agama Buddha saja, tetapi juga dimeriahkan oleh masyarakat setempat, walaupun tidak beragama Buddha.

Setelah serangkaian acara sakral telah selesai dilaksanakan, maka masyarakat akan mengadakan festival band yang terbuka untuk masyarakat umum, serta mengadakan bazar yang pastinya akan menambah kemeriahan acara tersebut.

Sama seperti rakyat Yogyakarta, masyarakat Jambi juga menjunjung tinggi rasa toleransi antar umat beragama.

 

#3 Tradisi Hari Raya Waisak di Candi Jiwa dan Candi Blandongan, Karawang, Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat juga memiliki tradisi yang unik dalam memperingati hari raya Waisak, salah satunya seperti yang dilaksanakan di Candi Jiwa dan Candi Blandongan, Karawang.

Perayaan Waisak di tempat ini berlangsung dengan begitu khidmat, dan diisi dengan berbagai jenis ritual seperti sembahyang, puja bakti, semedi serta doa bersama.

Waisak 2020 Ini Fakta dan Tradisi Hari Raya Waisak di Indonesia! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Yes! Cuti Bersama 2020 Tambah Empat Hari, Ini Rinciannya]

 

Setelah itu maka biasanya akan digelar acara yang cukup meriah dengan berbagai hal unik di dalamnya. Hari raya Waisak di tempat ini tidak hanya dimeriahkan oleh umat Buddha saja, tetapi mendapat sambutan hangat dari semua masyarakat yang ada di sana.

 

Eits… Anda sudah tahu beberapa tradisi hari raya Waisak, tapi Anda sudah tahu cara mengatur keuangan? Lihat dulu yuk tips nya!

 

Anda juga bisa membaca e-book Finansialku tentang mengatur keuangan yang bisa diunduh dan dibaca secara GRATIS hanya dengan menekan tombol di bawah ini, lho!

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

#4 Tradisi Hari Raya Waisak di Candi Mendut

Umat Buddha dan semua masyarakat yang ada di sekitar Candi Mendut juga menyambut perayaan Waisak dengan begitu meriah dan hangat, sehingga tidak heran jika menjadi salah satu daya tarik yang begitu unik.

Di sana perayaan Waisak juga akan berlangsung dengan meriah, dengan serangkaian ritual dan acara yang menarik perhatian.

Setelah acara di Candi Mendut selesai dilakukan, maka umat Buddha akan melakukan arak-arakan dari Candi Mendut hingga nantinya berhenti di Candi Borobudur, dan kemudian akan kembali melaksanakan acara di sana.

 

#5 Tradisi Trisuci Waisak, Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Diantara perayaan Waisak yang dilakukan di Indonesia, perayaan yang dilakukan di Candi Borobudur bisa dianggap sebagai perayaan yang paling megah.

Tidak heran, sebab Candi Borobudur juga merupakan sebuah peninggalan sejarah yang menjadi kebanggaan umat Buddha di Indonesia.

Perayaan Waisak yang ada di Candi Borobudur berlangsung dengan sangat megah dan sakral, serta biasanya akan berlangsung hingga berhari-hari.

Pada penghujung acara, umat Budha dan wisatawan yang berpartisipasi akan menerbangkan ribuan lampion.

Anda juga berkesempatan untuk menghadiri perayaan ini, namun dengan catatan Anda harus mengenakan pakaian yang sopan.

 

Waisak yang Meriah dan Khidmat

Perayaan Waisak di Indonesia merupakan salah satu jenis perayaan yang berlangsung dengan meriah dan juga khidmat. Terdapat nilai-nilai positif yang bisa kita ambil maknanya dari setiap prosesi yang ada.

 

Catatan: Tradisi ini dilakukan sebelum adanya pandemi

Jangan lupa bagikan informasi menarik ini ya!

 

Sumber Referensi:

  • Sisil Angelin. 16 Mei 2019. 9 Tradisi Unik untuk Merayakan Waisak di Indonesia. Gotravelly.com – https://bit.ly/3aHGVee

 

Sumber Gambar:

  • Waisak 01 – https://bit.ly/2zc5frH
  • Waisak 02 – https://bit.ly/2SHspgl