Warren Buffett buyback saham Berkshire hingga US$ 5,1 miliar atau setara dengan Rp 75,03 triliun.

Yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Wow, Warren Buffett Buyback Saham Rp 75 triliun!

Miliarder Warren Buffett melakukan pembelian kembali atau buyback saham Berkshire Hathaway senilai US$ 5,1 miliar atau setara Rp 75,03 triliun pada kuartal II-2020.

Pembelian kembali saham itu merupakan rekor buyback selama periode tersebut di tengah bisnis Buffet yang terganggu akibat pandemi Covid-19.

Faktanya, jumlah tersebut juga sedikit lebih banyak daripada yang dihabiskan Buffett untuk membeli kembali saham Berkshire di sepanjang tahun 2019.

Perusahaan multinasional ini mengatakan Buffett membeli kembali saham senilai US$ 5,1 miliar atau lebih dari Rp 75 triliun pada Mei.

Sedangkan di bulan Juni, mengutip dari CNBC, lebih dari US$ 4,6 miliar atau setara dengan Rp 67,6 triliun saham Kelas B, dan sekitar US$ 486,6 juta (Rp 7,1 triliun) saham Kelas A.

Sebelumnya, saham Berkshire Kelas A dan Kelas B anjlok lebih dari 19% pada kuartal pertama, dan tertinggal dari S&P 500 selama kuartal kedua dengan penurunan lebih dari 1%.

Pembelian kembali tersebut terjadi selama periode yang sulit untuk beberapa bisnis Berkshire saat pandemi global menggagalkan aktivitas ekonomi di Amerika Serikat dan di seluruh dunia.

Keuntungan operasional untuk Berkshire turun 10% selama kuartal kedua, menjadi US$ 5,51 miliar dari US$ 6,14 miliar pada periode tahun sebelumnya.

berkshire-hathaway-logo-finansialku

[Baca Juga: Komik: Wejangan Hidup Warren Buffett: Uang Bukanlah Segalanya]

 

Melansir dari CNBC Indonesia, perusahaan juga mengambil alih sekitar US$ 10 miliar dari Precision Castparts, bisnis terbesar Berkshire dalam segmen manufaktur.

Investasi Berkshire di pasar publik memperoleh US$ 34,5 miliar pada kuartal tersebut.

Keuntungan itu menyebabkan laba bersih kuartal kedua secara keseluruhan melonjak menjadi US$ 26,3 miliar, naik dari US$ 14,1 miliar tahun lalu.

Meski begitu, Buffett memperingatkan investor untuk tidak fokus pada angka pendapatan bersih secara keseluruhan, sebab keuntungan yang belum direalisasi dari investasi kuartal ke kuartal bersifat fluktuatif.

 

Lubang Investasi Berkshire

Berkshire juga banyak berinvestasi di beberapa perusahaan yang menguat sejak pasar saham mencapai titik terendah pada akhir Maret.

Apple Inc., dengan kepemilikan saham biasa terbesar dari Berkshire, telah meningkat hampir dua kali lipat sejak 23 Maret.

JPMorgan Chase naik lebih dari 27% selama periode waktu tersebut, dan Amazon telah melonjak lebih dari 66%.

Di sisi lain, perusahaan yang terletak di Omaha, Nebraska ini juga mengatakan asuransi raksasa Geico, yang dimiliki oleh Berkshire, kemungkinan akan melihat hasil underwriting “terpengaruh secara negatif” oleh pandemi selama sisa tahun 2020 dan saat memasuki kuartal pertama 2021.

Berkshire memperingatkan ketidakpastian bisnis akibat pandemi virus korona yang kini sedang berlangsung, dengan mencatat;

“Risiko dan ketidakpastian yang diakibatkan dari pandemi dapat memengaruhi pendapatan, arus kas, dan kondisi keuangan kami di masa depan, termasuk sifat dan durasi pembatasan atau penutupan berbagai fasilitas, dan efek jangka panjang pada permintaan produk serta layanan kami.”

 

Berdiskusi Sebelum Investasi

Peluang terbaik untuk mengerahkan modal adalah ketika segalanya sedang turun, begitu bunyi pepatah dari Warren Buffet.

Saat market mengalami kehancuran lagi, Kamu mungkin tergoda untuk mengamati dan menunggu sampai masa-masa buruk berlalu.

Alih-alih, perhatikan nasihat Buffett tentang peluang untuk berinvestasi pada downswing dan ambil kesempatan untuk mendapatkan uang Kamu untuk mendapatkan diskon yang lebih dalam.

Untuk mengetahui bagaimana geliat pasar saham yang sedang terjadi, kamu bisa bergabung dalam komunitas belajar saham Finansialku.

Di dalamnya, kamu bisa belajar bagaimana memilih emiten yang baik dan seluk beluk mengenai investasi saham.

Kamu bisa bergabung dengan klik gambar berikut.

Gabung Sekarang! Komunitas BELAJAR SAHAM Finansialku

komunitas saham

SAYA MAU JOIN

 

Dalam komunitas ini, telah bergabung praktisi-praktisi saham juga orang-orang yang belajar saham, yang akan bisa diajak berdiskusi mengenai saham.

Yuk bergabung dalam komunitasnya sekarang!

 

Bagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan! Jika membutuhkan bantuan berupa solusi jitu tentang mengatur keuangan pribadi bisnis atau keluarga, kamu dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku.

 

Sumber Referensi:

  • Barratut Taqiyyah Rafie. 07 Agustus 2020. Pesan menenangkan Warren Buffett: Jangan takut berinvestasi di masa sulit. Kontan.co.id – https://bit.ly/33VTX8v
  • Ferrika Sari. 10 Agustus 2020. Warren Buffett Buyback Saham Berkshire Hingga US$ 5,1 Miliar. Insight.kontan.co.id – https://bit.ly/2PDJdTF
  • Thea Fathanah Arbar. 09 Agustus 2020. Wow! Warren Buffett Buyback Saham Berkshire Rp 75 Triliun. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3gJKrbR
  • Shaheer Ansari. 09 Agustus 2020. Warren Buffet Buys Back Over $5 Billion Shares Of Berkshire Hathaway. Cloutnews.com – https://bit.ly/3gK5fjo