Apakah ledakan bom termasuk dalam risiko yang ditanggung asuransi? Ledakan bom adalah risiko yang dapat terjadi di lingkungan apa saja. Akibatnya bisa berupa berbagai macam kerugian. Mari kita bahas asuransi apa saja yang dapat Anda gunakan untuk melindungi diri dari risiko kerugian karena ledakan bom

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Risiko Ledakan Bom

Dalam perencanaan keuangan pribadi Anda diharuskan memiliki perlindungan seperti dana darurat dan asuransi. Sayangnya banyak orang yang menganggap remeh asuransi. Tetapi ketika sudah terjadi kejadian yang tidak diharapkan, barulah masyarakat mulai memikirkan pentingnya asuransi untuk melindungi diri.

Teror bom merupakan salah satu risiko yang dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Baik di pusat kota maupun di perumahan memiliki risiko yang sama untuk aksi terorisme. Salah satu contohnya adalah kejadian ledakan bom di Bandung, Jawa Barat. Hingga saat ini kerugian yang ditimbulkan belum dapat dipastikan. Beruntung ledakan tersebut bukanlah sebuah ledakan yang sangat besar. Tetapi pernahkah terpikirkan oleh Anda betapa dekat dan mengancamnya risiko ledakan bom seperti itu? Karena itu penting untuk memiliki perlindungan dari risiko tersebut. Sayangnya di Indonesia belum ada banyak asuransi yang menawarkan perlindungan dari risiko ledakan bom.

Tips Mempermudah Klaim Asuransi Kesehatan 1 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Mempermudah Klaim Asuransi Kesehatan]

 

Walaupun tidak ada asuransi yang spesifik untuk menanggung risiko ledakan bom, beberapa asuransi berikut dapat digunakan untuk mengantisipasi risiko ledakan bom:

 

#1 Asuransi Kesehatan

Jika Anda menjadi salah satu korban dalam tempat kejadian perkara ledakan bom, ada kemungkinan Anda bisa terluka. Bisakah Anda bayangkan bagaimana kacaunya keadaan jika terjadi ledakan bom? Dalam keadaan seperti itu seringkali terjadi kebingungan mengenai siapa yang akan menanggung biaya pengobatan jika Anda harus dilarikan ke rumah sakit. Daripada bingung dan akhirnya mengganggu keselamatan Anda, lebih baik miliki asuransi kesehatan yang dapat langsung menanggung biaya pengobatan Anda. Dengan atau tanpa penggantian dari pihak yang bertanggung jawab, Anda tetap mendapatkan pertolongan pertama ketika dalam keadaan darurat.

10 Cara Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat untuk Anda dan Keluarga - Perencana Keuangan Independen Finansialku 

[Baca Juga: 10 Cara Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat untuk Anda dan Keluarga]

 

#2 Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa memiliki peran penting untuk menghadapi risiko tersebut. Risiko terburuk dari sebuah ledakan bom adalah kematian. Jika Anda tidak memiliki asuransi jiwa maka bukan hanya nyawa Anda sendiri yang terancam, tetapi juga keluarga terdekat. Dengan memiliki asuransi jiwa, Anda tidak perlu mengkhawatirkan nasib keluarga jika sampai terkena risiko terburuk tersebut.

 

#3 Asuransi Properti

Ketika terjadi ledakan bom, properti juga seringkali menjadi korban. Kerugian yang ditimbulkan bisa sangat besar. Asuransi properti dapat menjadi salah satu bentuk perlindungan yang dapat membantu Anda mengurangi kerugian tersebut. Hanya saja Anda harus memastikan terlebih dahulu polis asuransi yang dimiliki. Beberapa asuransi properti tidak memberikan proteksi untuk risiko terorisme. Biasanya Anda harus membayar biaya tambahan jika ingin mendapatkan perlindungan terhadap aksi terorisme.

 Perbedaan Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Perbedaan Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan]

 

#4 Asuransi Kendaraan

Cobalah perhatikan dengan seksama liputan-liputan mengenai ledakan bom di televisi. Biasanya akan terjadi baku tembak antara pihak berwajib dengan pelaku. Bisa saja kejadian ledakan bom tersebut tidak terjadi di jalanan dimana banyak kendaraan yang parkir dan lalu lalang. Tetapi ketika terjadi proses pengejaran, apapun bisa dirusak baik oleh pelaku maupun pihak kepolisian. Lalu bukankah keamanan kendaraan Anda terancam? Karena itu asuransi kendaraan pun penting untuk dimiliki agar kendaraan Anda dapat terlindung dari risiko-risiko yang tidak diharapkan. Namun sama seperti asuransi properti, Anda juga harus memastikan terlebih dahulu polis asuransi kendaraan yang dimiliki. Apakah asuransi tersebut melindungi kendaraan Anda dari risiko aksi terorisme atau tidak.

 

Risiko Tidak Dapat Diduga

Kejadian ledakan bom yang terjadi di Bandung pada hari ini adalah salah satu contoh risiko yang dapat mengganggu keselamatan dan keuangan Anda. Penting untuk menyadari bahwa risiko tersebut bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Karena itu Anda membutuhkan perlindungan seperti beberapa asuransi yang disebutkan di atas. Risiko memang akan selalu ada dan tidak bisa dihindarkan, tetapi lebih baik Anda melindungi diri sebaik mungkin dan mengurangi risiko kerugian yang dapat terjadi.

 

Semoga artikel diatas bermanfaat, bagikan artikel ini kepada teman-teman Anda, agar mereka juga tahu mengenai asuransi, jangan sungkan untuk mengajukan pertanyaan dan opininya dikolom komentar.

 

sumber gambar :

  • kliksangata – https://goo.gl/OQV3sX

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang