WhatsApp kini tengah mengembangkan sebuah fitur terbaru yakni fitur menghilang di grup WhatsApp. Penasaran seperti apa fitur terbaru ini?

Simak penjelasannya dalam artikel finansialku berikut ini, selamat membaca!

 

Mode “Menghilang di Grup” WhatsApp pada Versi Terbaru

Sebagai salah satu platform media sosial berbasis instant messaging terbesar, WhatsApp tentu berupaya untuk terus melakukan berbagai pembaruan untuk meningkatkan experience bagi para user.

Setelah beberapa waktu lalu WhatsApp meluncurkan fitur-fitur baru seperti arsip versi baru, keamanan biometrik pada whatsapp web dan desktop.

Selain itu ada juga fitur baru panggilan grup, kini mereka sedang merancang fitur mode menghilang di obrolan dan grup.

Hal tersebut telah dikonfirmasi secara langsung oleh CEO WhatsApp, Will Chart melalui situs WABetaInfo pada Selasa 31 Agustus lalu.

Nantinya fitur terbaru ini akan tersedia pada versi 2.21.18.7 melalui program Beta Google Play.

Adanya fitur mode terbaru ini sebagai upaya dari WhatsApp untuk meningkatkan kenyamanan bagi para pengguna, terutama dalam segi privasi. Nantinya rangkaian obrolan baru secara otomatis akan diubah menjadi obrolan singkat.

 

Pengaturan Tersedia di Mode Privacy Setting

Dalam rilis tersebut juga dapat diketahui bahwa user bisa mengaktifkan mode menghilang (disappearing mode) pada mode privacy setting. Seperti yang ditunjukkan oleh gambar berikut.

[Baca Juga: Cara Meningkatkan Keamanan Whatsapp Supaya Aman]

WhatsApp Akan Menyematkan Fitur “Menghilang di Grup” Pada Versi Terbaru - 02 - Finansialku

Sumber: katadata.co.id – https://bit.ly/3FqNNxt

 

Terdapat Notifikasi Saat Mode “Menghilang” Diaktifkan

Selain itu, pihak WhatsApp juga menyatakan bahwasannya, orang yang akan mengobrol denganmu akan mendapatkan notifikasi bahwa mode menghilang telah diaktifkan.

“Saat mengaktifkan mode menghilang, orang yang memulai obrolan dengan Anda akan selalu diberitahu.” Secara garis besar, tampilan notifikasi dalam room chat akan seperti ini.

WhatsApp Akan Menyematkan Fitur “Menghilang di Grup” Pada Versi Terbaru - 03 - Finansialku

Sumber: katadata.co.id – https://bit.ly/3CbRGDP

Meski begitu fitur terbaru ini belum bisa digunakan, sebab masih dalam tahap pengembangan dan baru tersedia pada pembaruan mendatang.

 

Beberapa Perbaikan yang Tengah Dilakukan WhatsApp

Tidak hanya berinovasi dengan mengembangkan fitur-fitur terbaru, WhatsApp juga tengah berupaya untuk melakukan berbagai perbaikan pada fitur-fitur yang kini telah tersedia.

Salah satunya adalah memperbaiki bug atau error pada fitur pembaruan status. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya menindaklanjuti adanya keluhan-keluhan dari para pengguna yang mengalami crash saat menggunakan fitur tersebut.

Keluhan itu terjadi pada pengguna WhatsApp beta untuk Android 2.21.18.7.

Selain itu, anak perusahaan Facebook yang satu ini juga tengah mendesain ulang tampilan kartu kontak atau grup yang ter-highlight saat pengguna mengetuk gambar profil.

Nantinya tombol info akan dipindahkan ke samping nama kontak. Kemudian gambar profil tidak lagi berbentuk persegi.

[Baca Juga: WhatsApp Web Kini Bisa Video Call Hingga 50 Orang, Begini Caranya]

 

Whatsapp, Sebagai Salah Satu Platform Media Sosial Terbesar di Dunia

WhatsApp kini menjadi salah satu platform media sosial terbesar di dunia. Perusahaan yang diakuisisi oleh Facebook sejak 2014 lalu ini telah digunakan oleh kurang lebih 2 miliar pengguna seantero planet.

Salah satu alasan mengapa WhatsApp banyak digunakan tak lain kemudahan serta fitur yang cukup lengkap di dalamnya.

Kini dengan berbagai fitur terbaru yang sedang dikembangkan, tentu akan meningkatkan pengalaman bagi para penggunanya.

Sobat Finansialku, seperti halnya WhatsApp yang terus melakukan pembaharuan, penting bagi kita untuk selalu up to date akan informasi di sekeliling kita.

Terutama bagi kita yang menginjak usia 20an. Dimana dunia begitu luas terbentang di hadapan kita dan segala “petualangan” baru bisa kita jalani dengan bebas.

Tapi perlu diingat, usia 20an adalah usia yang tepat untuk Sobat Finansialku mulai belajar merencanakan keuangan. Sebab tentu Sobat Finansialku sudah memiliki penghasilan sendiri bukan?

Nah, jangan khawatir, Sobat Finansialku bisa mulai mempelajari cara merencanakan keuangan di usia 20an melalui audiobook Finansialku di bawah ini.banner -perencanaan keuangan 20an (1)

 

Nah itulah penjelasan mengenai fitur menghilang di obrolan maupun grup yang tengah dikembangkan WhatsApp. Tentunya akan sangat menarik untuk dinanti debut dari fitur terbaru ini.

 Jangan lupa share artikel ini pada rekan dan saudaramu ya. Semoga artikel ini menambah wawasan Sobat Finansialku.

 

Artikel ini merupakan hasil kerjasama Finansialku.com dengan Katadata. Isi dan data yang tertera dalam artikel ini merupakan tanggung jawab Katadata

 

Editor: Maria Christianti

Sumber Referensi:

  • Desy Setyowati. 1 September 2021. WhatsApp Buat Fitur ‘Menghilang di Grup’ Lewat Versi Terbaru. Katadata.co.id– https://bit.ly/3CbRGDP

 

Sumber Gambar:

  • Cover – https://bit.ly/3mqFxEC