Wisata halal tengah menjadi salah satu paket wisata yang paling diminati belakangan ini. Semakin tingginya tuntutan konsep wisata yang sesuai dengan syariat Islam menjadikan wisata halal sebagai celah baru.

Indonesia sebagai negara dengan penduduk Islam terbanyak di dunia memanfaatkan peluang tersebut. Ditunjang dengan kekayaan alam dan budayanya, membuat Indonesia menjadi salah satu destinasi wisata halal terbaik.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Perkembangan Wisata Halal Indonesia

Konsep gaya hidup Islami semakin merasuk ke dalam seluruh elemen kehidupan saat ini.

Kesadaran akan gaya hidup yang sesuai dengan anjuran syariat dan mengedepankan konsep halal pun semakin berkembang.

Melihat besarnya potensi gaya hidup dengan konsep halal, seluruh sektor pun bereaksi dan menyesuaikan dengan konsep tersebut. Sebut saja seperti perekonomian syariah, tren berbusana, kuliner hingga konsep wisata halal.

Apa Sih Keuangan Syariah Global Itu Bagaimana Tujuannya 3 Finansialku

[Baca Juga: Apa Sih Keuangan Syariah Global Itu? Bagaimana Perkembangannya di Dunia?]

 

Wisata halal menjadi salah satu sektor yang cukup menjanjikan. Pada 2016 lalu saja setidaknya dana sebesar Rp2.469 triliun telah dikeluarkan umat muslim di seluruh dunia untuk kepentingan wisata halal. Hal ini menunjukkan besarnya potensi yang bisa dimaksimalkan dari sektor wisata halal.

Indonesia sebagai negara yang terkenal dengan kekayaan alam, budaya serta negara dengan penduduk Islam terbanyak telah bergerak menuju arah tersebut.

Sedikit demi sedikit, Indonesia terus berbenah dengan menyiapkan berbagai destinasi wisata halal bagi para pelancong muslim di dunia. Berbagai daerah kemudian menyediakan pilihan wisata dengan konsep halal.

Tiga daerah wisata halal Indonesia yang sudah terkenal dan diakui oleh muslim dunia adalah Aceh, Sumatera Barat, dan Nusa Tenggara Barat khususnya Lombok.

Salah satu indikator sebuah negara bisa disebut sebagai destinasi wisata halal adalah penyediaan akomodasi. Hal ini diungkapkan oleh Joko Asmori selaku Chief Executive Officer Alia Convex, salah satu penyedia jasa wisata halal.

Seperti dikutip dari Harian Kontan, ia berujar bahwa Indonesia termasuk sebagai destinasi wisata halal karena telah mampu memberikan paket penginapan syariah serta makanan yang dijamin kehalalannya.

Indonesia yang mampu dalam memaksimalkan potensi wisata halal tersebut pada akhirnya diikuti oleh beberapa negara lain. Sebut saja China, Korea Selatan atau Hongkong.

Bukti nyatanya adalah dengan penyediaan restoran halal di taman hiburan Disneyland. Hal tersebut tersebut menjadi bukti bagaimana penyediaan wisata halal bisa meningkatkan daya tarik sebuah tempat wisata.

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Indonesia Terus Tingkatkan Kualitas

Usaha Indonesia dalam menyediakan destinasi wisata halal mulai menuai hasilnya. Berdasarkan Global Muslim Travel Index (GMTI), Indonesia saat ini menduduki peringkat kedua.

Raihan tersebut dibenarkan oleh Guntur Sakti selaku Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata. Berdasarkan GMTI per April 2018, Indonesia berada peringkat kedua dengan nilai 72,8.

Peringkat Indonesia sendiri mengalami kenaikan di mana tahun lalu Indonesia bertengger pada peringkat ketiga.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Namun, Indonesia belum berpuas diri. Kementerian Pariwisata menargetkan agar Indonesia berhasil menjadi yang terbaik sebagai destinasi wisata halal. Untuk mencapai target tersebut masih terdapat pekerjaan rumah besar bagi Indonesia.

Saat ini peringkat satu ditempati oleh Malaysia sebagai negara dengan nilai GMTI terbaik yaitu sebesar 80,6. Cukup terpaut jauh dengan nilai Indonesia saat ini. Indonesia telah menyiapkan beberapa rencana agar bisa mencapai target tersebut.

Wisata Halal Indonesia Targetkan Peringkat Satu Finansialku 1

[Baca Juga: Peranan Keuangan Syariah dalam Memperkuat Perekonomian Indonesia]

 

Menurut Guntur, dikutip dari harian Kontan (13/09/18), dengan menjadi peringkat pertama Indonesia akan mendapatkan kemudahan.

“Berada di posisi atas bisa memudahkan Indonesia untuk merebut pasar wisata global.”

 

Untuk mencapai target tersebut, Indonesia menargetkan pada 2019 nanti terdapat jumlah kunjungan wisata halal sebanyak lima juta turis asing. Langkah lainnya adalah dengan meningkatkan nilai Indonesia Muslim Travel Index (IMTI).

Cara yang dilakukan berupa memperbanyak jumlah fasilitas wisata yang ramah terhadap wisatawan muslim dan halal. Seperti penginapan-penginapan yang berkonsep syariah.

Selain itu, beberapa daerah juga dipersiapkan menjadi destinasi wisata halal baru. Salah satu daerah yang tengah dikembangkan yakni di Kabupaten Bandung.

 

Apakah Anda merasa terbantu dengan adanya artikel ini? Jangan ragu untuk membagikan pada teman Anda. Agar semua orang bisa mendapatkan manfaat dan merasakan keuntungannya.

 

Sumber Referensi:

  • Sugeng Adji. 13 September 2018. Target Indonesia: Jadi Nomor Satu Destinasi Wisata Halal. Harian Kontan

 

Sumber Gambar:

  • Wisata Halal Indonesia – https://goo.gl/Lyk37R
  • Wisata Halal Indonesia 2 – https://goo.gl/55wuqk
Summary
Wisata Halal Indonesia Targetkan Peringkat Satu
Article Name
Wisata Halal Indonesia Targetkan Peringkat Satu
Description
Wisata halal tengah menjadi salah satu paket wisata yang paling diminati belakangan ini. Semakin tingginya tuntutan konsep wisata yang sesuai dengan syariat Islam menjadikan wisata halal sebagai celah baru.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo