Apakah kamu punya rencana buat eksplor tempat wisata Lampung? Kali ini aku bakal membagikan pengalaman, di destinasi wisata Lampung.

Simak sampai selesai ya, karena di akhir artikel ini aku juga bakal cerita tentang bagaimana aku siapkan dana untuk liburan ke sana.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Destinasi Wisata Lampung yang Wajib Banget Buat Dikunjungi

Sebagai orang Indonesia kamu pastinya setuju banget dong kalau negara kita ini tidak pernah kekurangan destinasi wisata keren yang bisa dikunjungi.

Salah satunya adalah Lampung. Lampung adalah sebuah provinsi yang terletak di ujung selatan Pulau Sumatera, dengan Kota Bandar Lampung sebagai Ibu Kota nya.

Nah… meskipun banyak yang mengenal Lampung sebagai daerah yang rawan dengan aksi kejahatan seperti begal dan sebagainya, namun sebenarnya Lampung tidak seburuk itu.

Pernah Mengunjungi Salah Satu Wisata Lampung Berikut Aku Pernah! 01 Finansialku

[Baca Juga: Bikin Sejuk! 6 Destinasi Wisata Cirebon Mengusung Kebudayaan]

 

Sebaliknya, Lampung memiliki alam yang begitu indah, baik untuk wisata laut maupun wisata alamnya.

Orang-orang Lampung pun sebenarnya ramah-ramah, sebagaimana masyarakat Indonesia pada umumnya.

Asal bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar, dapat dipastikan kamu bakal merasa bahagia banget saat di Lampung.

Nah… berikut ini beberapa destinasi wisata yang pernah aku kunjungi saat ke Lampung.

 

#1 Pantai Mutun

Berhubung aku sangat senang dengan pantai, maka saat pertama kali ke Lampung aku pun langsung meminta teman yang tinggal di sana buat ngajak ke pantai.

Nah… kebetulan, salah satu pantai yang paling dekat dengan lokasi kami saat itu adalah Pantai Mutun.

Awalnya sih masih belum terlalu semangat, karena badan yang capek setelah melewati perjalanan dari Bandung ke Lampung.

Tetapi, setibanya di Pantai Mutun… “wusssssh”… dalam sekejap rasa capek tadi menjadi hilang tanpa sisa.

Bagaimana tidak, setibanya di sana kamu akan disambut oleh pemandangan laut dengan hamparan pasir putih yang sangat menyejukkan mata.

Pernah Mengunjungi Salah Satu Wisata Lampung Berikut Aku Pernah! 02 Finansialku

[Baca Juga: Liburan Ke Pulau Pahawang Lampung, Surga Di Ujung Sumatera]

 

Belum lagi dengan tiupan angin nya yang benar-benar membuat kita seakan melayang-layang.

Merasa kurang lengkap dengan hanya melihat-lihat keindahan pantai, aku pun memutuskan untuk langsung nyebur dan berenang bersama dengan yang lainnya.

Selain itu, aku dan teman-teman pun menyewa beberapa peralatan water sport, seperti kano dan juga banana boat.

Saat di sana, aku sempat melihat wahana water boom di lokasi pantai, hanya saja kami tidak memiliki waktu lebih untuk masuk karena harus ke tempat wisata lainnya.

 

#2 Pulau Tangkil

Pulau Tangkil memiliki jarak yang sangat dekat dengan Pantai Mutun, dan hanya butuh waktu sekitar 15 sampai 20 menit untuk sampai di sana.

Maka tidak heran jika banyak yang menyebut kalau Pantai Mutun dan Pulau Tangkil sebagai destinasi wisata yang “satu paket”.

Nah di sinilah kamu bisa menemukan permainan parasailing seperti yang banyak ditemukan di Bali.

Parasailing sendiri adalah kegiatan berlayar dengan menggunakan parasut.

Nantinya kamu akan naik parasut dengan dilengkapi alat pengaman, dan sebuah speedboat akan menarik parasut dengan kencang sehingga kamu dan parasut melayang di udara.

Hmmm… cukup mengerikan sih saat berada di atas sana, tapi kalau kamu termasuk orang yang bisa mengatasi rasa takut dengan ketinggian, permainan ini wajib kamu coba.

Oh iya… saat berada di Pulau Tangkil, akan lebih seru jika kamu dan teman-teman ataupun keluarga mengadakan acara bersama di sana.

Seperti bakar-bakar ikan, atau pun sekedar makan makanan yang sudah disiapkan dari rumah. Dijamin rasanya pasti jadi bedaaa banget!

 

Ebook Perencanaan Keuangan Untuk MAHASISWA

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Ebook Mahasiswa

Download Ebook Sekarang

 

#3 Taman Nasional Way Kambas

Pasti bakalan kecewa banget kalau kamu ke Lampung tapi gak ngunjungi Taman Nasional Way Kambas.

Yahh… meskipun perjalanan kesana cukup melelahkan jika kamu berangkat dari Kota Bandar Lampung.

Taman Nasional Way Kambas berada di Kabupaten Lampung Timur, dan butuh beberapa jam untuk ke sana.

Namun meskipun jauh, bisa dipastikan kalau itu semua akan terbayar ketika sampai di sana.

Pasalnya, di lokasi yang sejuk dan nyaman ini kamu akan menemukan berbagai binatang yang dilindungi, khususnya gajah yang menjadi ikon destinasi ini.

Yang membuatnya berbeda dengan taman nasional lainnya, di sini kamu gak hanya bisa melihat gajah saja, tetapi juga bisa menungganginya, dan bisa melihat langsung bagaimana caranya mamalia gede ini dirawat.

Kamu pun bisa berkeliling di Reforestasi Bambangan, yaitu hutan yang dulunya sempat terbakar namun kemudian kembali hijau setelah penanaman pohon kembali.

Selain itu, sebenarnya masih ada banyak lagi tempat wisata yang bisa kamu kunjungi selama di sini, asal kamu punya waktu yang lebih untuk eksplornya.

Soal biaya, kamu gak perlu khawatir karena destinasi wisata yang ada di Way Kambas bisa dinikmati dengan tiket yang murah.

 

#4 Puncak Mas

Puncak Mas sebenarnya tidak masuk dalam daftar destinasi yang ingin saya kunjungi saat hendak ke Lampung, dan awalnya saya ke sana hanya untuk menemani sepupu yang ingin ke sana.

Namun tanpa disangka, ternyata saya mendapat pengalaman yang “woow” banget saat sampai di tempat yang disebut sebagai Puncak Mas ini.

Di Puncak Mas, kamu bisa menemukan cukup banyak rumah pohon, dengan letak ketinggian yang berbeda, bentuk yang berbeda-beda dan juga rumah pohon dengan ukuran yang berbeda-beda.

Pokoknya, keren banget!!!

Selain itu, hanya dengan modal uang 20 ribu rupiah saja, kamu sudah bisa menikmati seru-nya wahana sepeda gantung yang juga ada di sana.

Terdapat dua rel yang digunakan untuk dua sepeda gantung, jadi kamu bisa menikmatinya berdua dengan teman atau saudaramu, eh… dengan kekasih bakalan lebih seru sih, hehe…

Kalau merasa lapar atau pun haus, di sini kamu juga bisa menemukan tempat yang menjual makanan dan minuman.

Tapi yang bikin beda, kamu bisa menikmatinya di tempat yang keren, dan juga ditemani oleh tim musik yang biasanya tampil live.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

#5 Teluk Kiluan

Melihat lumba-lumba di tempat penangkaran memang sangatlah menyenangkan, tetapi pernah gak sih kamu ke-pikiran untuk melihatnya langsung di “rumah” aslinya?

Hmm pasti ke bayang dong seru-nya seperti apa.

Nah hal ini pun bisa juga kamu temukan saat berlibur di Lampung, tepatnya di Teluk Kiluan.

Saat berada di sini, kamu bisa menyewa perahu dengan membayar sekitar 300 ribu rupiah saja, dan kemudian berangkat ke tempat lumba-lumba berada.

Di sana ada cukup banyak lumba-lumba yang akan menyambut kamu dengan tarian kegirangan-nya yang keren.

Dan buat yang belum tahu, destinasi wisata yang satu ini mendapat julukan sebagai surga-nya lumba-lumba.

Pernah Mengunjungi Salah Satu Wisata Lampung Berikut Aku Pernah! 03 Finansialku

[Baca Juga: 5+ Destinasi Wisata Cirebon Alam Seru yang Wajib Kamu Kunjungi]

 

Jika merasa cukup dengan melihat-lihat pemandangan laut dan lumba-lumba, kamu pun bisa menuju sebelah bukit yang ada di Teluk Kiluan, dan berenang di Laguna-nya.

Hmm rasanya seperti berada di film-film bro sis… hehe

Di sini tuh pemandangan-nya gak cuma indah doang, kebersihan laut nya pun masih tetap terjaga sehingga sangat menyenangkan saat berenang di sana.

Kalau masih belum puas lagi, kamu juga bisa snorkeling agar bisa menikmati keindahan alam bawah laut yang begitu menawan.

Hanya saja, jika kamu memang ingin datang ke tempat ini sebaiknya persiapkan fisik kamu agar tetap sehat.

Dengan begitu, kamu bakal bisa menikmati semua yang ada tanpa mengalami gangguan yang berarti.

 

#6 Wawai Eco Friendly Park

Kalau berada di destinasi wisata sebelumnya aku anggap seperti berada di film-film, kalau yang satu ini berbeda lagi guys

Saat berada di sini kamu akan merasakan bagaimana seru nya berbaur dengan alam yang udaranya sangat sejuk, dan tentunya memanjakan diri banget.

Selain bisa bersantai dan menikmati indahnya Bandar Lampung dari dataran tinggi, di sini kamu juga bisa menginap jika memiliki waktu lebih.

Pihak pengelola telah menyediakan tempat untuk camping, berupa tempat tinggal yang menyerupai hunian adat Suku Indian yang ada di Amerika sana.

 

#7 Pantai Dewi Mandapa

Sehari sebelum meninggalkan Lampung dan kembali ke Bandung, salah satu teman menyarankan agar aku menyempatkan diri untuk jalan-jalan ke daerah Pesawaran.

Nah ketika berada di sana, salah satu destinasi wisata keren yang kami kunjungi adalah Pantai Dewi Mandapa.

Di sini kamu bisa menikmati pantai dengan cara yang tidak biasa!

Jika pada umumnya saat ke pantai kita bermain di pasir, di sini kamu bisa menikmati pantai dari dalam pondok-pondok yang sudah disediakan.

Belum lagi kalau kita menuju ke Dermaga Asmara yang berada dekat dengan pantai.

Di sana kamu bisa menemukan banyak spot foto menarik dan juga kekinian banget.

Hmm kalau disuruh untuk memberi nilai, dari 1 sampai 10 sepertinya Pantai Dewi Mandapa mendapat nilai 9.9! hehe!!!


 

Cara Aku Siapkan Dana Buat Liburan ke Lampung

Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, untuk bagian terakhir ini aku bakalan share tentang cara aku siapkan dana Liburan ke Lampung.

Yaah sebagai mahasiswa aku pastinya perlu nabung dan memiliki perencanaan yang baik agar dana liburan bisa terkumpul.

Kalau tidak begitu… hmm sepertinya bakalan susah deh buat liburan ke mana-mana.

Cara yang pertama aku lakukan ialah dengan mencatat dan menghitung perkiraan biaya yang akan aku gunakan, baik itu untuk transportasi, makan dan biaya lainnya.

Setelah dihitung, kira-kira dana yang aku butuhkan adalah sekitar Rp 2.000.000

Jumlah ini di luar biaya penginapan, karena selama di Lampung saya menginap di rumah saudara.\

Jadi dana ini rencananya akan aku gunakan untuk membeli tiket bus Bandung-Lampung, jalan-jalan ke tempat wisata, hingga untuk membeli oleh-oleh saat pulang nantinya.

Namun untuk mengantisipasi pengeluaran yang tidak terduga, aku pun menambah budget lagi sebanyak Rp 500.000, sehingga total dana yang aku perlukan adalah Rp 2.500.000

Sebagai mahasiswa, angka ini tentu cukup gede, maka dari itu aku menabung-nya dari jauh-jauh hari.

Agar lebih mudah dalam mengontrol progress dan menghitung biaya yang perlu dipersiapkan, aku menggunakan fitur Rencana Keuangan yang ada di Aplikasi Finansialku.

Dana Liburan Rencana Keuangan

Dana Liburan Rencana Keuangan

 

Caranya gampang banget, aku hanya perlu download Aplikasi Finansialku, membuka menu Rencana Keuangan, dan kemudian mengisi angka yang saya butuhkan untuk dana perjalanan, biaya akomodasi, anggaran konsumsi, dan beberapa hal lainnya.

Contohnya seperti perjalanan Bandung-Malang berikut ini.

Form Dana Liburan

Form Dana Liburan

 

Jika sudah, Aplikasi Finansialku akan menampilkan berapa total biaya yang aku perlukan, serta berapa biaya yang harus aku tabung setiap bulannya.

Hasil Perhitungan Dana Liburan

Hasil Perhitungan Dana Liburan

 

Gampang banget bukan? Dengan begitu aku gak perlu lagi repot dalam mempersiapkan dana perjalanan, karena telah dibantu oleh Aplikasi Finansialku.

Nah buat teman-teman yang tertarik, kamu juga bisa mencoba cara yang aku lakukan.

Dengan langsung download Aplikasi Finansialku di Play Store dan App Store!

 

Yaps begitu pengalaman yang bisa aku share kali ini, dan semoga teman-teman dapat terbantu, dan bisa menikmati indahnya Lampung secepat mungkin.

Teman-teman juga bisa menuliskan pengalamannya di kolom komentar jika pernah mengunjungi salah satu destinasi wisata yang ada di atas ya, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Wisata Lampung 01 – https://bit.ly/3ju1gbF
  • Wisata Lampung 02 – https://bit.ly/32ydsBG
  • Wisata Lampung 03 – https://bit.ly/31ApAmi
  • Wisata Lampung 04 – https://bit.ly/2YILulB