Mau liburan ke Wakatobi? Yuk cek tujuan dan destinasi wisata Wakatobi yang pastinya memukau.

Jangan berlibur tanpa persiapan dan itinerary yang seadanya, maksimalkan liburan Anda dengan mengunjungi destinasi wisatanya yang wajib dikunjungi berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Wakatobi: Surga Dunia yang Memukau

Salah satu tips agar Anda dapat menikmati liburan Anda dengan waktu dan biaya yang terbatas adalah dengan membuat itinerary atau rencana perjalanan yang matang.

Pilihlah tempat wisata yang benar-benar menarik dan ingin Anda kunjungi, sehingga Anda dapat menikmatinya dengan maksimal.

Lalu bagaimana cara membuat itinerary yang baik? Tentunya dengan mencari tahu soal tempat wisata yang tersedia di lokasi tujuan liburan Anda.

Dengan membuat itinerary, Anda bisa menentukan lokasi wisata yang sesuai dengan preferensi liburan Anda dan tidak membuang-buang waktu dan biaya untuk sesuatu yang tidak Anda sukai.

Save Your Trip! Liburan Terbaik di Pulau Wakatobi 07 - Finansialku

[Baca Juga: 4 Tipe Travelling: Liburan Sendiri, Beli Paket Wisata dan Lainnya, Kamu yang Mana?]

 

Nah, pada kesempatan kali ini Finansialku akan memandu Anda membuat itinerary jika Anda memutuskan untuk berkunjung ke Wakatobi, sebuah pulau dengan destinasi wisata memukai dunia.

Beberapa tempat wisata di Wakatobi yang unik, menarik, dan bisa Anda jadikan spot wajib untuk dikunjungi pada liburan kali ini adalah sebagai berikut:

 

10+ Tujuan dan Destinasi Wisata Wakatobi

Kepulauan Wakatobi di Sulawesi Tenggara  adalah sebuah tujuan wisata yang kerap dielu-elukan sebagai destinasi wisata bahari terbaik, tak hanya di Indonesia tapi juga dunia.

Saking berharganya kekayaan laut Wakatobi, Word Wildlife Fund (WWF) ikut turun tangan dalam upaya pengelolaan dan pelestarian alamnya.

Keindahannya pun sempat dianugerahi sebagai Best Resort and Spa dari Dive’s Magazine Travel Award di peringkat ketiga.

Wakatobi terdiri dari empat gugusan pulau, yaitu Binongko, Kaledupa, Tomia, dan Wangi-wangi.

Namun, Wakatobi bukan sekadar destinasi bahari karena Anda tetap bisa menikmati kekayaan alam, budaya, serta keramahan masyarakat di sana.

Yuk, simak tempat-tempat menarik di Wakatobi yang bisa Anda kunjungi berikut ini!

 

#1 Taman Nasional Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi adalah satu dari beragam kekayaan alam nusantara yang tak perlu diragukan lagi.

Taman nasional yang diresmikan pada tahun 1996 ini merupakan Taman Nasional Laut (TNL) terluas kedua di Indonesia.

Menurut pemerintah setempat, tempat ini juga menjadi habitat bagi 750 dari total 850 spesies koral yang ada di dunia serta lebih dari 942 spesies ikan.

10 Tujuan dan Destinasi Wisata Wakatobi, Surga yang Memukau Dunia! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Liburan tapi Pekerjaan Banyak? Lakukan Rahasia ini Biar Gak Stres]

 

Bukan hanya gugusan karangnya yang dinikmati para pecinta wisata bahari dunia, Anda juga bisa mengintip keelokan ikan paus sperma yang biasanya hadir pada bulan November ketika perairan Wakatobi lebih hangat daripada laut di belahan bumi lain.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan ikan pari manta yang hanya ditemukan di perairan tropis. 

 

#2 Telaga Gua di Pulau Wangi-Wangi

Selain wisata bahari yang mengagumkan, Pulau Wakatobi juga memiliki sederet destinasi wisata yang tak kalah menarik. Telaga gua yang terletak di salah satu pulau kecil bernama Wangi-Wangi menawarkan daya tariknya sendiri dengan airnya yang jernih dan bersih.

10 Tujuan dan Destinasi Wisata Wakatobi, Surga yang Memukau Dunia! 03 - Finansialku

Gua Kontamale, sebuah gua dengan air biru jernih yang tawar dan terhubung ke gua-gua lainnya di Wanci, Wangi-wangi.

 

Beberapa telaga gua yang terkenal adalah Gua Kontamale dan Gua Tee Kosapi. Kedua tempat ini bisa diakses dengan mobil atau motor sekitar 15 menit dari pusat kota Wanci, kecamatan Wangi-Wangi.

Meskipun gua ini milik pemerintah daerah, namun penduduk sering memanfaatkan airnya sebagai sumber air.

Bagi Anda pecinta wisata penuh adrenalin, Anda bisa menjelajahi luasnya gua ini serta mencari mata air di dalamnya.

Jangan lupa nikmati keindahan stalagmite dan stalagtite menghiasi dinding-dinding gua. Tunggu apa lagi?

 

#3 Roma

Di antara ratusan titik selam di perairan Wakatobi, terdapat tempat yang memukau penyelam lokal dan asing, antara lain Coral Garden, Cornucopia, House Reef, dan Roma.

Salah satu yang menjadi favorit penyelam adalah Roma, yang berada di perairan Pulau Tomia. Roma memang terkenal akan biota laut beribu warnanya yang memukau.

10 Tujuan dan Destinasi Wisata Wakatobi, Surga yang Memukau Dunia! 04 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Liburan Butuh Uang, #UangDarimana Rencanain dengan Aplikasi Finansialku]

 

Begitu memasuki area selam ini, kamu akan dikelilingi oleh red-tooth tigerfish dan gerombolan ikan warna-warni lainnya. Tak hanya ikan, terumbu karang dan rumput laut di sini pun pamer dengan warna cantiknya.

 

#4 Pantai Taduno

Pantai Taduno adalah pantai tersembunyi yang letaknya di ujung tanjung Pulau Kaledupa, tepatnya di Desa Sombano, Kecamatan Kaledupa, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Karena letaknya yang tersembunyi, pantai ini kerap dilupakan wisatawan. Meski demikian, pantai ini menyimpan pesona alam yang begitu memukau dengan pasir putih dan hamparan lautan berwarna biru terang.

10 Tujuan dan Destinasi Wisata Wakatobi, Surga yang Memukau Dunia! 05 - Finansialku

Pantai Taduno yang tersembunyi, terkenal dengan pasirnya yang putih dan airnya yang jernih.

 

Pantai Taduno cocok bagi Anda yang menyukai ombak ringan untuk bermain atau sekadar berjemur di pinggir pantai.

 

#5 Air Terjun Moramo

Air terjun Moramo terkenal akan ketinggiannya yang mencapai 100 meter dan air terjunnya yang berundak dengan lebih dari 7 tingkatan utama dan 60 tingkatan kecil.

10 Tujuan dan Destinasi Wisata Wakatobi, Surga yang Memukau Dunia! 06 - Finansialku

Air Terjun Moramo yang terkenal dan selalu dipadati pengunjung. Bebatuan di sini tidak licin, sehingga wisatawan dapat berfoto hingga atas.

 

Anda bisa berendam dan berenang di beberapa kolam alami yang dilandasi oleh batuan granit.

Pemandangannya pun terasa lebih spesial dengan warna-warna pelangi yang terpancar dari buih-buih air yang mengalir.

Selain itu, daerah batuan kapur yang ada di sana menyebabkan dinding batunya tidak licin karena sulit ditumbuhi lumut, sehingga Anda bisa memanjatnya.

 

#6 Desa Pajam

Desa Pajam merupakan desa tertua perajin tenun Wakatobi yang terletak di Pulau Kadelupa.

10 Tujuan dan Destinasi Wisata Wakatobi, Surga yang Memukau Dunia! 07 - Finansialku

Salah satu kegiatan Desa Pajam, yaitu menenun, yang diajarkan turun temurun. Desa Pajam adalah penghasil tenun dan cinderamata khas Wakatobi.

 

Desa yang juga diyakini masyarakat sebagai asal muasal peradaban Kerajaan Kadelupa ini adalah daerah penghasil kerajinan tangan khas Wakatobi seperti kain tenun dan cindera mata eksotis.

Tempat ini terkenal dengan Benteng Palea yang merupakan salah satu objek wisata paling sering dikunjungi wisatawan saat mendatangi Pulau Kaledupa.

Di Desa Pajam, Anda juga bisa melihat beberapa gadis yang sedang belajar menenun bersama ibunya menjelang pernikahan atau pada usia 20 tahunan.

Kegiatan ini dilakukan karena penenun di Desa Pajam menguasai keterampilan menenun secara turun-temurun. Anda bisa membeli kain khas ini sebagai oleh-oleh atau untuk dipakai sendiri.

Luar biasa menarik bukan?

 

#7 Puncak Jamaraka

Puncak Jamaraka terletak di Kecamatan Kaledupa, Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

10 Tujuan dan Destinasi Wisata Wakatobi, Surga yang Memukau Dunia! 08 - Finansialku

[Baca Juga: Wisata Thailand, Lebih Murah Mana: Liburan Sendiri atau Paket Liburan Travel Agent]

 

Anda dapat pergi ke tempat ini dengan menempuh perjalanan selama 30 menit dari Desa Ambeua Raya. Dari puncak tersebut, Anda dapat menyaksikan keindahan panorama perkampungan Kadelupa serta sunset yang memukau.

Untuk sampai ke puncaknya, pengunjung harus berjalan kaki dari batas Desa Wadur lantaran melewati Benteng Palea yang dibangun pada masa pemerintahan Kesultanan Buton pada pertengahan abad XVI tahun 1531.

Namun perlu diingat bahwa pengunjung dilarang memakai busana berwarna mencolok pada hari-hari tertentu, juga tidak diperkenankan menggunakan payung dan tidak bicara dengan suara nyaring.

 

#8 Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Untuk Anda yang lebih menyukai petualangan darat, Anda bisa mengunjungi Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai di Pulau Wakatobi.

Area yang memiliki luas 1.050 km persegi ini diisi oleh beragam vegetasi, mulai dari hutan sabana hingga hutan mangrove.

Jika Anda datang ke sana pada saat musim penghujan, maka Anda bisa melihat hijaunya hamparan sabana dengan background Gunung Watumohai.

10 Tujuan dan Destinasi Wisata Wakatobi, Surga yang Memukau Dunia! 09 - Finansialku

[Baca Juga: Save Your Trip! Liburan Terbaik di Pulau Wakatobi]

 

Bagi Anda pecinta camping dan foto malam, Anda bisa mengabadikan pemandangan tenda di atas perbukitan dengan hamparan bintang-bintang di langit sebagai latarnya.

Anda juga dapat menjumpai beragam jenis burung di sana, seperti elang, maleo, dan kakatua kecil jambul kuning.

Menjelajahi tempat ini pun bisa dilakukan dengan motor trail berkecepatan tinggi melalui lintasan dan gundukan tanah yang menantang.

 

#9 Bukit Kayangan

Bukit Kayangan yang terletak di Pulau Tomia adalah lokasi paling pas untuk melihat sisi lain dari gugusan pulau di Wakatobi.

Wisatawan berkemah adalah pemandangan yang lazim ditemui di sini.

Tak heran, kala senja mereka disuguhi oleh pemandangan matahari terbenam, dan malam harinya mereka dapat menikmati langit bertabur bintang sepuas hati.

10 Tujuan dan Destinasi Wisata Wakatobi, Surga yang Memukau Dunia! 10 - Finansialku

Bukit Kayangan, tempat favorit wisatawan untuk menikmati senja. Walaupun medan pendakian bukit ini membutuhkan ketahanan fisik, pemandangan yang bisa dilihat sungguh menakjubkan.

 

Selain wisatawan, mahasiswa dan para ilmuwan juga berdatangan ke bukit ini untuk melakukan penelitian.

Bukit ini diduga sebagai dasar lautan pada zaman dahulu karena ditemukan banyak fosil karang purba.

 

#10 Desa Liya Togo

Bagi para wisatawan yang menginginkan pengalaman nyata berlibur di Wakatobi, jangan lupa singgah juga di Desa Liya Togo, di sisi selatan Pulau Wangi-Wangi, Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Desa Liya Togo menjadi salah satu obyek wisata pariwisata yang dikelola masyarakat setempat.

10 Tujuan dan Destinasi Wisata Wakatobi, Surga yang Memukau Dunia! 11 - Finansialku

[Baca Juga: Keuntungan 5 Kartu Kredit untuk Menikmati Fasilitas Airport Lounge]

 

Desa ini menyuguhkan sejumlah pepohonan singkong, kedondong, dan juga asam yang tumbuh di sela-sela batuan, hanya beberapa puluh meter dari pantai.

Desa ini juga merupakan daerah penghasil bahan baku makanan tradisional khas Wakatobi. Singkong adalah bahan baku untuk membuat kasomi, sementara kedondong untuk membuat perende, sejenis sayur asam.

Jika ingin berkunjung ke sini, Anda diwajibkan mengenakan sarung dari kain tenun khas setempat. Penggunaan sarung untuk pria berbeda dengan wanita.

Pria wajib mengenakan sarung layaknya tradisi melayu, namun dengan ukuran yang lebih panjang sampai bawah lutut.

Sementara untuk wanita diperkenankan menggunakan sarung itu dengan mengikatnya di salah satu bahu.

 

Rencanakan Wisata Wakatobi Anda dengan Aplikasi Finansialku

Rencanakan liburan Anda beserta seluruh biayanya dengan matang agar Anda tidak bertambah stress nantinya dengan tumpukan hutang sisa liburan.

Salah satu cara solutif untuk merencanakan dana liburan adalah dengan menggunakan aplikasi Finansialku. Aplikasi ini membantu Anda menghitung kebutuhan dana liburan dan merencanakan investasinya.

Anda bisa mengikuti panduan penggunaannya berikut ini:

  1. Buka menu aplikasi Finansialku kemudian pilih menu “Rencana Keuangan”.
  2. Klik tanda + pada kanan bawah kemudian pilih Dana Liburan.
  3. Dana perjalanan ke: tuliskan tempat tujuan wisata Anda.
  4. Isi data yang dibutuhkan, antara lain sebagai berikut:
  • Biaya Pengurusan Dokumen: passport, visa dan dokumen lainnya.
  • Biaya Tur atau Paket Perjalanan: jika Anda pergi dengan menggunakan jasa biro wisata atau travel agent.
  • Biaya Akomodasi atau Penginapan: biaya untuk menyewa hotel atau penginapan selama di selama di tempat tujuan liburan (jika ada).
  • Biaya Transportasi: biaya untuk menyewa transportasi selama di selama di tempat tujuan liburan (jika ada).
  • Anggaran Konsumsi: biaya untuk membeli makanan selama di tempat tujuan liburan (jika ada).
  • Anggaran Oleh-Oleh: biaya untuk membeli oleh-oleh.
  • Asuransi Perjalanan: biaya untuk membeli asuransi perjalanan.
  • Anggaran Biaya Lain-Lain: biaya lain-lain untuk cadangan.
  • Berapa lama lagi Anda akan pergi (dalam satuan tahun).
  • Dana yang telah tersedia dalam satuan Rupiah.
  • Inflasi, kenaikan biaya perjalanan dalam satuan persen per tahun.
  • Estimasi hasil investasi dalam satuan persen per tahun.
  1. Klik “hitung”
  2. Voila! Hasil perhitungan muncul dengan sangat mudah.

Bagaimana? Praktis sekali bukan aplikasi Finansialku ini? Yuk, daftar sekarang juga dan nikmati liburan Anda tanpa stress:

Anda bisa download aplikasi Finansialku dari Google Play Store atau dengan melakukan registrasi terlebih dahulu di komputer Anda.

 

Apakah Anda mengetahui destinasi wisata Wakatobi yang menarik lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 5 Tempat di Pulau Wakatobi yang Wajib Dikunjungi. Dbs.com – http://bit.ly/2Y7dwsq
  • Rifqi Aufal Sutisna. 23 April 2019. 4 Obyek Wisata yang Wajib Dikunjungi saat Liburan ke Wakatobi. Kompas.com – http://bit.ly/2JSb6VV
  • Admin. 26 Maret 2017. Wakatobi, Surga Dunia yang Perlu Dinikmati dengan 5 Cara Ini. Traveloka.com – http://bit.ly/2LIRXIo

 

Sumber Gambar:

  • Wisata Wakatobi 01 – http://bit.ly/2Y7c0GK
  • TMN Wakatobi – http://bit.ly/2GxzBG2
  • Talaga Gua – http://bit.ly/2K2vUco
  • Roma – http://bit.ly/2JTmAss
  • Pantai Tanduno – http://bit.ly/2MgWdhM
  • Air Terjun Moramo – http://bit.ly/2LIBx2C
  • Desa Pajam – http://bit.ly/2GuWz0a
  • Puncak Jamaraka – http://bit.ly/2LIU52w
  • TN Rawa Aopa Watumohai – http://bit.ly/2SK3843
  • Bukit Kayangan – http://bit.ly/2K2JQD8
  • Desa Liya Togo – http://bit.ly/2SP0VVf

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG