4 Keuntungan Berinvestasi Properti

4 Keuntungan Berinvestasi Properti menurut Robert T. Kiyosaki akan di bahas dalam artikel kali ini. Perencana keuangan independen Finansialku tertarik berbagi keuntungan-keuntungan berinvestasi properti. Sobat Finansialku ada yang tahu keuntungan apa saja yang bisa kita dapat, jika berinvestasi properti?

 

rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

4 Keuntungan Berinvestasi Properti

Menurut Robert T. Kiyosaki jika kita berinvestasi pada properti, maka kita akan mendapatakan 4 potensi keuntungan yaitu cash flow, capital gain, apresiasi dan depresiasi. Berikut ini penjelasannya.

 

Cash Flow jika Berinvestasi Properti

Sobat Finansialku tentunya pernah mendengar kata cash flow atau arus kas. Cash flow bisa didapat jika ada uang masuk setiap periode, misal uang kos bulanan, uang sewa tahunan dan lain sebagainya. Intinya properti disewakan atau dikontrakan (property for rent).

 

Capital Gain jika Berinvestasi Properti

Capital gain atau keuntungan atas modal didapat jika seseorang menjual properti lebih tinggi daripada harga pada saat membelinya. Contoh seseorang membeli rumah seharga Rp 750.000.000 setelah 5 tahun, rumah tersebut dijual dengan harga Rp 1.000.000.000. Maka capital gain yang didapat sebesar Rp 250.000.000.

 

4 Keuntungan Berinvestasi Properti - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Property Investment – http://goo.gl/PQpu2H

 

Depresiasi jika Berinvestasi Properti

Depresiasi dalam akuntansi adalah berkurangnya nilai buku atas suatu asset. Contoh sebuah bangunan rumah 100m, dengan harga 3.000.000/m. Kurang lebih Rp 300 juta. Bangunan rumah akan mengalami penurunan harga (nilai buku), karena adanya faktor usia asset dan lain sebagainya. Depresiasi berlaku jika seseorang berinvestasi atas nama perusahaan berbadan hukum. Keuntungan depresiasi jika berinvestasi properti, umumnya diterapkan pada perusahaan berbadan hukum (PT atau CV).

 

Apresiasi jika Berinvestasi Properti

Apresiasi memiliki kemiripan dengan Capital gain yaitu adanya kenaikan harga. Perbedaanya Capital Gain didapat jika Anda menjual properti, sedangkan apreasiasi didapat jika Anda mengajukan kredit atau refinancing.

Contoh seseorang membeli rumah seharga Rp 750.000.000. Setelah 5 tahun, Anda mengajukan kredit baru dengan agunan rumah tersebut. Bank melakukan penilaian bahwa rumah tersebut bernilah Rp 1.000.000.000. Maka apresiasi yang didapat sebesar Rp 250.000.000.

 

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas 4 keuntungan jika seseorang berinvestasi property adalah:

  1. Capital Gain
  2. Cash Flow
  3. Apresiasi
  4. Depresiasi

 

Apakah sobat Finansialku tahu, keuntungan lainnya jika kita berinvestasi properti?

 

Sumber: Properti Investment – http://goo.gl/PQpu2H

 

Download Slide Kecerdasan Keuangan Keluarga

Download Sekarang

 

 

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment