6 Jurus Sakti, Langkah Menyelamatkan Keuangan Keluarga

Apa saja yang harus Anda lakukan untuk menyelamatkan kondisi keuangan keluarga? Berikut ini salah satu rekan Finansialku.com, akan menjelaskan 6 jurus sakti yang dapat meneyelamatkan keuangan keluarga Anda.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh

Bareksa Logo

 

Baca dan Praktekan 6 Jurus Sakti Menyelamatkan Keuangan Keluarga

Banyak hal terjadi dengan keuangan keluarga Anda sepanjang tahun lalu. Tentu saja Anda adalah orang yang ingin maju dan sukses, terbukti Anda mau mencari tahu apa saja yang harus dilakukan untuk menyelematkan keuangan keluarga Anda. Berikut ini artikel dari Bareksa.com yang melansir US news Money mengenai 6 jurus sakti, yang dapat menyelamatkan keuangan keluarga Anda.

 

Jurus 1: Pastikan Anda Memiliki dan Menjalankan Rencana Keuangan

Jurus pertama yang harus Anda lakukan adalah miliki rencana keuangan. Rencana keuangan memiliki banyak fungsinya, salah satunya mempermudah Anda untuk mewujudkan tujuan-tujuan keuangan. 

6 Jurus Sakti, Langkah Menyelamatkan Keuangan Keluarga - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Tanpa Rencana Keuangan, TujuanMu Hanya Harapan Semu]

 

Tidak berhenti pada memiliki rencana keuangan, tetapi rencana tersebut harus dijalankan dengan benar. Lakukan review secara berkala dan segera wujudkan tujuan keuangan Anda.

 

Jurus 2: Segera Tingkatkan Saldo Tabungan Anda

Jurus kedua adalah tingkatkan jumlah saldo tabungan, sesuai dengan kebutuhan dana darurat (emergency fund) Anda. Jangan kurang juga jangan berlebih. Dana darurat ini sangat penting, jika terjadi kondisi-kondisi darurat yang harus membutuhkan dana cepat. Dana darurat dapat menghindarkan Anda dari utang konsumtif yang seharusnya tidak diperlukan.

 

Jurus 3: Jangan Lupa Investasi Otomatis: Fitur Autodebet

Jurus ketiga yang tidak boleh Anda sepelekan. Segera mulai berinvestasi sesuai dengan rencana keuangan yang sudah Anda buat. Biar ga ribet, investasi dapat juga dilakukan secara online dan dengan menggunakan fitur autodebet (Dollar Cost Averaging). Sekedar info investasi reksa dana saat ini dapat dilakukan secara online, artinya Anda tidak perlu repot datang ke bank atau perusahaan sekuritas. Cukup buka browser dan segera bertransaksi reksa dana.

[Baca Juga: Cara Investasi Reksadana Online di Indonesia]

 

Jurus 4: Mulai Cek – Rechek Arus Kas (Cashflow) Keluarga

Jurus keempat, atur kembali arus kas atau uang keluar masuk. Jangan sampai Anda besar pasak daripada tiang, terlebih jika sumber pendapatan Anda hanya berasal dari gaji. Itu sangat TIDAK AMAN. Oleh sebab itu kurangi pengeluaran-pengeluaran yang dirasa kurang perlu, berhemat sebisanya dan tambah sumber penghasilan.

 

[Baca Juga: Tambah Sumber Pemasukan Anda / Multiple Streams of Income]

 

Jurus 5: Bayar dan Lunasi Utang Anda

Apakah Anda masih memiliki sisa utang yang harus dibayar? KPR? KTA? Kartu Kredit? Kredit kendaraan? Segera bayar dan lunasi (jika ada). Jangan menunda atau menggunakan sistem gali lubang tutup lubang. Buat daftar utang, kemudian bayar utang dengan bunga tertinggi. Jangan menggunakan kartu kredit untuk berutang, karena bunga yang sangat tinggi.

 

Jurus 6: Disiplin dalam Membayar Tagihan

Jurus terakhir yaitu disiplin dalam membayar tagihan-tagihan bulanan. Jangan sampai telat bayar karena bisa terkena denda. Daripada bayar denda, uangnya dapat Anda investasikan untuk segera mewujudkan tujuan keuangan Anda.

 

Jadi, Setujukah Anda Jangan Cuma Baca tapi Juga Dipraktekkan?

Daripada banyak teori tetapi ga ada aksi (no action talk only), yuk kasih tau artikel ini keteman-teman dan saudara. Langsung terapkan juga 6 Jurus Sakti untuk menyelamatkan keuangan keluarga Anda: mulai buat rencana keuangan, mulai menambah tabungan per bulan, daftar untuk investasi autodebet, cek lagi arus kas keluarga, bayar lunas utang-utang dan disiplin bayar tagihan. Jangan nanti-nati lagi, ayo sekarang.

 

Kapan Anda akan mempraktekkan 6 jurus sakti, menyelamatkan keuangan keluarga Anda?

 

 

Sumber:

  • Alfin Tofler. Senin, 04 Januari 2016 12:28:10 WIB. 6 Hal yang harus dilakukan untuk Membuat Keuangan Anda Lebih Cerah pada 2016. Bareksa.com – http://goo.gl/JfFKQR

 

Sumber Gambar

  • Martial art – http://goo.gl/I479B4

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

By | 2016-11-01T10:09:12+00:00 January 5th, 2016|Categories: Keuangan Keluarga, Perencana Keuangan|Tags: , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download