Apa saja yang harus dilakukan sebelum menutup kartu kredit? Salah satu rekan dari Finansialku.com akan berbagi 7 hal penting yang harus Anda lakukan sebelum menutup kartu kredit. Apa saja itu?

 

Artikel ini dipersembahkan oleh rekan:

DuitPintar

 

7 Hal Penting Sebelum Menutup Kartu Kredit

Kartu kredit pada dasarnya alat bantu pembayaran yang paling banyak memberikan keuntungan. Permasalahan hadir jika kita sebagai pemilik kartu kredit tidak dapat menggunakan dengan bijak

 

7 Hal Penting Sebelum Menutup Kartu Kredit - Perencana Keuangan Independen Finansialku[Lihat Infografis: Kartu Kredit – “U” itu “Untung” bukan “Utang”]

 

Kalau Anda sudah tidak bisa mengontrol penggunaan kartu kredit, ada baiknya Anda menutup kartu kredit. Menutup kartu kredit sebenarnya tidak sulit, tetapi perlu perhatian ekstra. Seseorang yang memotong kartu kredit, bukan berarti menutup kartu kredit ya. Kita sebagai konsumen harus paham hal penting yang harus dilakukan saat akan menutup kartu kredit, agar tidak rugi dikemudian hari.

 

#1 Datangi Bank Penerbit Kartu Kredit

Langkah pertama yang harus kita lakukan saat menutup kartu kredit adalah datangi bank yang menerbitkan kartu kredit. Tanyakan prosedur dan minta tolong dibantu untuk proses penutupan kartu kredit.

Saya saat ini sangat sibuk, bagaimana kalau melalui telepon saja? Banyak kejadian, ketika kita menutup kartu kredit melalui telepon, sering dipingpong (telepon sana – sini) dan penjelasannya kurang jelas.

 

#2 Lunasi Sisa Cicilan

Jika Anda masih memiliki cicilan, Anda harus menyelesaikan kewajiban Anda terlebih dahulu. Lunasi sisa cicilan yang ada. Jangan sampai cicilan Anda dianggap utang jelek (bad debts) dan tersimpan dalam daftar hitam (blacklist) BI.

  [Baca Juga: Masih Galau, Masuk Blacklist BI atau Tidak?]

 

#3 Minta Kejelasan Terkait Annual Fee

Salah satu gunanya datang ke bank adalah untuk minta tolong dicarikan info terkait kejelasan terkait biaya tahunan (annual fee). Ada beberapa kartu kredit yang mengenakan biaya tahunan, setelah jalan tahun pertama. Nah oleh sebab itu Kita sebagai konsumen berkewajiban untuk mencari tahu berapa biaya tahunan yang belum terbayar dan lunasi.

 

#4 Lunasi Bunga (jika ada)

Bagi orang-orang yang suka utang dengan kartu kredit, Anda berkewajiban melunasi bunga utang, sebelum Anda akan menutup kartu kredit. Ya iya donk itu kewajiban yang harus dilunasi.

 

[Baca Juga: Mengapa Anda Harus Menggunting Kartu Kredit?]

 

#5 Habiskan Reward

Tahukahh Anda kartu kredit memiliki poin reward. Kalau ga mau rugi, habiskan saja poin reward di kartu kredit sebelum menutup kartu kredit. Gunakan poin reward untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan, misal Anda dpat menggunakan poin reward untuk belanja bulanan di supermarket.

 

#6 Minta Pembatalan Pembayaran Otomatis

Seperti yang dijelaskan di atas, kartu kredit adalah alat pembayaran yang paling simpel. Coba cek pembayaran-pembayaran otomatis melalui kartu kredit, misal listrik, telepon, air, tv kabel dan lain sebagainya. Kalau Anda mau menutup kartu kredit, pastikan Anda sudah membatalkan pembayaran otomatis.

 

#7 Minta Bukti-Bukti Telah Menutup Kartu Kredit

Langkah terakhir setelah menutup kartu kredit adalah meminta bukti-bukti menutup kartu kredit. Simpan bukti-bukti tersebut dengan rapi. Bukti tersebut dapat Anda jadikan pegangan, jika terjadi permasalahan terkait penutupan kartu kredit.

 

Kesimpulan

Jadi Anda sudah tahu kan 7 hal yang harus diperhatikan sebelum menutup kartu kredit:

  1. Datangi Bank Penerbit Kartu Kredit
  2. Lunasi Sisa Cicilan
  3. Minta Kejelasan Terkait Annual Fee
  4. Lunasi Bunga (jika ada)
  5. Habiskan Reward
  6. Minta Pembatalan Pembayaran Otomatis
  7. Minta Bukti-Bukti Telah Menutup Kartu Kredit

 

Apakah Anda pernah mengalami kesulitan saat akan menutup kartu kredit?

 

 

 

Image Credit:

  • Cutting Credit Card – http://goo.gl/T5QpnZ

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang