Apa Saja Keuntungan Membeli Rumah dengan KPR?

Apa saja sih keuntungan membeli rumah dengan KPR? Kali ini Finansialku akan membahas keuntungan membeli rumah dengan KPR.

 

Rubrik Finansialku

 Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

5 Keuntungan Membeli Rumah dengan KPR

Pembiayaan rumah dengan program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sangat membantu masyarakat. Coba saja Anda bayangkan, bagaimana cara seorang dengan penghasilan tetap, bisa membeli rumah. Rasanya cukup sulit ya, membeli rumah secara kontan. Bank sebagai institusi keuangan memberikan kemudahan kepada para nasabah untuk membeli rumah dengan KPR. Selain kemudahan tersebut apakah ada keuntungan lain membeli rumah dengan KPR?

 Apa Saja Keuntungan Membeli Rumah dengan KPR - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Hal-Hal yang Wajib Anda Tahu Saat Mengajukan KPR]

 

Keuntungan 1 Membeli Rumah dengan KPR: Tidak Perlu Uang Besar di Depan

Seperti yang Anda ketahui, harga rumah di kota-kota besar angkanya fantastis. Untuk rumah dengan luas sekitar 100m2 – 200m2, harga jualnya bisa mencapai Rp 1,5M – Rp 2M. Berikut ini data yang didapat dari website rumah123.com. Ternyata harga-harga rumah di kota besar, sudah cukup mahal.

 Hal-Hal yang Wajib Anda Tahu Saat Mengajukan KPR - Harga Rumah - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 (Sumber: Rumah123.com)

 

Harga rumah yang makin mahal diakibatkan karena adanya keseimbangan hukum permintaan dan penawaran. Jumlah tanahnya semakin sedikit, sedangkan jumlah penduduknya makin banyak, menyebabkan tanah menjadi semakin langka. Coba perhatikan, bagaimana kita bisa membeli rumah seharga Rp 1.350.000.000?  

Jika kita membeli rumah dengan KPR maka kita cukup menyiapkan uang muka sebesar 30% – 40% plus biaya-biaya tambahan. Hati-hati biaya tambahan tersebut harus dibayar di awal ya!

 5 Biaya KPR yang Sering Terlupakan  oleh Pemula - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 5 Biaya KPR yang Sering Terlupakan oleh Pemula]

 

Keuntungan 2 Membeli Rumah dengan KPR: Rumah Dapat Dipakai, Walaupun Belum Lunas

Keuntungan atau kemudahan membeli rumah dengan KPR adalah kita dapat menggunakan rumah, walaupun rumah tersebut belum lunas. Paling penting persyaratan KPR sudah dilengkapi, uang muka dan biaya-biaya sudah dibayarkan serta pengajuan KPR disetujui.

 

Keuntungan 3 Membeli Rumah dengan KPR:  Jaminan Legalitas

Nah ini keuntungan yang paling oke, tahukah Anda banyak sekali permasalahan yang terjadi pada saat jual beli rumah, property atau tanah. Mayoritas permasalahan terjadi karena legalitas rumah. Tahukah Anda, bahwa bank hanya memberikan fasilitas KPR jika legalitas rumah tersebut terjamin? Artinya bank hanya memberikan KPR jika ada sertifikat dan surat-surat yang sah.  Bank juga tentu akan melakukan pengecekan keabsahan sertifikat dan surat-surat tersebut.

[Baca Juga: 5 Jurus Memilih KPR yang Dapat Menghemat Cicilan]

 

Keuntungan 4 Membeli Rumah dengan KPR:  Pengembang Properti Terpercaya

Bank tidak akan sembarangan memberi fasilitas KPR. Kebanyakan bank bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan pengembang yang terpercaya. Artinya bank mengakui kualitas dan jaminan mutu dari pengembang. Apakah Anda pernah mendengar, ada perusahaan pengembang property yang gagal menyelesaikan bangunan, padahal para pembeli sudah membayarkan uang muka dan cicilan?

 

YouTube Courtesy, Tribun Jogja Official

 

Bank tentu saja sudah belajar dari pengalaman masa laud an mulai menyeleksi para pengembang properti. Secara tidak langsung, Anda mendapat keuntungan karena bank sudah membantu menyeleksi perusahaan pengembang properti.

 

Keuntungan 5 Membeli Rumah dengan KPR:  Terlindungi dari Musibah

Jika Anda membeli rumah dengan KPR, secara otomatis rumah Anda akan terlindungi dengan asuransi property. Anda perlu mengecek perlindungan apa saja yang diberikan kepada rumah, apakah cuma kebakaran atau FLEXAS.

[Baca Juga: Tips Memilih Asuransi Properti]

 

Jangan Bingung Saat Memilih KPR, karena …

Anda tentu mau kan membeli rumah dengan KPR? Ya jelas keuntungannya aja segitu banyak. Nah permasalahan kedua adalah, produk KPR di Indonesia itu banyak , banyakkk… Jangan heran terlebih dahulu, karena hampir semua bank di Indonesia menawarkan produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Saran kami adalah lakukan perbandingan antara penawaran KPR yang satu dengan yang lain. Anda tidak perlu datangi satu per satu bank, karena Anda dapat membandingkan langsung dari komputer Anda.

 

Persiapkan dan Rencanakan Pembelian Rumah Anda

Menurut ilmu perencanaan keuangan, pembelian rumah termasuk dalam pengeluaran besar (big spending) dan harus ada perencanaan keuangan yang mantap. Setidaknya jika saat ini Anda masih belum kebayang, Anda perlu berinvestasi untuk membiayai uang muka dan biaya-biaya di depan. Nah setelah itu Anda perlu memastikan agar cicilan bulanan, lebih kecil dari 30% pendapatan.

 

Apakah Anda sudah mulai berinvestasi untuk menyiapkan uang muka pembelian rumah?

 

Sumber Gambar:

  • Success – http://goo.gl/zlQTeP

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

  • Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

    Download Sekarang

     

 

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download