Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) adalah salah satu jenis dana pensiun yang ada di Indonesia. Perencana Keuangan Independen Finansialku akan membahas mengenai Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK).

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Apa itu Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)

Menurut undang-undang No.11 Tahun 1992 tentang Dana Pensiun, pengertian Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) adalah:

 

Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) adalah Dana Pensiun yang dibentuk oleh bank atau perusahaan asuransi jiwa untuk menyelenggarakan Program Pensiun Iuran Pasti bagi perorangan, baik karyawan maupun pekerja mandiri yang terpisah dari Dana Pensiun pemberi kerja bagi karyawan bank atau perusahaan asuransi jiwa yang bersangkutan.

 

Jika Kita ikut serta dalam program DPLK sudah pasti tipenya adalah program pensiun iuran pasti (defined contribution). Perusahaan yang menjual produk Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) adalah bank atau perusahaan asuransi jiwa. Kita akan bahas lebih lanjut mengenai bagaimana cara bergabung dengan DPLK pada bagian tanya jawab (di bawah).

Dana Pensiun di Indonesia - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Jadi DPLK ini ada kemiripan dengan program Jaminan Hari Tua – BPJS Ketenagakerjaan. Pendapatan kita dipotong kemudian dikelola oleh perusahaan penyelenggara Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) untuk memenuhi kebutuhan dana hari tua (uang pensiun) kita. Bedanya DPLK ini sifatnya tidak wajib, Anda bebas menentukan iuran kepesertaan dan lain sebagainya.

Loh emangnya tidak cukup hanya mengandalkan BPJS Ketenagakerjaan? Cukup atau tidak pada dasarnya tergantung pada orangnya. Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) ini lahir sebagai pelengkap instrument untuk kebutuhan dana hari tua Anda.

 

Apa saja Manfaat Bergabung dengan Program Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)?

Pada umumya dana pensiun lembaga keuangan (DPLK) mampu memberikan keuntungan kepada banyak pihak, khususnya perusahaan dan karyawan.

Manfaat untuk

Karyawan

Manfaat untuk

Perusahaan

Karyawan dapat memiliki pendapatan saat hari tua (pensiun).

Perusahaan tidak perlu repot mengelola

investasi untuk dana pensiun para karyawannya.

Dapat mengurangi pajak penghasilan (PPh21).*Dapat mengurangi pajak penghasilan badan (PPh25).
Memungkinkan untuk berbagi iuran dengan pemberi kerja.

Iurannya fleksibel dapat disesuaikan dengan

kondisi yang perusahaan.

Hasil investasi bebas pajak sampai dengan

manfaat program dibayarkan.

Dapat digunakan sebagai salah satu manfaat

atau penghargaan terhadap loyalitas dan kinerja karyawan.

 *Undang-Undang no 36 tahun 2008, tentang Perubahan keempat atas Undang-Undang nomor 7 tahun 1983 tentang pajak penghasilan (pasal 21).

 

Menjadi Peserta Program Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)

Kira-kira apa saja syarat untuk menjadi peserta DPLK? Pada dasarnya setiap orang (karyawan, pekerja mandiri, profesi, wiraswasta) dapat diterima menjadi peserta jika telah mempunyai penghasilan.

 

Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Selain perorangan DPLK juga memungkinkan untuk dibeli oleh perusahaan. Misal perusahaan tempat Anda tidak mau repot mengurus dana pensiun untuk karyawannya, perusahaan Anda dapat mendaftarkan karyawannya untuk program Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). Jika Anda didaftarkan oleh perusahaan tempat Anda bekerja, maka Anda termasuk  peserta pemberi kerja.

Agar dapat menjadi peserta program DPLK, Kita cukup mendatangi perusahaan penyelenggara Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK), mengisi formulir pendaftaran peserta, melampirkan kelengkapan dokumen dan menandatangani dokumen terkait peraturan-peraturan yang ada. Jangan lupa bayar juga iuran pertama (mengalihkan dana).

Sebagai bukti kita sudah menjadi peserta program Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) biasanya kita diberi kartu tanda peserta dan laporan saldo dana peserta. Beberapa perusahaan DPLK di Indonesia, menetapkan seseorang mulai menjadi peserta, sejak diterbitkannya kartu peserta. Kepesertaan akan berakhir jika manfaat pensiun sudah jatuh tempo atau beralih pada perusahaan lain.

 

Kesimpulan

Jadi Anda sudah mengenal salah satu jenis perusahaan dana pensiun yaitu Perusahaan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). Di Indonesia DPLK diselenggarakan oleh bank atau perusahaan asuransi jiwa. Jika Anda ingin merencanakan keuangan, terlebih persiapan dana hari tua, Anda dapat menghubungi Finansialku.

 

Jika saat ini Anda sedang memilih program pensiun, apakah Anda mau menggunakan program Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)?

 

Sumber: 

  • Undang-Undang no 11 tahun 1992, tentang Dana Pensiun.
  • Undang-Undang no 36 tahun 2008, tentang Perubahan Keempat atas Undang-Undang no 7 Tahun 1983 tentang Pajak Penghasilan.
  • Brosur Manulife – Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) – http://goo.gl/3cZfFj

 

Image Credit:

  • Retirement – http://goo.gl/UuJQmT