Delapan Kiat Berinvestasi Property ala Dolf de Roos

Delapan Kiat Berinvestasi Property ala Dolf de Roos berisi kiat berinvestasi property. Perencana Keuangan Independen Finansialku mengutip buku berjudul Real Estate Riches karya Dolf de Roos.

 

rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

8 Kiat Berinvestasi Property ala Dolf de Roos

Langsung saja, berikut 8 kiat berinvestasi property ala Dolf de Roos:

 

Buat Untung saat Membeli

Aturan pertama Dolf De Roos adalah selalu membuat untung pada saat membeli. Contoh seorang calon investor membeli property seharga Rp 2 M, dengan harga Rp 1,5M. Artinya investor tersebut mendapat untung pada saat membeli  (untung Rp 500 juta). Maka, Investasi Property Tidak Sama Dengan Cuma Beli Property.

 

Beli Property dari Penjual yang Berniat Menjual

Jika ingin berinvestasi property, kita harus membeli property hanya dari penjual yang berniat menjual. Semakin penjual berniat menjual, harga property umumnya semakin baik.

 

Jatuh Cinta pada Transaksinya bukan Propertinya

Kebanyakan orang yang berinvestasi property sering kali suka sama rumahnya atau propertynya dan lupa dari transaksinya. Harusnya ketika kita membeli property sebagai investor, kita harus fokus pada traksaksinya.

Delapan Kiat Berinvestasi Property ala Dolf de Roos - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Jangan Menyebutkan Angka Terlebih Dahulu

Salah satu ilmu negosiasi adalah jika ada 2 pihak atau lebih bernegosiasi, pemenangnya adalah orang yang memiliki lebih banyak data. Jika Anda mulai menyebutkan harga, maka pihak penjual akan memiliki data lebih banyak di banding Anda.

 

Jangan Ikut-Ikutan

Berinvestasi Property harus dijalankan sesuai dengan rencana, bukan hanya karena ikut-ikutan. Pastikan Anda memiliki rencana investasi yang terukur dan terarah agar Anda bertransaksi dengan benar.

 

Berusahalah Membeli dengan Tanpa atau Sedikit Uang Muka

Salah satu aturan investasi property dari Dolf de Roos adalah meminimalkan uang muka. Hal ini dapat meningkatkan ROI (return on investment) sekaligus uang tersebut dapat digunakan untuk investasi property yang lain.

 

Jarang-Jaranglah Menjual

Menurut Dolf de Roos, seorang investor sebisa mungkin tidak menjual propertynya. Jika memang sedang membutuhkan uang, seorang investor dapat menjadikan rumahnya agunan ke bank.

 

Transaksi Terbaik Sepanjang Dasawarsa Terjadi Seminggu Sekali

Aturan ke delapan adalah lakukan aturan 100:30:3:1 dalam investasi property. Dengan aturan tersebut kita berpotensi mendapatkan transaksi terbaik, setiap minggunya.

 

Sumber:

  • Ross, Dolf De. 2006. Real Estate Riches – Kiat Menjadi Kaya Menggunakan Uang Bankir Anda. Gramedia Pustaka Utama : Jakarta
  • Property Investment – http://goo.gl/WnQzT9

 

Download Slide Kecerdasan Keuangan Keluarga

Download Sekarang

Baca E-Magazines #IndonesianDreams

Edisi Mei 2015

Baca E Magazine Sekarang!

 

By | 2016-12-06T11:46:37+00:00 June 21st, 2015|Categories: Investasi, Properti, Real Asset|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download