Harga dari Setiap Rencana Masa Depan Keuangan Anda

Harga dari Setiap Rencana Masa Depan Keuangan Anda adalah berbeda, Kali ini Finansialku akan membahas rencana masa depan keuangan Anda dengan membagi menjadi 3 jenis rencana.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Diskusi Hangat

Finansialku pernah berdiskusi dengan seseorang yang mengatakan bahwa rencana keuangan itu tidak penting, yang paling penting adalah bebas keuangan. Diskusi berjalan alot dan tidak ditemukan jalan keluar, mana yang paling penting rencana keuangan atau bebas keuangan (financial freedom).

Artikel terkait: Planning untuk Bebas Keuangan Financial Freedom

 

Tiga Jenis Rencana Masa Depan Keuangan Anda

Pernyataan ini sempat dibahas oleh salah seorang penasihat keuangan Amerika bernama Robert T. Kiyosaki (dalam bukunya Guide to Investing). Beliau mengatakan terdapat tiga jenis rencana masa depan keuangan Anda, yaitu rencana untuk aman, rencana untuk nyaman dan rencana untuk kaya.

  • Rencana Aman berarti tujuan jangka pendek Anda (tujuan keuangan di bawah 1 tahun) dapat terpenuhi.
  • Rencana Nyaman berarti tujuan jangka menengah dan jangka panjang Anda dapat terpenuhi.
  • Rencana Kaya berarti Anda memiliki cukup banyak uang dan boleh dibilang mencapai titik bebas keuangan (financial freedom).

 

Ada sebuah joke yang mengatakan: Saya tidak ingin kaya, tapi saya ingin pas atau cukup saja. Mau beli rumah cukup uangnya, mau beli mobil cukup uangnya, mau menikah cukup uangnya, anak masuk sekolah cukup uangnya, apapun yang diinginkan selalu cukup uangnya.’

Harga dari Setiap Rencana Masa Depan Keuangan Anda - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Menurut Finansialku: rencana keuangan dibuat sesuai  dengan tujuan keuangan Anda: membeli rumah, membeli kendaraan, menikah, menyekolahkan anak, pensiun dan lainnya. Dengan perencanaan keuangan yang baik dan benar, Anda akan memiliki uang atau dana yang cukup untuk membeli tujuan-tujuan keuangan Anda. Hal ini tentu saja akan menimbulkan rasa aman dan nyaman.

 

Rencana Kaya

Rencana keuangan tidak dirancang untuk kaya, karena definisi kaya luas dan sulit terukur. Tetapi jika Kita ingin memiliki rencana kaya, maka kita harus berinvestasi pada WAKTU. Mempelajari segala sesuatu yang dibutuhkan untuk kaya dan menjalankannya.

Sebagai gambaran kita sebut saja definisi orang kaya itu, seperti Bill Gates pendiri Microsoft, Mark Zuckerberg pendiri Facebook, Jack Dorsey pendiri Twitter dan Drew Houston pendiri Dropbox. Mereka adalah sosok orang-orang yang mau belajar, berinvestasi pada waktu dan mau mencoba.

Pada awalnya mereka tidak berfokus menjadi kaya, tetapi membantu banyak orang di dunia dan menjadikan dunia ini lebih baik. Pengetahuan, pengalaman, mindset dan passion Mereka mendorong mereka menjadi sukses. Kekayaan adalah buah dari investasi WAKTU mereka, usaha dan kerja keras mereka.

Setelah Anda membaca ketiga kisah sukses anak-anak muda tersebut, Menurut Anda:

  • Jika kita meniru mereka akankah memiliki keberhasilan yang sama?
  • Mana yang lebih membutuhkan kerja keras: membuat rencana keuangan atau membuat rencana kaya?

 

Kesimpulan

Rencana masa depan keuangan Anda, dapat dikategorikan menjadi tiga yaitu rencan aman, rencana nyaman dan rencana kaya. Masing-masing memiliki tujuan yang berbeda. Sebuah rencana keuangan dirancang untuk membuat aman dan nyaman.

 

Apakah Anda sudah memiliki rencana masa depan keuangan Anda?

 

Sumber:

  • Plan A, B, C – http://goo.gl/yNUDLs

 

Download E-Book Apa Tujuan Keuangan Anda? (GRATIS)

Apa Tujuan Keuangan Anda Ebook - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

By | 2016-12-06T11:29:01+00:00 June 26th, 2015|Categories: #IndonesianDreams, Bisnis, Investasi|Tags: , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment