Formula MONEYTREE dibuat oleh Robert G. Allen untuk mencapai kesejahteraan keuangan. Kali ini perencana keuangan independen Finansialku akan membahas mengenai MONEYTREE Formula.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

FORMULA MONEYTREE

Pada artikel sebelumnya Finansialku pernah membahas lima bagian pertama dalam formula MONEYTREE. Dalam artikel berikut ini Finansialku akan membahas empat formula MONEYTREE. Apa saja itu?

 

Ikuti Rumus MONEYTREE dan Anda akan Sejahtera #2[Baca Juga: Formula MONEYTREE #1]

 

T – Trend and Timing

Rumusan pertama dalam MONEYTREE adalah Trend and Timing (tren an waktu). Percaya atau tidak ternyata banyak penghasilan tambahan yang booming pada saat-saat tertentu. Seperti contoh beberapa waktu yang lalu Indonesia sedang kaget dengan batu akik. Fenomena batu akik tersebut memang termasuk dalam trend, tetapi tren batu akik tidak berlangsung lama.

 

[Baca Juga: Apakah Batu Akik termasuk Produk Investasi?]

 

Diperkirakan dengan kemudahan teknologi internet, orang-orang cenderung akan beralih ke belanja online. Nah tidak ada salahnya Anda mulai melek dengan internet dan buat toko online Anda. Setidaknya Anda dapat bergabung dalam website-website penyedia lapak online, contoh bukalapak.com, tokopedia, olx dan lain sebagainya.

 

R – Residual Income

Rumusan kedua dalam MONEYTREE adalah residual income atau pendapatan residual. Robert G. Allen dalam bukunya yang berjudul multiple income of streams, menjelaskan dengan detil perbedaan antara linear income dan residual income. Robert menggaris bawahi, sebisa mungkin perbesar residual income.

 

[Baca Juga: Mengenal Residual Income untuk Karyawan]

 

E – Essential to Everybody and Everyday

Rumusan ketiga dalam MONEYTREE adalah Essentials to Everybody and Everyday. Robert G. Allen mengatakan salah satu jenis bisnis yang berumur panjang adalah bisnis yang dibutuhkan oleh setiap orang dan sepanjang waktu. Apa saja jenis-jenis bisnis tersebut? Paling gampang adalah bisnis di kebutuhan pokok manusia, sandang, pangan dan papan.

 

E – Enthusiasm

Rumusan keempat dalam MONEYTREE adalah Enthusiast atau antusias dengan apa yang Anda kerjakan. Kata antusias, dapat diartikan kita mencintai apa yang kita kerjakan dan kita mengerjakan apa yang kita cintai.

 

[Baca Juga: Bekerja Sesuai dengan Passion?]

 

Jadi jika Anda memiliki passion di bidang fotografi, kenapa tidak mencari tambahan penghasilan dari fotografi. Banyak hal yang dapat dilakukan dengan fotografi, misal menjual foto hasil jepretan, membuat website tentang fotografi, memberikan tutorial online di YouTube untuk mendapatkan penghasilan dari iklan, menjadi reseller produk kamera dan lain sebagainya.

 

Kesimpulan

Jadi dalam bagian ini, kita membahas empat bagian dari MONEYTREE formula ciptaan Robert G. Allen. Rumusan pertama adalah trend, penghasilan residual (residual income), penting untuk setiap orang dan setiap hari (essential to everybody and everyday) serta antusiasme (enthusiasm).

 

Menurut Anda: Jika Anda diminta untuk memulai usaha baru sesuai dengan passion atau hobi Anda, bisnis apa yang akan Anda jalankan?

 

Sumber Buku:

  • Robert G. Allen. 2005. Multiple Income of Streams. John Wiley & Sons  – New Jersey.

 

Image Credit:

  • MoneyTree – http://goo.gl/RAc5ck

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang