Kelas Menengah Indonesia adalah Investor Keuangan Baru

Kelas menengah Indonesia adalah investor keuangan baru. Pertumbuhan kelas menengah Indonesia memiliki banyak dampak positif, salah satunya sebagai accelerator pertumbuhan sektor keuangan, seperti pasar modal. Perencana keuangan independen Finansialku mengutip berita yang ada di situs resmi OJK mengincar kelas menengah Indonesia untuk menjadi investor baru.

. 

Rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Kelas Menengah Indonesia adalah Investor Keuangan Baru

Pada artikel-artikel sebelumnya Finansialku pernah membahas wajah kelas menengah Indonesia. Salah satu tantangan yang dihadapi kelas menengah Indonesia adalah mereka memiliki banyak tujuan-tujuan keuangan atau mimpi kelas menengah Indonesia – #IndonesianDreams. Menurut Finansialku OJK menyadari adanya kebutuhan warga kelas menengah untuk dapat memenuhi tujuan keuangan dengan investasi. OJK sebagai otoritas mengambi banyak kebijakan dan membuat peraturan.

 

Logo OJK Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

 

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) optimis bahwa kelas menengah Indonesia bisa menjadi investor keuangan baru. Menurut situs resmi OJK, pemerintah melalui OJK akan mengincar segmen kelas menengah yang masih minim pengetahuan berinvestasi khususnya pasar modal.

Warga kelas menengah di Indonesia termasuk ke dalam kelompok masyarakat yang lebih konsumtif atau royal dalam gaya hidupnya. Mengapa demikian? Finansialku menduga karena warga kelas menengah memiliki disposable income (disposable income= pendapatan – pajak – pengeluaran pribadi) yang cukup besar.  Kemana saja sisa uang itu, kalau tidak dibelanjakan. Perbedaannya ada orang yang berbelanja untuk kebutuhan konsumtif ada orang yang berbelanja untuk kebutuhan produktif atau masa depan (membeli produk-produk keuangan).

Disposable Income

untuk Berbelanja

Kelas Menengah Indonesia adalah Investor Keuangan Baru - Disposable Income Pengeluaran Buruk Berbelanja - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Disposable Income

untuk Menabung dan Berinvestasi

Kelas Menengah Indonesia adalah Investor Keuangan Baru - Disposable Income Pengeluaran Baik Menabung dan Berinvestasi - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Ternyata jumlah investor saham di Indonesia masih relative kecil. Salah satunya adalah porsi kepemilikan asing yang masih mendominasi. OJK melihat bahwa mereka mampu memberikan pengetahuan, sosialisasi dan edukasi keuangan sejak usia dini. Hal ini bertujuan untuk membentuk kebiasaan (habits) untuk menabung dan berinvestasi.

 

Kesimpulan

Kelas menengah di Indonesia menjadi salah satu berkah buat Indonesia. Banyak Negara maju di dunia berasal dari melonjaknya kelas menengah dan kemudian Negara tersebut mulai menjadi Negara maju (asalkan jangan terjebak dengan jebakan kelas menengah). Kelas menengah Indonesia apapun itu performer, aspirator, climber, expert, flow-er, settler, follower atau trendsetter pasti memiliki mimpi dan tujuan keuangan. Finansialku akan membahas lebih lanjut mengenai jebakan kelas menengah dan mimpi kelas menengah Indonesia #IndonesianDreams.

 

Sumber

Website

  • 2012. OJK Incar Kelas Menengah Jadi Investor Keuangan. Website resmi OJK: http://www.ojk.go.id/ojk-incar-kelas-menengah-jadi-investor-keuangan.

 

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan

dan ayo mulai menetapkan tujuan keuangan Anda! 

Ebook Perencanaan Keuangan (Menetapkan Tujuan dan Mewujudkannya)

Download Sekarang

 

Baca E-Magazines #IndonesianDreams

Edisi Januari 2015

Baca E Magazine Sekarang!

 

 

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment