Program Pensiun di Indonesia dibedakan menjadi dua jenis, yaitu program pensiun iuran pasti dan program pensiun manfaat pasti. Perencana Keuangan Independen Finansialku akan menjelaskan lebih detil mengenai program pensiun iuran pasti.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Dua Jenis Program Pensiun: Iuran Pasti dan Manfaat Pasti

Program pensiun di Indonesia dibedakan menjadi dua jenis yaitu iuran pasti dan manfaat pasti. Perbedaan keduanya kelihatan sederhana, tetapi menimbulkan dampak yang sangat besar. Finansialku akan menjelaskan perbedaan keduanya pada artikel terpisah. Kali ini Finansialku hanya akan membahas program pensiun iuran pasti.

 

Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP)

Program pensiun iuran pasti – PPIP atau dalam bahasa Inggrisnya disebut defined contribution adalah manfaat pensiun yang didapatkan tergantung pada akumulasi iuran dan hasil investasi.

 

Definisi Program pensiun iuran pasti menurut OJK:

Program Pensiun Iuran Pasti adalah program pensiun yang iurannya ditetapkan dalam Peraturan Dana Pensiun dan seluruh iuran serta hasil pengembangannya dibukukan pada rekening masing-masing Peserta sebagai Manfaat Pensiun.

 

Intinya: kita iuran atau menginvestasikan sejumlah dana kepada pengelola, dan pensiun (perusahaan tempat bekerja atau lembaga keuangan). Dana tersebut kemudian dikelola dalam produk-produk investasi. Dana tersebut diinvestasikan pada produk investasi (pasar uang dan/atau pasar modal) serta aset real. Aturan investasi Dana Pensiun menyelenggarakan Program Pensiun Iuran Pasti, ditetapkan oleh pendiri bersama dewan pengawas.

Program Pensiun Iuran Pasti - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Jadi jika Anda memilih program pensiun iuran pasti, manfaat pensiun yang didapat tidak dijamin. Jika hasil investasi bagus, maka dana yang didapat juga besar, sebaliknya jika investasi sedang kurang bagus, maka dana yang didapat juga tidak maksimal. Keuntungannya adalah: investasi jangka panjang relatif (pada umumnya) memberikan hasil yang cukup baik.

Pada program pensiun PPIP, jika terjadi risiko investasi, risiko tersebut sepenuhnya ditanggung oleh peserta. Perusahaan tidak berkewajiban dan tidak akan pernah berjanji untuk mengganti kerugian.

Dasar hukum yang mengatur program pensiun  adalah UU no 11 tahun 1992 tentang Dana Pensiun. Di dalamnya juga diatur program pensiun iuran pasti.

 

Keuntungan dan Kerugian Program Pensiun Iuran Pasti

Manfaat pensiun berupa akumulasi iuran beserta hasil pengembangannya. Jika pensiunan meninggal dunia, manfaat pensiun yang dibayarkan kepada janda/duda yang sah tidak boleh kurang dari haknya berdasarkan pilihan bentuk anuitas.

Jika peserta meninggal dunia sebelum dimulainya pembayaran pensiun, maka manfaat pensiun yang dibayarkan kepada janda/duda yang sah adalah sebesar 100% (seratus perseratus) dari jumlah yang seharusnya menjadi hak peserta apabila orang tersebut berhenti bekerja.

Jika Anda memilih program pensiun iuran pasti, minimum 3 tahun jadi peserta dan belum mencapai usia pensiun dipercepat, Anda berhak atas jumlah iuran Anda sendiri dan iuran pemberi kerja beserta hasil pengembangannya yang harus dipergunakan untuk memperoleh pensiun ditunda.

 

Konsekuensi jika Anda menggunakan program pensiun iuran pasti adalah:

 

Keuntungan:

  • Jumlah iuran yang dibayar oleh perusahaan pasti, sehingga dapat lebih terukur dan terencana.
  • Anda juga tidak perlu repot menentukan besaran iurannya.
  • Kalau untung manfaat pensiun yang diterima lebih banyak.

Kerugian:

  • Manfaat pensiun tidak pasti, sesuai performansi investasi.
  • Kalau rugi manfaat pensiun yang diterima lebih sedikit.

 

 

 

Kesimpulan

Pelajari terlebih dahulu program pensiun iuran pasti sebelum mengikutinya. Jika perusahaan tempat Anda bekerja menggunakan program pensiun iuran pasti, Anda wajib ikut serta. Jika perusahaan Anda tidak memiliki program pensiun, Anda dapat membeli program pensiun iuran pasti melalui lembaga keuangan: asuransi jiwa atau bank.

 

Jika saat ini Anda sedang memilih program pensiun, apakah Anda mau memilih program pensiun iuran pasti?

 

Image Credit:

  • Retirement – http://goo.gl/UuJQmT

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

Subscribe Finansialku

dan dapatkan update mengenai

kelas menengah Indonesia, Indonesian Dreams dan Perencanaan Keuangan

[formcraft id=’4′]

Follow Finansialku

dan ikuti diskusinya di

[/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]