Perbedaan Utang Baik dan Utang Buruk

Perbedaaan Utang Baik dan Utang Buruk terletak pada fungsi utang dan pengaruh utang tersebut terhadap kondisi keuangan keluarga. Perencana keuangan independen Finansialku akan membahas lebih lengkap mengenai perbedaan utang baik dan utang buruk.

 

rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Perbedaan Utang Baik dan Utang Buruk

Teman-teman pembaca, tidak selamanya utang kartu kredit termasuk utang buruk. Tidak selamanya utang KPR termasuk utang baik. Nah lho, apa perbedaan untung baik dan utang buruk?

Perbedaan Utang Baik dan Utang Buruk - Perbedaan Utang Produktif dan Utang Konsumtif - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Rasanya agak susah hidup tanpa utang, terutama di kota-kota besar. Ada handphone baru, cicilan kartu kredit sudah tersedia. Mau pergi liburan ada cicilan buat 12 bulan. Mau olahraga ada cicilan buat membership gym. Nah lho kok banyak sekali tawarannya? Sebenarnya cicilan – cicilan itu utang baik atau utang buruk? 

Oke kita definisikan utang baik dan utang buruk. Utang baik beda ya sama utang produktif. Utang buruk juga beda lho sama utang konsumtif. Utang konsumtif bisa aja jadi utang baik, dengan syarat dan ketentuan berlaku. Definisi utang baik dan utang buruk dilihat dari sudut pandang:

  1. Tujuan berutang: Kebutuhan (Needs) vs Keinginan (Wants)
  2. Kemampuan untuk membayar utang (Sehat, jika cicilan bulanan di bawah 30% pendapatan).

 

Berikut ini ilustrasi perbedaan utang baik dan utang buruk: 

Utang baik itu jika Anda berutang untuk membeli sesuatu yang Anda butuhkan (bukan yang Anda inginkan), tanpa harus menghabiskan dana darurat, dan melikuidasi (menjual) investasi. Contoh Pak Ronald memiliki sebuah rumah baru, dan beliau membutuhkan beberapa perabot baru. Beliau menggunakan cicilan kartu kredit dengan bunga 0%. Jika dihitung-hitung cicilan bulanan Pak Ronald kurang lebih 20% gaji bulanannya.

Utang buruk itu jika Anda berutang untuk membeli sesuatu yang Anda inginkan, lapar mata, membeli sesuatu yang tidak berguna, membeli sesuatu untuk gengsi, pamer dan berada diluar kemampuan untuk membayar utang. Contoh Pak Donald melihat ada pameran gadget terbaru. Beliau memutuskan untuk membeli smartphone terbaru (padahal saat ini Pak Donald sudah pake smartphone baru). Sebenarnya pak Donald ga butuh-butuh amat smartphone terbaru, tapi karena merk dan gengsi ya apa boleh buat. Pak Donald menggunakan cicilan kartu kredit dengan bunga 0%. Jika dihitung-hitung cicilan bulanan Pak Donald untuk smartphone terbarunya kurang lebih 40% gaji bulanannya.

 

Utang Produktif itu Pasti Uang Baik

Nah jika dilihat dari definisinya utang produktif itu pasti utang baik. Ingat lho definisi utang produktif adalah saya yang utang, orang lain yang bayar. Misal seorang entrepreneur membeli waralaba lewat skema utang. Keuntungan dari waralaba ternyata lebih besar dari pengeluaran bulanan dan cicilan bulanan. Nah kalo ini namanya utang produktif dan utang sehat.

 

Utang Konsumtif Belum Tentu Utang Buruk

Utang konsumtif adalah utang yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan dan/atau keinginan. Misal contoh Pak Ronald yang membeli perabot. Utang pak Ronald termasuk utang konsumtif tapi utang baik.

 

Kesimpulan

Nah Sobat Finansialku sudah bisa kan membedakan utang baik dan utang buruk, berikut ini kesimpulannya:

Perbedaan Utang Baik dan Utang Buruk - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Sumber Gambar:

  • Good Debt and Bad Debt. http://goo.gl/qBQKg5
  • Good Debt vs Bad Debt. http://goo.gl/LV2I1E

 

Download Slide Kecerdasan Keuangan Keluarga

Download Sekarang

 

Baca E-Magazines #IndonesianDreams

Edisi April 2015

Baca E Magazine Sekarang!

 

Subscribe Finansialku

dan dapatkan update mengenai

kelas menengah Indonesia, Indonesian Dreams dan Perencanaan Keuangan

 

[formcraft id=’4′]

 

 

By | 2016-12-05T14:07:29+00:00 April 25th, 2015|Categories: #IndonesianDreams, Utang|Tags: , , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment