Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an akan dibahas lebih detil oleh Perencana Keuangan Independen Finansialku. Dalam artikel kali ini Finansialku akan membahas 5 dari 10 tips perencanaan keuangan untuk umur 20 an.

 

Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Berikut ini 5 hal mengenai perencanaan keuangan untuk umur 20 an, terkait dengan mengelola arus kas, rencana keuangan dan disiplin dalam mengelola dokumen.

 

Membuat Anggaran dan Catatan Keuangan

Perencanaan keuangan untuk umur 20 an yang penting adalah membuat anggaran pengeluaran dan memiliki catatan keuangan.

  • Siapa disini yang membuat anggaran dan catatan keuangan?
  • Berapa banyak uang yang Anda tabung setiap bulannya?
  • Berapa banyak pengeluaran Anda untuk hangout bersama teman-teman?

 

Pertanyaan di atas hanya bisa di jawab oleh teman-teman yang punya catatan keuangan dan anggaran. Kalau Anda belum bisa menjawab, sudah saatnya Anda membuat catatan keuangan dan anggaran.

 Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Saat ini Finansialku sedang mengembangkan sebuah aplikasi berbasiskan website, untuk membantu Anda membuat anggaran dan catatan keuangan. Sebenarnya pertanyaannya bukan dimana Anda mencatat, tetapi seberapa sering Anda mencatat? Apakah Anda memiliki komitmen kuat untuk tetap mencatat? Apakah Anda disiplin dalam mencatat keuangan?

 

“U” untuk Untung, bukan untuk Utang

Orang-orang usia 20 an sangat rentan dengan bujuk rayu CICILAN ini itu, tawaran KARTU KREDIT ini itu, dengan tawaran untung diskon makan disini, diskon belanja disana dan lain sebagainya. Alih-alih UNTUNG malah BUNTUNG, gaji tidak bisa digunakan untuk hidup sebulan. Hidup dari utang ke utang.

 

Utang Konsumtif dalam Keuangan Keluarga

 

Karena Anda masih muda, mulailah menggunakan utang dan kartu kredit dengan bijak agar lebih UNTUNG. Jangan sampai kita lepas kontrol dan menggunakan kartu kredit tidak dengan bijak.

 

Kebiasaan Berbelanja dan Mengembangkan Diri

Apakah Anda pernah memperhatikan kebiasaan Anda berbelanja? Apakah barang-barang yang Anda beli saat ini ada yang bermanfaat untuk masa depan? Misal membeli produk-produk investasi: logam mulia, reksa dana, saham? Membeli buku, seminar dan pelatihan?

Dalam perencanaan keuangan, terdapat aturan untuk menginvestasikan atau menabungkan MINIMAL 20% pendapatan (ingat angka tersebut adalah angka paling kecil!!). Sudahkah Anda menabungkan atau berinvestasi MINIMAL 20% pendapatan? Jika belum, coba mulai dari sekarang.

 Mengelola Arus Kas Keluarga - Cash Flow Keluarga - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Finansialku menerapkan aturan 5% untuk pengembangan diri. Semua orang, tentu saja termasuk Anda ingin menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Misal badan lebih proposional, memiliki soft skill A, B, C, mampu memainkan alat-alat musik, memiliki kondisi keuangan yang lebih baik dan lain sebagainya. Oleh sebab itu:

Anggarkan 5% pendapatan tahunan untuk mengembangkan diri.

 

Artikel terkait: Mengelola Cash Flow Rumah Tangga

 

Mengelola Dokumen Keuangan

Simpan dokumen-dokumen keuangan Anda dengan cara yang rapi. Hal ini bertujuan agar Anda dapat memonitor data-data keuangan, seperti laporan hasil investasi, polis asuransi, dokumen pajak dan lain sebagainya.

 

Menyimpan Dokumen Keuangan Keluarga - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Artikel terkait: Menyimpan Dokumen Keuangan Keluarga

 

Memiliki Rencana Keuangan

3

Setiap orang yang mengelola keuangan untuk dirinya sendiri atau keluarganya perlu RENCANA KEUANGAN. Apa aja isi perencanaan keuangan untuk umur 20 an?

  1. Pertama perencanaan arus kas, utang dan dana darurat.
  2. Kedua perencananaan keubutuhan asuransi dan manajemen risiko.
  3. Ketiga perencanaan tujuan-tujuan keuangan, seperti persiapan untuk menikah, punya rumah dan berkeluarga, serta rencana dana hari tua (pensiun).

Jika Anda belum memiliki rencana keuangan? Sudah saatnya Anda memilikinya segera. Rencana Keuangan akan membantu Anda mengelola masa depan keuangan.

 

 

Sumber:

Financial Planning for 20s – http://goo.gl/RjTOXb

 

Download E-Book Apa Tujuan Keuangan Anda? (GRATIS)

Apa Tujuan Keuangan Anda Ebook - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

Subscribe Finansialku

dan dapatkan update mengenai

kelas menengah Indonesia, Indonesian Dreams dan Perencanaan Keuangan

[formcraft id=’4′]

 

Follow Finansialku

dan ikuti diskusinya di

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment