Pernahkah Anda bergabung dengan program Arisan Berantai ? Mungkin Anda asing dengan istilah arisan berantai,  tetapi Anda mengenal kan program MMM? Kali ini Finansialku.com akan membahas munculnya arisan berantai versi terbaru.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Hati-Hati Muncul Lagi Arisan Berantai

Dalam beberapa pekan terakhir di Indonesia, khususnya kota-kota besar telah muncul program arisan berantai atau bahasa kerennya social financial networking. Mungkin dulu Anda pernah mengenal istilah MMM (Manusia Membantu Manusia) yang pernah sempat heboh.

 

Program Arisan Berantai Bukan Produk Investasi - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca juga: OJK Menutup Situs MMM]

 

Kali ini ada sebuah program arisan berantai bernama www.Manager100.com dan Faliang Asia. Keduanya adalah pendatang baru di bidang arisan berantai. Mengutip sumber harian Kontan, dijelaskan mengenai sistem kerja Manager100 dan Falian Asia

 

Manager100

Pada saat seseorang bergabung, calon anggota (sebut saja Pak AA) harus mendaftar pada upliner dengan biaya Rp 120.000 (Rp 20.000 untuk pembelian PIN dan Rp 100.000 untuk upliner). Setelah membayar biaya registrasi awal, pak AA diminta untuk merekrut dua orang anggota baru di bawahnya (sebagai downline). Pak AA akan naik ke level 1 dan harus menyetor sejumlah Rp 100.000 sebagai biaya upgrade. Agar mendapat keuntungan pertama kali, Pak AA harus mencapai level 4, yang artinya Beliau harus mengumpulkan 30 orang downliner, dengan setoran masing-masing Rp 100.000. Artinya Pak AA sekarang mendapat keuntungan Rp 1,6 juta.

 

Falian Asia

Falian Asia adalah program Arisan Berantai yang berasal dari Cina. Sistemnya adalah pertama-tama calon anggota (sebut saja Pak AA) harus membayar Rp 160.000. Pak AA harus merekrut tiga orang anggota sebagai downliner dan pak AA akan menerima Rp 480.000. Diwaktu yang bersamaan Pak AA juga harus membayar Rp 300.000 ke upliner sebagai biaya upgrade. Seorang anggota baru akan mencapai keuntungan jika memiliki 12 downliner.

 

Arisan Berantai bukan Investasi maupun Bisnis

Menurut Finansialku, arisan berantai tidak termasuk kategori investasi atau bisnis. Sistem yang disebutkan dalam penjelasan di atas, cenderung rentan terhadap malfunction system. Salah satu kasus yang paling sederhana adalah jika jumlah downliner sudah tidak bertambah. Saran kami jangan BERINVESTASI pada sistem arisan berantai. Ketika Anda berinvestasi, investasilah pada produk – produk investasi yang telah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

 

Apakah Anda pernah tahu teman atau kenalan yang bergabung dengan sistem arisan berantai? Silahkan bagikan cerita Anda pada bagian bawah artikel ini.

 

Sumber:

  • Namira Daufina – Selasa 13 Oktober 2015. Skema Arisan Berantai: Waspada, Arisan Berantai Marak Lagi!. Harian Kontan.

Image Credit:

  • SCAM – http://goo.gl/fgEhgw

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang