Situs MMM Diblokir OJK

Situs MMM Diblokir OJK. Perencana keuangan independen Finansialku mengambil dari beberapa sumber mengenai berita situs MMM diblokir OJK.

 

Situs MMM Diblokir OJK

Situs MMM atau Mavrodi Mondial Moneybox atau Manusia Membantu Manusia diminta OJK untuk diblokir. OJK beralasan bahwa MMM menjalankan kegiatan yang berpotensi merugikan masyarakat. OJK sudah meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemKonInfo) agar situs MMM diblokir. Menurut Lutfi Zain Fuady, direktur penyidikan OJK, menyatakan OJK telah melayangkan surat kepada kemkominfo pada 7 April 2015.

 

Otoritas Jasa Keuangan 

OJK juga meminta Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) untuk mencopot penanyangan iklan MMM di televisi. Tujuan pencopotan iklan MMM adalah mencegah penyebarluasan informasi agar tidak merugikan masyarakat.

 

Situs MMM Diblokir OJK, karena …

OJK dalam Koran Kontan cetak, 10 April 2015 menuliskan beberapa alasan mengapa situs MMM diblokir:

  1. MMM menyerupai money game, yang berpotensi gagal bayar. OJK mengindikasi keanehan sumber keuntungan mencapai 30% per bulan dari peserta baru.
  2. MMM belum memiliki izin dan tidak berbadan hukum di Indonesia.
  3. Tawaran MMM tidak memiliki asset dasar atau underlying asset.

 

Tanggapan Finansialku

Finansialku mencoba website MMM Indonesia. Dalam ulasan berikut ini Finansialku sebagai perencana keuangan independen, ingin memberikan tanggapan. Berikut ini tampilan website MMM Indonesia:

Situs MMM Diblokir OJK - Tampilan Home MMM Indonesia 

Berikut ini tampilan kalkulator yang menunjukkan ilustrasi.

Situs MMM Diblokir OJK - Tampilan Kalkulator MMM

 

Dalam website MMM Indonesia tertulis statement:

MMM bukan bank, MMM tidak mengumpulkan uang anda, MMM bukan bisnis online, HYIP, investasi atau program MLM. MMM adalah sebuah komunitas di mana orang saling membantu.MMM memberikan program dasar teknis, yang membantu jutaan peserta di seluruh dunia untuk menemukan mereka yang membutuhkan bantuan, dan mereka yang siap untuk memberikan bantuan secara GRATIS.

 

Dalam website MMM juga tertulis bagaimana cara kerja MMM bekerja:

Peserta MMM memberikan bantuan dengan men-transfer uang satu sama lain secara langsung. MMM adalah komunitas orang-orang memberikan bantuan keuangan satu sama lain dengan prinsip saling menghargai, timbal balik dan kebajikan.

 

Dalam Websitenya juga tertulis beberapa jenis penawaran. Penawaran disebut dengan istilah MAVRO (mata uang internal system MMM).

30% — yang biasa : Pertumbuhan keuntungan adalah 30% per bulan. Anda dapat mengambil uang anda kapan saja.

 

40% — deposit untuk tiga bulan. (Uang anda akan bertambah 2.744 kali setelah tiga bulan). Pertumbuhan keuntungannya adalah 40% dalam kondisi, bahwa anda tidak menyentuh uang anda dalam waktu tiga bulan. Jika anda mengambil uang anda lebih cepat dari tiga bulan — anda tidak akan mendapat keuntungan dari deposit (40%), tetapi tetap mendapatkan 30% seperti yang biasa per bulan.

 

50% — tiga bulan deposito yang paling menguntungkan. (Uang anda akan bertambah 3,375 kali setelah tiga bulan). Pertumbuhan keuntungannya adalah 50% dalam kondisi, bahwa anda tidak menyentuh uang anda dalam waktu tiga bulan. Jika anda mengambil uang anda lebih cepat dari tiga bulan — anda hanya mendapatkan nilai nominal saja.

 

100% yang paling – beresiko. Pertumbuhan keuntungannya adalah 100% per bulan, ini berarti uang anda akan menjadi dua kali lipat setelah satu bulan. Anda juga dapat mengambil kembali kapan saja.

 

Tanggapan Finansialku mengenai Situs MMM Diblokir OJK. Hingga tanggal 10 April 2015, jam 9:15WIB situs MMM masih dapat diakses. Kami menelusuri melalui Google.

Situs MMM Diblokir OJK - Hasil Pencarian Google mengenai MMM

 

Finansialku berpikir OJK mewakili pemerintah berusaha melindungi masyarakat Indonesia. Menurut Finansialku ada sedikit hal yang perlu dikonfirmasi yaitu apabila MMM adalah sebuah komunitas orang saling membantu (seperti tertulis di website), bagaimana komunitas ini mampu menawarkan 4 layanan MAVRO dan bonus keanggotaan.

Finansialku setuju dengan yang dilakukan oleh OJK agar situs MMM diblokir. Sementara waktu pihak MMM dapat mengklarifikasi aturan main (rule of the game) pada OJK. Indonesia memiliki peraturan mengenai distribusi perdagangan yang melindungi masyarakat dari skema piramida. UU Perdagangan Distribusi Barang no 7 tahun 2014. Peraturan tersebut melarang adanya skema piramida.

Finansialku sebagai perencana keuangan independen tidak menyarankan berinvestasi di MMM (seperti di tulis di websitenya: MMM bukan produk investasi). Pastikan Anda mengetahui apa yang Anda lakukan, sebelum berinvestasi. Jadilah pembeli yang cermat, pilih produk keuangan dengan bijak. 

 

Sumber:

  • Website MMM Indonesia – Official Website.
  • Dina Farisah. OJK Minta Situs dan Iklan MMM Diblokir. Kontan Jumat 10 April 2015.
  • Sinar Harapan.co – Ini 5 Alasan OJK Minta Situs MMM Diblokir.
  • Viva.co.id –  Ini 5 Alasan OJK Minta Situs MMM Diblokir.
  • Rimanews.com – OJK Rekomendasikan Situs MMM Diblokir.

 

Download Slide Kecerdasan Keuangan Keluarga

Download Sekarang

 

Baca E-Magazines #IndonesianDreams

Edisi April 2015

Baca E Magazine Sekarang!

 

 

By | 2016-12-05T14:54:12+00:00 April 10th, 2015|Categories: Berita|Tags: |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment