Reksa Dana Terstruktur adalah salah satu jenis reksa dana yang cukup canggih. Finansialku.com akan membahas mengenai reksa dana terstruktur dan jenis-jenisnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Reksa Dana Terstruktur

Reksa dana terstruktur atau sering juga disebut dengan structured fund. Di Indonesia reksa dana terstruktur terdiri dari tiga jenis reksa dana yaitu, reksa dana indeks, reksa dana penjaminan dan reksa dana terproteksi. Reksa dana terstruktur masih mungkin dikembangkan dalam jenis yang lain.

 

Reksa Dana Terstruktur Itu Seperti Apa - Perencana Keuangan Independen Finansialku[Download Slide: Mengenal Reksa Dana untuk Pemula]

 

Jenis reksa dana terstruktur sebenarnya adalah pengembangan dari produk reksa dana konvensional. Reksa dana terstruktur dapat berinvestasi pada produk-produk pasar modal, pasar uang, real asset hingga proyek infrastruktur. Biasanya (tetapi tidak selalu) harga NAB/UP (Nilai aktiva bersih per unit penyertaan) cukup mahal.

Produk reksa dana terstruktur ini dapat Anda beli pada perusahaan manajer investasi atau manajemen asset (asset management). Produk reksa dana terstruktur sering kali ditawarkan secara personal (direct selling) untuk eksklusifitas. Di negara-negara maju, seperti Amerika produk reksa dana terstruktur ini dijual oleh private banking.

Mari kita bahas satu persatu secara singkat mengenai jenis-jenis reksa dana terstruktur:

 

Reksa Dana Indeks

Jenis pertama reksa dana terstruktur adalah reksa dana indeks. Singkatnya reksa dana indeks mirip dengan reksa dana saham, bedanya reksa dana indeks ini meniru dan cerminan dari indeks yang diikuti. Misal di Indonesia, reksa dana indeks mengikuti pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

 

[Baca Selengkapnya: Reksa dana indeks]

 

Reksa Dana Terproteksi

Jenis kedua dari reksa dana terstruktur adalah reksa dana terproteksi. Reksa dana terproteksi prinsipnya memproteksi modal awal (tetapi tidak menjamin modal awal). Produk reksa dana terproteksi berusaha agar nilai investasi awal dapat diproteksi. Bagaimana dengan hasil investasinya? Namanya juga reksa dana, hasil investasi tidak dijamin.

 

 [Baca Juga: Reksa dana terproteksi, Apanya yang diproteksi?]

 

Reksa Dana Penjaminan

Jenis ketiga reksa dana terstruktur adalah reksa dana penjaminan. Apanya yang dijamin? Reksa dana penjaminan, menjamin nilai investasi awal investor. Jadi rugi-ruginya investor tidak bakal kehilangan modal awal? Ya betul, seperti itu. Kok bisa begitu? Jadi reksa dana penjaminan bekerja sama dengan asuransi, untuk melindungi nilai investasi awal. Produk ini belum dikembangkan di Indonesia, karena premi asuransi yang harus dibayarkan masih mahal dan menggerus hasil investasi.

 

Kesimpulan

Reksa dana terstruktur di Indonesia terdiri dari tiga jenis yaitu reksa dana indeks, reksa dana terproteksi dan reksa dana jaminan. Ketiganya dapat Anda temui di perusahaan-perusahaan manajer investasi.

 

Apakah Anda pernah berinvestasi di reksa dana terstruktur?

 

Image Credit:

  • Mutual Fund – http://goo.gl/bMaJhe

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang