Sang Pembelajar: Pendidikan Tanpa Akhir. Menurut Anda, apakah pendidikan kita selesai dalam tahap universitas? Apakah Anda masih melanjutkan pendidikan atau belajar setelah selesai dari universitas? Berikut ini sebuah quote sang pembelajar dari Conrad Hall.

 

Sang Pembelajar: Pendidikan Tanpa Akhir

Kali ini Finansialku akan mengangkat sebuah tema, mengenai sang pembelajar terkait mengenai pendidikan. Bicara mengenai sang pembelajar, Finansialku teringat sosok master dalam Star Wars, yaitu Master Yoda.

Sang Pembelajar Pendidikan Tanpa Akhir - Master Yoda - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Salah satu quote yang sulit dimengerti dari Master Yoda adalah : “You must unlearn what you have learned.” Mungkin Anda memiliki penjelasan yang dimaksud Master Yoda? Silahkan tinggalkan komentar di bawah artikel ini.

Oke, kok website Finansialku yang harusnya membahas hal-hal terkait perencanaan keuangan malah membahas pendidikan? Finansialku memilih topik pendidikan karena:

  1. Kami ingin memberikan perspektif mengenai pendidikan anak adalah hal penting dan Anda sebagai orang tua berkewajiban untuk mempersiapkan dana pendidikan anak.
  2. Berbagi informasi: kesalahan banyak orang adalah berhenti belajar setelah lulus dari universitas. Hayo, apakah Anda masih membaca buku setelah lulus kuliah? atau rutin mengikuti seminar, pelatihan?

 

Selalu Jadi Murid

Berikut ini sebuah quote dari Conrad Hall terkait dengan pendidikan dan Sang Pembelajar:

 

English

You are always a student, never a master. You have to keep moving forward.

Conrad Hall

 

Sang Pembelajar Pendidikan Tanpa Akhir - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Indonesia

Anda selalu menjadi seorang murid, takkan menjadi seorang ahli. Anda harus terus berjuang dan melangkah ke depan.

Conrad Hall

 

Apa yang dimaksud oleh Conrad Hall? Quote tersebut bukan berarti kita tidak menjadi seorang ahli atau master. Seorang ahli atau master akan selalu tetap belajar, apalagi sekarang eranya informasi dan digital. Informasi bergerak sangat cepat, teknologi muncul dalam waktu yang singkat. Ada pepatah yang mengatakan, seperti ilmu padi makin berisi, makin merunduk.

 

Pendidikan untuk Anak adalah Nomor 1

Sebagai orang tua, Anda perlu tahu dan menyadari bahwa bekal pendidikan adalah sangat penting untuk anak. Pendidikan adalah warisan yang dapat ditinggalkan orang tua untuk anak.

[Baca juga: Kenapa Mewariskan Pendidikan Selain Mewariskan Kekayaan?]

 

Pernahkah Anda mendengar kisah: orang tua saat muda kerja keras dan bisnisnya sukses. Tetapi ketika berpindah ke anak semuanya menjad berantakan dan akhirnya bangkrut.

Menurut Anda siapa yang salah? Dan apa kesalahannya? Menurut pandangan kami (dan ini tentu saja bisa kurang tepat): pada kasus di atas kesalahan pada orang tua. Anak ibarat kertas, tergantung kertas itu akan digambar atau ditulis apa. Kesalahannya adalah: anak di warisi kekayaan, tetapi tidak diwarisi ilmu pengetahuan dan pengalaman untuk menjalankan bisnis.

 

Jika Anda merasa Tidak Perlu Belajar

Hingga tahun 2015 (saat artikel ini ditulis) topik keuangan dirasa topik yang tabu dan tidak layak diperbincangkan. Jika diperbincangkan arahnya adalah diskusi yang berat. Kenapa hal ini bisa terjadi?

Kebanyakan kita tidak mengenal keuangan. Dan kebanyakan kita tidak mau mengenalnya lebih dalam. Ada pepatah yang mengatakan tak kenal maka tak sayang. Seorang penasehat keuangan Amerika bernama Robert T. Kiyosaki mengatakan bahwa pendidikan keuangan (financial education) sama pentingnya dengan pendidikan formal di sekolah. Menurut Kami ada beberapa ilmu yang perlu dikuasai dalam kehidupan: ilmu komunikasi dan ilmu keuangan.

 

[Baca juga: Pendidikan Keuangan Sama Pentingnya dengan Pendidikan Formal]

 

Banyak kasus keuangan rumah tangga terjadi karena miss communication (komunikasi yang salah) serta pasangan yang tidak mengenal bagaimana cara menggunakan uang dengan baik. Apakah Anda sudah menggunakan uang Anda dengan baik? Kami tantang Anda untuk mengisi quiz.

[Quiz: Sudahkah Anda mengelola keuangan keluarga dengan benar?]

 

Kesimpulan

Jadi kesimpulan dari topik sang pembelajar adalah: pendidikan ternyata sangat penting. Orang tua berkewajiban untuk mewariskan pendidikan untuk anaknya. Jadi jangan lupa menyiapkan dana pendidikan anak. Satu lagi, Anda sebagai orang tua juga jangan pernah berhenti untuk belajar, terlebih pendidikan keuangan.

 

Apakah Anda sudah menyiapkan dana pendidikan untuk buah hati tercinta?

 

Sumber Gambar

  • Master Yoda – http://goo.gl/yBd7HX

Download Ebook Perencanaan Keuangan

dan ayo mulai menetapkan tujuan keuangan Anda! 

Ebook Perencanaan Keuangan (Menetapkan Tujuan dan Mewujudkannya)

Download Sekarang