Tambah pengalaman dari perjalanan adalah salah satu cara pendewasaan seseorang. Kali ini Finansialku.com akan memberikan opini mengenai cara tambah pengalaman dari perjalanan yang kita lakukan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Cara Tambah Pengalaman

Apakah Anda merasa ada yang berbeda (dari cara berpikir, bertindak, bersikap) pada saat Anda SMA, Anda kuliah, Anda bekerja dan Anda berkeluarga? Apa yang berbeda? Masing-masing orang pasti memiliki jawabannya sendiri-sendiri karena banyak hal berubah. Tapi satu hal yang kita semua alami adalah pendewasaan. Bagaimana cara menjadi seseorang berpikiran dewasa?

 

 

Ada banyak cara untuk mendewasakan seseorang, salah satunya adalah dengan tambah pengalaman dari perjalanan-perjalanan yang sudah kita lakukan. Ada seorang bijak bernama Dalai Lama, pernah mengatakan

 

English

Once a year go  somewhere, You  have never been before.

Dalai Lama

 

Tambah Pengalaman dari Perjalanan Anda - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 [Baca Juga: Ga Harus Kaya untuk Liburan]

 

Indonesia

Setahun sekali pergilah ke suatu tempat, yang Anda belum pernah datangi.

Dalai Lama

 

Jika Anda mencari di internet, Anda akan menemukan banyak sekali penjelasan dari quote tersebut. Sebagai perencana keuangan, Finansialku.com ingin mengatakan bahwa sedikit banyak, kita belajar hal-hal baru, tambah pengalaman baru dari tempat – tempat baru yang kita kunjungi.

 

[Baca Juga: Mimpi Perjalanan Keliling Dunia]

 

Terkadang sebagai perencana keuangan, kami melihat adanya budaya-budaya yang unik di masing-masing daerah dan negara. Jika Anda hidup di Bali, Anda harus memikirkan biaya untuk pemakaman adat (Ngaben). Setiap tempat di Indonesia, memiliki adat yang menjadi kewajiban dan perlu adanya perencanaan keuangan.

Salah seorang dosen di Univeristas Indonesia, bernama Reinald Kasali juga menerapkan ide dari Dalai Lama. Beliau meminta mahasiswa/I nya bepergian ke luar negeri untuk tambah pengalaman. Tentu saja perginya tidak boleh pakai travel agent. Jadi misi bepergian ke luar negeri adalah beradaptasi dengan budaya baru sana dan tambah pengalaman.

 

 [Jawab Quiz: Liburan itu Keinginan atau Kebutuhan?]

 

Saran kami sebagai perencana keuangan adalah, selalu anggarkan pengeluaran untuk melakukan perjalanan. Perjalanan ke tempat baru adalah cara yang bagus untuk tambah pengalaman. Tidak harus ke luar negeri tetapi tujuannya adalah tambah pengalaman dan cari inspirasi di tempat yang baru.

 

Hemat Biaya Pernikahan dari Katering

Komponen biaya pernikahan yang cukup mahal adalah biaya catering atau makan. Memberikan yang terbaik untuk kerabat, saudara dan tamu undangan adalah hal yang sangat penting. Tapi ingat yang terbaik tidak harus yang termahal. Anda dapat menggunakan menu dari pemiliki gedung resepsi untuk mendapatkan harga paket dan lainnya.

 

Kesimpulan

Ada banyak hal yang dapat kita pelajari, tambah pengalaman dari setiap perjalanan yang kita lakukan. Ada baiknya anggarkan dana perjalanan setiap tahunnya sesuai dengan kemampuan Anda.

 

Apakah Anda pernah mendapat inspirasi baru atau tambah pengalaman baru dari perjalanan terakhir Anda?

 

Image Credit:

  • Travelling – https://goo.gl/DcW4tD

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang