Kemakmuran seringkali dihubungkan dengan uang. Namun apakah kemakmuran finansial dapat menjamin kebahagiaan seseorang? Ternyata tidak. Kemakmuran tidak semata-mata hanya berupa kemakmuran finansial namun juga secara personal. Mari kita bahas lebih dalam 10 aturan dalam mencapai kemakmuran secara finansial dan personal.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Aturan dalam Membangun Kemakmuran

Menurut sebuah penelitian, hubungan antara uang dan kebahagiaan sangatlah kecil. Pernahkah Anda melihat seseorang yang kaya secara finansial namun tidak bahagia? Tentu pernah. Dalam artikel ini, Finansialku akan membantu menjabarkan 10 aturan penting dalam membangun kemakmuran dalam era informasi yang semakin maju.

10 Aturan dalam Membangun Kemakmuran di Era Informasi 2 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Hal Mustahil tentang Kesejahteraan]

 

#1 Milikilah Motivasi Tinggi

Uang bukanlah motivator terbaik dalam mencapai kesuksesan. Untuk sukses secara finansial dan personal, dibutuhkan motivasi internal yang lebih mendalam. Mengapa begitu? Karena membangun kesuksesan tidaklah gampang, sehingga untuk mencapainya dibutuhkan komitmen dan motivasi yang tinggi dibandingkan hanya untuk sekedar membiayai gaya hidup yang mewah.

 

#2 Berikanlah Lebih Banyak daripada yang Anda Terima

Mencapai kemakmuran bukan berarti hanya meningkatkan kesuksesan diri sendiri. Memang banyak pengusaha yang sukses dengan mengambil keuntungan dari orang lain, namun menerima tanpa memberi tidak akan berujung kebahagiaan. Pencapaian seseorang dapat dinilai dari bagaimana kesuksesannya juga membantu meningkatkan kesuksesan orang lain. Sukses menjadi tolak ukur, dimana semakin Anda sukses maka semakin banyak pula Anda memberi kepada orang lain.

 

#3 Hiduplah dengan Integritas Tinggi

Pernahkah Anda melakukan sesuatu yang buruk sehingga Anda tidak bisa tidur? Atau pernahkah Anda malu menceritakan hal tersebut kepada keluarga Anda karena hal tersebut buruk dan memalukan? Jika Anda merasa hal tersebut tidak benar, maka biasanya hal tersebut memang tidak benar untuk dilakukan. Janganlah melakukan sesuatu yang bertolak belakang dengan integritas Anda hanya demi kemakmuran. Kemakmuran tidak pantas dibandingkan dengan tidur yang nyenyak dan pikiran yang tenang.

90+ Cara Miliarder Berpikir, yang Anda Harus Tiru - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 90+ Cara Miliarder Berpikir, yang Anda Harus Tiru!]

 

#4 Jadilah Seseorang yang Berani

Mengharapkan hasil yang berbeda dengan cara yang sama terus menerus adalah hal yang mustahil. Begitu pula dengan kunci kesuksesan. Dibutuhkan keberanian untuk melakukan sesuatu yang berbeda dari orang lain, mencari suatu cara yang lebih baik untuk dapat menonjol dibandingkan banyak orang. Dengan berani mencoba hal baru, maka Anda sudah selangkah lebih maju daripada orang lain.

 

#5 Jadilah Seseorang yang Disiplin

Kedisiplinan dapat dibangun dari kebiasaan Anda sejak kecil. Sebagai contoh, kebiasaan menabung dan melakukan investasi perlu dibangun dengan ketekunan dan konsistensi yang tinggi. Tingginya tingkat kemakmuran Anda bergantung pada seberapa keras Anda berusaha. Maka cobalah untuk lebih disiplin dan hindarilah berbagai macam alasan untuk menunda pekerjaan.

 

#6 Hindarilah Konsumsi Berlebih

Gaya hidup mewah seperti berlibur ke luar negeri, berpakaian serba mewah, dan berolahraga golf tidak menentukan kemakmuran Anda. Seseorang yang membangun kesuksesan akan rela hidup lebih sederhana di saat ini untuk kesuksesan di masa mendatang. Anda diberikan sebuah pilihan, mengkonsumsi berlebih pada saat ini atau menikmati kemakmuran di masa depan?

 

#7 Ciptakanlah Lingkungan yang Mendukung

Jika mencapai kemakmuran itu mudah, tentunya sudah banyak orang yang makmur dan sukses. Namun nyatanya tidak. Salah satu solusinya adalah dengan membangun lingkungan keluarga, teman, dan relasi kerja yang mendukung dan membantu Anda dalam mencapai tujuan. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah meminta bantuan perencana keuangan ahli seperti Finansialku yang dapat membantu Anda mencapai kemakmuran.

8 Cara Mengatur Keuangan Setelah Menikah yang Harus Kamu Praktekkan - Finansialku

[Baca Juga: 8 Cara Mengatur Keuangan yang Dapat Buat Pernikahan Kamu Makmur]

 

#8 Manfaatkan Sumber Daya untuk Mencapai Kemakmuran

Akan sulit mencapai kesuksesan jika Anda ingin mengerjakan semuanya sendiri. Manfaatkan sumber daya yang ada untuk bekerja sama mencapai suatu tujuan. Prinsipnya sederhana, memanfaatkan sumber daya untuk mencapai lebih dari yang bisa Anda capai bila Anda mengerjakannya sendiri.

 

#9 Perlakukan Uang Seperti Sebuah Bisnis

Bisnis tidak dapat dibangun tanpa sebuah perencanaan bisnis. Serupa halnya dengan uang. Buatlah perencanaan keuangan yang dapat membantu Anda mencapai kesuksesan. Perencanaan tersebut harus sesuai dengan kemampuan, minat, dan sumber daya yang ada sehingga tidak melenceng dari tujuan yang sudah ditetapkan. Tentunya perencanaan keuangan setiap orang berbeda-beda dan tidak dapat ditiru begitu saja.

 

#10 Bertanggung Jawablah atas Kemakmuran Anda

Uang hanyalah sebuah alat yang harus dilengkapi dengan tanggung jawab pemiliknya. Fakta bahwa uang tidak dapat dibawa setelah kita mati memiliki arti bahwa uang memang diciptakan untuk kemudian diberikan kepada orang lain. Uang hanya kita miliki sementara dan pada akhirnya akan mengalir menjadi milik orang lain, sehingga uang bukanlah untuk dihabiskan tanpa tanggung jawab. Dengan diberi kemakmuran, Anda diberi tanggung jawab untuk mengelola kemakmuran tersebut, agar kelak dapat digunakan untuk membantu keluarga, anak dan cucu Anda, serta orang lain.

Menjadi Kaya dengan Memberikan Sugesti Pada Diri Sendiri 2 - Finansialku

[Baca Juga: Kenapa Banyak Orang Kaya Baru (OKB) yang Sulit Mempertahankan Kekayaannya?]

 

Raihlah Kemakmuran dengan Aturan yang Benar

Tujuan yang ingin dicapai 10 aturan di atas bukan hanya berupa kekayaan, namun keseimbangan hidup yang makmur. Hidup tentunya terlalu singkat untuk dihabiskan dengan cara yang salah bukan? Cobalah gunakan 10 aturan tersebut dan raihlah kemakmuran Anda.

 

Apakah Anda mengetahui aturan lainnya untuk mencapai kemakmuran? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Financial Mentor. The Ten Commandments of Wealth Building. Financialmentor.com – https://goo.gl/5fRSK1

 

Sumber Gambar:

  • Kaya Raya – https://goo.gl/e4bL4D
  • Uang – https://goo.gl/8teHdk

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang