Bagaimana ya cara mengatur tagihan kartu kredit? Agar tagihan kartu kredit terbayar 100%, tidak terkena bunga atau denda? Kali ini salah satu rekan Finansialku akan mengulas mengenai 10 cara cerdas

[dan harus Anda praktekkan!] untuk mengatur tagihan kartu kredit!

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

DuitPintar

 

10 Cara Cerdas: Mengatur Tagihan Kartu Kredit

Sebelum membahas lebih dalam, coba jawab dulu beberapa pertanyaan berikut:

  1. Apakah Anda pengguna kartu kredit?
  2. Apakah Anda mengalami kesulitan untuk mengatur tagihan kartu kredit?
  3. Apakah Anda tahu jika tagihan kartu kredit dibayar lunas, Anda tidak akan terkena bunga?
  4. Apakah Anda tahu jika tagihan kartu kredit dibayar lunas, sejarah kredit Anda akan baik? (dan dapat dijadikan referensi untuk kredit lainnya, seperti KPR, KTA)
  5. Apakah Anda tahu kartu kredit sangat menguntungkan jika Anda dapat mengatur tagihan kartu kredit dengan benar?

 

10 Cara Cerdas untuk Mengatur Tagihan Kartu Kredit - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kartu Kredit U untuk Untung bukan Utang]

 

Tahukah Anda apa yang menyebabkan banyak orang terkena terbelit utang kartu kredit, karena mereka tidak tahu cara mengatur tagihan kartu kredit. Kartu kredit digunakan dengan seenaknya, sampai kesulitan bayar. Nah berikut ini 10 cara cerdas (dan harus Anda praktekkan) untuk mengatur tagihan kartu kredit.

 

Cara 1: Catat Pengeluaran Kartu Kredit

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah: buatlah catatan penggunaan kartu kredit. Ga perlu detil, karena Anda juga akan menerima tagihan. Catatan ini digunakan sebagai pengingat dan juga untuk mengecek tagihan Anda.

 

Cara 2: Buat Anggaran

Pastikan Anda sudah memiliki anggaran saat menggunakan kartu kredit. Misal Anda menganggarkan untuk membeli makanan dengan kartu kredit sebesar Rp 500.000 per bulan. Jika pada bulan tersebut sudah melebih anggaran (over budget) itu artinya stop pemakaian kartu kredit untuk makanan.

 

Cara 3: Tetapkan Limit

Usahakan Anda mengingat limit yang Anda miliki dan jangan sampai kelebihan. Biasanya bank akan memberikan limit kartu kredit sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

[Baca Juga: Apa Saja Angka-Angka dalam Tagihan Kartu Kredit?]

 

Cara 4: Daftarkan Notifikasi

Untuk menghindari kasus penipuan atau penyalahgunaan kartu kredit, sebaiknya Anda daftarkan notifikasi kartu kredit. Jadi, setiap ada transaksi Anda akan mendapatkan informasinya melalui sms atau email.

 

Cara 5: Ingat 2 Kartu Cukup!

Jangan terlalu banyak memiliki kartu kredit. Kartu kredit idealnya 1 orang 1 kartu. Sesuai anjuran pemerintah, satu orang hanya boleh memiliki maksimal 2 kartu kredit.

Pastikan Anda memiliki kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan, misal

  • Jika Anda sering melakukan perjalanan dinas, gunakan kartu kredit dengan fasilitas program frequent flyer.
  • Jika Anda sudah memiliki keluarga, sebaiknya miliki kartu kredit yang memberikan diskon untuk belanja kebutuhan bulanan.

 

Cara 6: Hindari Cicilan yang Tidak Penting

Sebisa mungkin, jangan mencicil barang-barang yang hanya keinginan. Pastikan Anda mencicil barang-barang yang Anda butuhkan. Misal saat ini Anda sudah memiliki smartphone, tetapi ingin membeli smartphone baru dengan model yang paling terkini. Daripada mencicil, lebih baik Anda menabung!

 

Cara 7: Tahu Kemampuan

Menyambung dengan tips 3, setiap bank pasti memberikan limit kartu kredit sesuai dengan kemampuan Anda. Misal Anda diberi limit sebesar Rp 10.000.000. Pendapatan bulanan Anda sebesar Rp 12.000.000. Nah jangan sampai mentang-mentang limit Rp 10juta, maka Anda habiskan Rp 10 juta. Itu BODOH dan SANGAT TIDAK BIJAK.

[Baca Juga: Cara Mengelola Keuangan Keluarga yang Baik]

 

Cara 8: Cek Tagihan Sebelum Membayar

Mungkin Anda satu dari banyak orang yang membayar tagihan melalui kartu kredit. Misal tagihan telepon, listrik, tv cable, internet, koran, majalah, membership gym dan lain sebagainya. Cek dulu apakah yang tertulis dalam tagihan kartu kredit sudah sesuai dengan tagihan sebenarnya. Jangan lupa cek dulu ya.

 

Cara 9: Bayar dengan Autodebet

Gunakan fasilitas autodebet untuk pembayaran otomatis. Dengan fasilitas autodebet, Anda tidak akan lupa membayar kartu kredit. Ada banyak keuntungan jika Anda selalu membayar lunas tagihan kartu kredit, salah satunya kredibelitas Anda dimata bank akan naik. Sejarah pembayaran kartu kredit Anda dapat dijadikan referensi bank, untuk memberikan kredit lainnya kepada Anda (KPR, Kredit kendaraan, kredit usaha dan lainnya).

 

Cara 10: Jangan Naik Gaji, Naik Pengeluaran

Satu hal penting yang harus Anda ingat, jangan sampai gaji naik pengeluaran naik. Apalagi kalau gaji naiknya 1 juta, pengeluarannya naik 2 juta. Pelajari kembali cara mengelola keuangan keluarga yang baik dan benar. Jadilah pengguna kartu kredit yang bijak.

[Baca Juga: Kenaikan Gaji Bukan Solusinya]

 

Ikuti 10 Cara Cerdas Di Atas, Dan Jadilah Pengguna Yang Bijak!

Banyak sekali keuntungan yang dapat kita ambil, jika menggunakan kartu kredit. Nah ikuti 10 cara cerdas di atas, dan jadilah pengguna kartu kredit yang bijak. Dapatkan manfaatnya dan pastikan Anda dapat membayar penuh tagihan kartu kredit.

 

 

Apakah Anda pernah mengalami kesulitan membayar tagihan kartu kredit? Tinggalkan komen di bawah ini, dan perencana keuangan Finansialku akan memberikan advicenya!

 

Sumber Artikel:

  • DuitPintar.com. 1 Oktober 2015. Ayo Belajar Cara Mengatur Tagihan Kartu Kredit, Sebelum Hidup Kita Diatur Pengadilan.

 

Sumber Gambar:

  • Creditcard free – http://goo.gl/oUUasE

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang