Apa yang harus dilakukan agar menjadi seorang miliarder? Menjadi seorang miliarder merupakan impian setiap orang. Berikut beberapa kebiasaan ampuh untuk menjadi seorang miliarder, hasil paparan dari Finansialku.com.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Menjadi Miliarder Bukanlah Sekedar Mimpi

Siapa yang tidak mau hidup senang tanpa perlu memikirkan banyak hal sebelum mengeluarkan uang? Semua orang pasti menginginkannya. Tetapi tidak semua orang bisa menjadi miliarder dengan mudah. Menjadi seorang miliarder membutuhkan perjalanan yang panjang, sulit dan perjuangan yang sengit. Meskipun ada sebagian orang yang sukses menjadi miliarder karena kekayaan orangtuanya, tetapi akan lebih baik jika kita menjadi miliarder karena kemampuan diri sendiri. Apakah Anda termasuk seseorang yang bermimpi menjadi miliarder? Jika iya, jangan dulu berputus asa. Setiap orang memiliki kesempatan menjadi orang sukses selama ia mau dan mampu berusaha semaksimal mungkin.

10 Kebiasaan Ampuh agar Menjadi Seorang Miliarder 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ada 6 Kesalahan Berinvestasi yang Tidak Akan Dilakukan Seorang Miliarder]

 

Nah, berikut ini merupakan 10 kebiasaan ampuh yang bisa Anda coba jika ingin menjadi seorang miliarder:

 

#1 Membuat Daftar Hal-Hal Apa Yang Akan Dilakukan

Bermimpi tanpa memiliki konsep seperti membangun sebuah rumah tanpa mendirikan pondasinya terlebih dahulu. Sesederhana apapun sebuah mimpi, kita harus memiliki sebuah konsep yang akan membuat mimpi tersebut bisa diwujudkan. Jangan biarkan mimpi Anda menjadi mimpi di siang bolong yang tidak akan pernah menjadi kenyataan. Salah satu cara agar mimpi menjadi kenyataan adalah dengan membuat daftar hal-hal yang akan dilakukan. Misalnya, saat umur 22 tahun, Anda sudah harus lulus kuliah. Umur 23 harus memiliki pekerjaan tetap. Umur 28 sudah harus memiliki usaha dengan modal tanpa berutang. Umur 33 harus mampu memiliki karyawan. Umur 35 harus mampu menjadi investor. Dan lain sebagainya.

Lengkapi daftar tersebut dengan trik-trik yang harus dilakukan agar daftar tersebut bisa dicapai sesuai dengan yang diinginkan, dan yang paling penting kita harus mampu berkomitmen terhadap daftar yang kita buat sendiri.

Strategi Sederhana yang Membuat Seseorang Menjadi Miliarder 01 - Finansialku

[Baca Juga: Strategi Sederhana yang Membuat Seseorang Menjadi Miliarder]

 

#2 Disiplin

Disiplin adalah kunci kesuksesan setiap orang sukses. Disiplin di sini meliputi, disiplin dalam mengatur waktu, mewujudkan daftar yang telah dibuat sendiri dan disiplin dalam mengerjakan sesuatu yang sudah menjadi tanggung jawab kita.

Dengan bersikap disiplin kita akan terhindar dari rasa malas yang membuat kita menjauh dari target yang seharusnya tercapai. Jadikan disiplin sebuah kebiasaan dengan cara berdisiplin dari hal-hal yang paling kecil seperti bangun pagi, tidak pernah terlambat kerja, menyelesaikan segala tugas tepat waktu dan mengatur keuangan dengan bijaksana.

 

#3 Tingkatkan Pendapatan Bukan Menambah Jam Kerja

Setiap orang di dunia ini memiliki waktu yang sama yaitu 24 jam sehari. Tetapi banyak yang menganggap waktu 24 jam masih kurang jika harus dipakai untuk menyelesaikan semua pekerjaan tepat waktu. Beberapa orang bahkan rela bekerja lembur demi menyelesaikan pekerjaan mereka dan mendapat tambahan penghasilan dari tunjangan lembur.

70-cara-meningkatkan-produktivitas-diri-seperti-para-miliarder-yang-harus-anda-tiru-1-finansialku

[Baca Juga: 70+ Cara Meningkatkan Produktivitas Diri Seperti Para Miliarder, yang Harus Anda Tiru]

 

Pertanyaannya, apakah bekerja lembur akan membuat Anda kaya? Jawabannya tidak. Kerja lembur hanya akan membuat Anda semakin lelah dan tidak berfungsi efektif ketika harus bekerja keesokan harinya. Hasilnya, kinerja Anda semakin menurun sehingga untuk pekerjaan selanjutnya Anda harus bekerja lembur lagi.

Putus lingkaran menyesatkan ini dengan membuang jauh-jauh pikiran bahwa lembur akan membuat Anda kaya. Daripada menambah penghasilan dengan menambah jam kerja lebih baik tambah potensi pendapatan Anda dengan berbisnis sampingan selain pekerjaan utama.

 

#4 Menabung dan Investasi

Berdasarkan penelitian dari UC Berkeley, orang-orang terkaya di dunia yang jumlahnya hanya sekitar 1%dari populasi dunia menabung hampir 40% dari penghasilan mereka setiap bulan. Meski banyak uang, orang kaya cenderung menabung sebagian besar uang mereka.

Mark Cuban yang memiliki kekayaan senilai US$3 juta mengatakan, kunci menjadi kaya adalah tidak membuang uang untuk hal-hal yang bodoh. “Tabung uangmu, tabung sebanyak mungkin yang Anda bisa. Salah satu langkah penting untuk menjadi kaya adalah disiplin,” tuturnya.

8 Mitos Cara Mengelola Keuangan Para Miliarder dan Wirausaha Muda Kaya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 8 Mitos Cara Mengelola Keuangan Para Miliarder & Wirausaha Kaya]

 

Selain menabung, kita juga harus mampu berinvestasi. Investasi bisa dilakukan dalam berbagai bentuk mulai dari yang sederhana seperti perhiasan emas sampai investasi bernilai tinggi seperti properti. Usahakan untuk berinvestasi pada hal yang jelas untung ruginya. Hindari investasi yang membutuhkan spekulasi seperti membeli saham atau menanamkan modal ke perusahaan yang tidak jelas.

 

#5 Biasakan Membeli Sesuatu Sesuai Prioritas

Sudah jadi rahasia umum jika memiliki banyak uang yang ada dipikiran setiap orang adalah “uang ini mau dibelikan apa?”. Terkadang pikiran tersebut akan membuat kita membeli barang-barang yang tidak terlalu diperlukan hanya karena gengsi dan ingin diakui bahwa kita memiliki uang lebih. Kita memang tidak bisa munafik. Siapa yang tidak suka dengan barang-barang mewah? Tapi sebelum membeli sesuatu, pikirkan terlebih dahulu apakah barang tersebut benar-benar dibutuhkan dan diperlukan.

Jadi, daripada mementingkan gengsi, lebih baik bijak. Gunakan uang yang Anda punya untuk hal yang jauh lebih penting, menggunakan uang untuk barang-barang yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

#6 Jangan Pernah Berutang

Sebisa mungkin hindari berutang. Jika keadaan memaksa kita untuk berutang untuk mendapatkan sesuatu yang benar-benar kita butuhkan, bijaklah dalam menggunakan uang pinjaman.

Orang bijak akan menggunakan uang dari berutang untuk membangun/ mengembangkan bisnis atau berinvestasi, sedangkan orang bodoh akan berutang hanya demi membeli barang mewah dan gaya hidup. Bisnis dan aset bisa berkembang dan menghasilkan lebih banyak uang, sedangkan nilai barang-barang mewah pasti menurun dan Anda akan mengalami kerugian. Jadi, pikirkan baik-baik penggunaan uang Anda.

Kenapa Miliarder Tambah Utang Tambah Kaya, tapi Saya Tidak - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kenapa Miliarder Tambah Utang Tambah Kaya, tapi Saya Tidak?]

 

Jangan pernah membiasakan diri untuk membeli sebuah barang mewah terutama kendaraan dan gadget dengan cara mencicil. Karena nilai kendaraan dan barang elektronik lama kelamaan akan menurun sehingga harga yang harus dibayarkan jika Anda menyicil akan menjadi lebih besar dari harga barang sebenarnya.

 

#7 Senantiasa Mau Belajar

Selain berinvestasi pada suatu benda dan barang, lebih baik investasikan uang Anda kepada pendidikan. Pendidikan bisa kita dapatkan dari mana saja, tidak perlu melalui sekolah formal yang mengharuskan kita masuk kelas setiap harinya.

Pendidikan juga bisa didapatkan dari pelatihan dan seminar atau workshop yang setiap hari pasti diadakan lembaga-lembaga terpercaya. Selain ilmu, pada acara-acara tersebut kita juga akan mendapatkan pengalaman dan memperkaya koneksi yang nantinya mungkin akan berguna pada proses kita untuk menjadi seorang miliarder.

 

#8 Tidak Takut Gagal

Gagal identik dengan konotasi negatif. Daripada berpikir tentang semua kemungkinan yang bisa membuat Anda gagal, lebih baik berkonsentrasi pada semua cara yang mungkin akan membuat kita berhasil.

Jika pada akhirnya Anda gagal atau membuat kesalahan, jadikan kegagalan sebagai proses pembelajaran agar kita tidak mengulangi hal serupa di masa yang akan datang. Eli Broad, seorang pengusaha properti yang memiliki kekayaan senilai US$7,1 juta mengatakan, kunci sukses bisnis properti adalah keberanian.

Ketika mengawali bisnis properti pada tahun 1950an, Broad tidak memiliki pengalaman bahkan tidak punya latar belakang pendidikan yang menunjang.

“Tidak ada orang penakut yang bisa memiliki jutaan dolar. Saat saya memulai, saya berusia 22 tahun dan baru saja menikah. Terkadang ide tergila adalah memperoleh penghasilan terbesar,” tutur dia.

Ikuti Ritual Malam Para Miliarder Dunia Supaya Tertular Jadi Miliarder - Perencana Keuangan Independen Finansialku.jpg

[Baca Juga: Ikuti Ritual Malam Para Miliarder Dunia Supaya Tertular Jadi Miliarder]

 

#9 Tidak Pernah Menunda Pekerjaan

Semua orang sukses pasti tidak pernah menunda-nunda pekerjaan mereka. Apa yang bisa dilakukan sekarang pasti akan dilakukan dengan baik. Jika ingin menjadi seorang miliarder, mulailah belajar untuk tidak pernah menunda-nunda pekerjaan yang diberikan. Semakin kita menunda suatu pekerjaan, maka beban yang harus diselesaikan akan semakin besar pula dan hal tersebut akan membuat kita malas melanjutkan dan menyelesaikan apa yang seharusnya sudah menjadi tanggung jawab kita.

 

#10 Senantiasa Bersyukur

Apapun kondisi Anda saat ini, sudah selayaknya untuk tetap bersyukur kepada yang maha kuasa. Orang kaya yang memulai bisnis dari nol hingga sukses pasti sering bersyukur. Rasa syukur ini adalah awal yang baik untuk memulai semua kegiatan yang akan Anda lakukan jika ingin cepat kaya dan berhasil dalam setiap kegiatan. Rasa syukur akan membuat kita lebih mudah mendapatkan hal-hal positif yang ada di sekitar kita.

 

Melakukan adalah Kunci Menjadi Miliarder

Setelah 10 kebiasaan sudah dipaparkan oleh Finansialku, hal yang terbaik adalah melakukan dan mengubah kebiasaan buruk Anda menjadi kebiasaan yang baik. Tujuan ini akan mengubah mimpi Anda menjadi sebuah kenyataan. Tentunya Anda akan menjadi seorang Miliarder.

 

Bagikan pengalaman Anda mengenai proses menjadi seorang miliarder pada kolom yang tersedia di bawah ini. Bagikan juga setiap informasi yang Anda dapatkan melalui setiap artikel dari Finansialku.com. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Agustina Melani. 24 Mei 2016. 5 Tips Sukses Miliarder Raih Kekayaan. Liputan6.com – https://goo.gl/NNaVI7
  • David Weliver. 23 Agustus 2007. The 10 Habits of Self-Made Millionaires. Moneyunder30.com – https://goo.gl/lPnKrX

 

Sumber Gambar:

  • Miliarder – https://goo.gl/LE6BWL
  • Dreaming Money – https://goo.gl/9EjrUd

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang