Siapa yang tak mau menjadi miliarder? Finansialku.com akan memaparkan beberapa strategi sederhana yang dapat mewujudkan impian Anda untuk menjadi seorang miliuner. Berikut penjelasannya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Strategi Membuat Seseorang Menjadi Miliarder

Apakah Anda mau meluangkan waktu sekitar 10 menit untuk melakukan sesuatu demi keuangan Anda yang dapat memberi dampak luar biasa dalam menghemat pengeluaran, menambah tabungan dan menggapai impian Anda lebih cepat?

Konsepnya sangat simple. Setiap kali Anda menerima gaji, hal yang paling pertama Anda lakukan adalah mengalokasikan beberapa persen dari penghasilan Anda untuk disimpan di bank. Anda dapat memilih membuka rekening yang tidak menyedot biaya administrasi yang tinggi. Anda perlu melakukan hal ini sebelum membayar sewa rumah, tagihan lainnya atau membeli berbagai barang kebutuhan Anda. Strategi berikut ini sangatlah sederhana namun memiliki efek yang luar biasa.

Strategi Sederhana yang Membuat Seseorang Menjadi Miliarder 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ayo Menabung Demi Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia]

 

Utamakan Menabung

Kegiatan menabung sangatlah dianjurkan, bahkan dari semenjak kecil kita sudah diajarkan oleh orangtua dan guru di sekolah bagaimana pentingnya kegiatan menabung, mengingat begitu banyak manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan yang satu ini.

Sesuatu yang hebat akan terjadi ketika Anda bermaksud untuk mengalokasikan uang hasil kerja Anda untuk ditabung. Ketika Anda terbiasa untuk menabung, Anda akan melihat uang dalam tabungan Anda bertambah dan hal ini akan membuat Anda menjadi lebih bersemangat untuk rajin menabung.

 

Lakukan Secara Otomatis

Ada masanya ketika kita mendapatkan kesulitan untuk menabung. Saat kita berusaha untuk mengalokasikan dana, kita malah memakai uang tersebut untuk keperluan lain atau mungkin keinginan kita. Untuk mengantisipasi hal itu, Anda dapat memisahkan rekening untuk khusus tabungan dan rekening khusus untuk pengeluaran kebutuhan Anda sehari-hari. Dengan demikian, Anda tidak akan merasa “gatal” untuk menggunakan uang di rekening khusus untuk tabungan ketika Anda akan membayarkan berbagai kebutuhan sehari-hari atau keinginan Anda. Anda dapat menggunakan suatu cara yaitu mengatur auto debit dari tabungan Anda.

Carilah bank yang memiliki fitur transfer berkala yang dapat secara otomatis mentransfer uang dari rekening utama kepada rekening khusus tabungan Anda sehingga Anda tidak perlu mengunjungi teller bank untuk menyetorkan uang Anda. Anda dapat mengatur besaran nominal transfer, jangka waktu hingga tanggal transfer berkala melalui internet banking.

Cara menabung ini begitu efektif dan praktis ketimbang kita harus menyetor sendiri ke bagian teller. Namun diperlukan kedisiplinan dari si penabung. Untuk menambah niat Anda dalam menabung, Anda dapat meninggalkan kartu ATM di rumah atau tidak menerima kartu ATM yang diberikan dari pihak bank.

Anda dapat melakukan transfer secara rutin dengan cara mengatur tanggal transfer setiap bulannya dan tanggal berakhir dari transfer itu. Misalnya, Anda ingin mentransfer setiap tanggal 5 dan berakhir pada 2 tahun ke depan di tanggal yang sama.

Reksa Dana Pasar Uang - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Menabung di Reksa Dana Pasar Uang Apakah Lebih Untung daripada Deposito?]

 

Bagaimana dengan Tagihan Kartu Kredit atau Pinjaman Lainnya?

Apabila Anda memiliki tagihan kartu kredit atau tagihan pinjaman yang Anda pinjam kepada bank, alangkah baiknya bila Anda melunasi terlebih dahulu setiap tagihan dan kewajiban keuangan Anda. Tagihan kartu kredit seperti yang sudah kita ketahui apabila tidak segera dibayarkan, maka akan semakin membengkak oleh karena denda yang juga dibebankan kepada tagihan Anda. Demikian juga setiap pinjaman yang harus Anda kembalikan kepada pihak bank apabila Anda menggunakan fasilitas pinjaman seperti kredit modal kerja, kredit investasi, dan lain sebagainya. Namun demikian, mengenai penggunaan kartu kredit, ada pula yang menyarankan apabila memungkinkan lebih baik menghindari penggunaan kartu kredit karena selain ada biaya administrasi yang harus dibayarkan walaupun tidak menggunakannya, disamping itu akan ada utang bunga berbunga apabila Anda mengalami keterlambatan pembayaran.

 

Buat Anggaran Pribadi

Saran yang diberikan oleh para pakar perencana keuangan antara lain menabung setidaknya 10% dari total penghasilan. Atur total belanja Anda agar tidak melebihi 50% dari total penghasilan. Buatlah perencanaan anggaran pribadi dalam menentukan setiap pengeluaran. Buatlah skala prioritas untuk setiap barang kebutuhan yang akan dibeli setiap bulannya. Utamakan kebutuhan primer yang memang seharusnya Anda beli karena sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup Anda sehari-hari.

Cara Menabung yang Efektif untuk Pasangan Muda - Finansialku

[Baca Juga: Cara Menabung yang Efektif untuk Pasangan Muda Baru Menikah]

 

Ubah Kebiasaan Hidup Anda

Mengubah mindset atau pola pikir agaknya cukup sulit apalagi ketika kita sudah mengalami kenikmatan yang ditawarkannya. Namun demikian, ketika kita ingin belajar berhemat, perlu ada hal-hal yang dikorbankan, salah satunya adalah kenyamanan. Sebagai contoh ketika kita ingin ke toko di seberang jalan, terkadang kita ingin menggunakan kendaraan pribadi atau bahkan ojek. Disarankan lebih baik untuk jalan kaki, selain dapat menghemat ongkos ojek atau bensin, kita juga dapat hidup lebih sehat.

 

Cicil Emas

Apabila Anda mengalami kesulitan dalam menyisihkan uang untuk ditabung, Anda dapat melakukan alternatif yang satu ini, yaitu mencicil emas batangan yang dapat dibeli di PT ANTAM atau di pegadaian, atau bahkan di bank. Melalui alternatif ini, Anda akan merasa “dipaksa” untuk mengalokasikan uang setiap bulannya, disamping sebagai salah satu cara investasi yang efektif demi tercapainya impian Anda.

7-alasan-anda-perlu-pertimbangkan-menabung-emas-dan-berinvestasi-emas-finansialku

 [Baca Juga: 7 Alasan Anda Perlu Menabung Emas dan Berinvestasi Emas]

 

Hemat Pangkal Kaya

Ungkapan hemat pangkal kaya agaknya dapat terealisasikan apabila kita dapat menahan hawa nafsu atau keinginan kita dan mengedepankan kebutuhan, disamping melakukan berbagai jenis investasi untuk meraih impian untuk menjadi seorang miliarder.

 

Memang tidak mudah untuk mengekang keinginan dan begitu menikmati segala kenyamanan yang diberikan dari setiap gaji yang kita keluarkan untuk segala keinginan kita. Selain pengekangan diri, hal-hal apa saja yang menjadi kendala dalam usaha untuk menabung? Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini. Jangan lupa untuk terus membagikan informasi-informasi penting dari setiap artikel yang dipublish oleh Finansialku.com. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Qurani Natia. 24 November 2015. Cara Mudah Menabung dengan Auto Debit (dalam Beberapa Menit). Liveolive.com – https://goo.gl/xnBdSF
  • Cara Investasi Bisnis – Tips Menabung Efektif Walaupun Penghasilan Pas-Pasan. Carainvestasibisnis.com – https://goo.gl/vLp7q6
  • David Weliver. 16 Februari 2016. This Simple Strategy Can Make Anyone A Millionaire – Why Not You? Moneyunder30.com – https://goo.gl/kj9i53

 

Sumber Gambar:

  • Asian Billionaire – https://goo.gl/l9OmMj
  • Young Asian Billionaire – https://goo.gl/Zj29ZK

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang