Anda seorang freelancer? Ketahui tips menabung untuk freelancer supaya bisa membeli rumah, pergi liburan, dan menyekolahkan anak!

Kali ini Finansialku akan 15 tips menabung untuk pekerja freelance dengan pemasukan bulanan yang tak menentu.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Karier Pekerja Freelance

Karier pekerja freelance sangat ditentukan oleh kecakapan dan keahliannya. Semakin banyak keahlian yang dimiliki, maka semakin banyak pula jenis pekerjaan freelancer yang bisa dilakukannya.

Sebaliknya, jika seorang pekerja freelance tidak meng-upgrade kemampuannya, maka akan banyak orang yang bisa menggantikan posisinya.

Hal ini dipengaruhi oleh sistem kerja yang tidak terikat, sehingga jaminan untuk tetap dilibatkan dalam sebuah kerja sama tidak sebesar saat seseorang bekerja di kantor.

 

 

Sistem Kerja dan Keuangan Para Pekerja Freelance

Sistem kerja pekerja freelance adalah proyek. Dengan demikian pendapatannya pun tidak seperti karyawan yang digaji bulanan.

Oleh karena itulah pekerja freelance harus lebih cerdas dalam mengatur keuangannya agar mereka tidak mengalami pailit atau utang berlebihan.

 

15 Tips Menabung untuk Freelancer

Terdapat 15 tips menabung untuk freelancer. Jika 15 tips ini diterapkan, maka akan banyak manfaat dan keuntungan yang Anda peroleh. Yuk cari tahu!

Tapi sebelum itu, pelajari kiat mengatur keuangan yang tepat supaya Anda bisa mencapai segala tujuan keuangan Anda. Download ebook perencanaan keuangan untuk usia 30-an dari Finansialku, gratis!

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Tips 1: Miliki Tabungan Darurat

Tabungan darurat sangat penting untuk saat-saat yang mendesak. Misalnya saja jika ada anggota keluarga yang sakit. Maka tabungan darurat akan membantu menyelesaikan pembayaran yang dibutuhkan.

 

Tips 2: Jangan Mengundurkan Diri Sebelum Kondisinya Memungkinkan

Pengunduran diri sebaiknya jangan dilakukan jika Anda belum menemukan pekerjaan lain yang lebih baik.

Namun, Anda bisa mengundurkan diri apabila kondisi fisik sudah tidak memungkinkan, misalnya beberapa pekerjaan menyita waktu serta tenaga, sehingga menurunkan tingkat kesehatan.

 

Tips 3: Bebaskan Diri dari Utang

Sebisa mungkin, hindarilah berutang. Jika ada tagihan atau utang yang sudah terlanjur dibuat, maka segera lunasi dengan mengesampingkan kebutuhan non primer.

Jika Anda tidak memiliki utang, maka perencanaan keuangan jangka panjang maupun pendek wajib segera dibuat.

15 Tips Menabung untuk Freelance 02 Finansialku

[Baca Juga: Pekerja Freelance, Mau Penghasilan Tambahan Dolar dan Pengeluaran Rupiah?]

 

Tips 4: Kerjakan Apa Saja yang Menghasilkan Uang dari Rumah

Keuntungan para pekerja freelance adalah bisa melakukan banyak pekerjaan sekaligus.

Misalnya saja untuk seorang penulis, ia tetap bisa menyelesaikan karyanya sesuai deadline sembari menjadi vlogger.

Di tengah pekerjaan, ada pula kegiatan yang menghasilkan uang misalnya menjual pulsa, produk online, dropship, arisan dan sebagainya.

 

Tips 5: Beli Software yang Murah Meriah

Jika memungkinkan, beli software dengan harga semurah mungkin. Lebih baik lagi jika Anda memanfaatkan kenalan yang bisa membantu Anda meng-install software secara lebih hemat.

 

Tips 6: Mengakses Pekerjaan Sampingan Saat Si Kecil Tidur

Jika anak-anak sedang tidur, akseslah pekerjaan yang menghasilkan uang sebanyak mungkin. Misalnya pada malam hari, buat video tutorial atau tulisan yang bisa menghasilkan uang.

Tidak hanya itu, menghabiskan waktu dengan merajut santai atau membuat kerajinan lain juga dapat menghasilkan uang yang tidak sedikit.

20 Tips Menabung untuk Ibu Rumah Tangga 4 Finansialku

[Baca Juga: Ubah 12 Sifat Boros Ini dan Kamu Akan Menjadi Lebih Hemat Pengeluaran]

 

Tips 7: Beli Barang Paling Murah di Setiap Kebutuhan

Tidak perlu hidup dari gengsi untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan. Produk bermerek kadang memang mempunyai kualitas yang bagus. Tetapi bukan berarti Anda harus selalu menggunakan produk bermerek.

 

Tips 8: Tetap Jaga Penampilan di Depan Klien

Berpenampilan rapi saat bertemu klien sangat penting untuk pekerja freelance, karena klien hanya bertemu sekali dua kali saja.

Sisanya, silakan berpakaian sebebas-bebasnya saat mengerjakan proyek di rumah.

 

Tips 9: Selesaikan Catatan Keuangan Dengan Rapi

Setiap ada pemasukan, pengeluaran, atau deadline, catat semua hal tersebut dengan rapi. Jika tidak, akan ada pengeluaran atau pemasukan yang terlewat.

Untuk mempermudah pencatatan keuangan, gunakan Aplikasi Finansialku. Dengan fitur-fiturnya, Anda bisa mengelola keuangan dalam waktu yang singkat!

Download aplikasinya sekarang juga di Google Play Store maupun Apple Apps Store sebelum menyesal!

Dapatkan promo potongan Rp 50 ribu untuk upgrade aplikasi Anda ke premium dengan memasukkan kode CUAN50!

 

Tips 10: Publikasikan Tulisan dan Karya Lainnya

Setiap membuat karya, lakukan publikasi agar banyak orang yang melihat ciptaan Anda. Misalnya untuk karya lukisan, akan ada beberapa kolektor yang bisa tertarik dan menawarkan kerja sama yang menguntungkan.

 

Tips 11: Bekerja Sama Dengan Orang Lain

Jangan malu untuk bekerja sama dengan orang lain. Karena bakat, waktu, tenaga dan pikiran satu orang tidak akan bisa menyamai kerja sama tim yang baik untuk mencapai suatu kesuksesan.

 

Tips 12: Ambil Bisnis yang Paling Kecil Risikonya

Jika bisa, ambil bisnis yang paling kecil risikonya. Meskipun keuntungannya tidak banyak, tetapi risiko kecil akan bisa membantu seseorang memilih beberapa jenis bisnis.

10-Tips-Bisnis-Sukses-1-Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja Bisnis Makanan yang Dapat Menjadi Kerja Sampingan Anda?]

 

Tips 13: Mengembangkan Jaringan

Kembangkan jaringan dari sosial media, bertemu teman lama, atau kerabat dari keluarga. Siapa tahu, sebagian dari mereka akan bisa membantu pengembangan usaha Anda.

 

Tips 14: Ikuti Pelatihan, Kuliah, dan Seminar Gratis

Seminar gratis biasa diadakan di kota-kota besar. Pada acara tersebut, akan ada banyak orang yang memiliki berbagai kepentingan dan bisa jadi berkaitan dengan keahlian yang Anda punya.

 

Tips 15: Cari Mentor dan Belajar Lagi

Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Karena itu, jika ada seseorang yang bisa mengajarkan sesuatu, maka sebaiknya Anda terbuka untuk terus belajar darinya.


 

Seorang Pekerja Freelance Pun Bisa Sukses

Seorang pekerja freelance pun bisa menabung dari penghasilannya yang tidak menentu. Jadi segera lakukan langkah-langkah di atas, dan nikmati uang tabungan Anda yang gendut!

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur & Freelance

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

Manakah dari tips-tips di atas yang sudah Anda terapkan? Tips mana yang paling sesuai untuk dilakukan dalam kehidupan sehari-hari Anda?

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di atas sembari berdiskusi dengan rekan freelancer yang juga ingin menabung, terima kasih

 

Sumber Referensi:

  • April Borbon. 06 Mei 2014. 20 Money (and Sanity) Saving Tips for Freelancers. Studioblog.envato.com – https://goo.gl/cbu7Rc

 

Sumber Gambar:

  • Freelancer Menabung – https://goo.gl/gpq9Tu
  • Utang – https://goo.gl/HkuXXn