Bagi pekerja freelance yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dolar dan pengeluaran rupiah, simak artikel ini. Artikel ini akan memberikan daftar 20 situs freelance yang terpercaya yang dapat meningkatkan pendapatan Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Situs Freelance

Situs freelance sangat berpengaruh dengan ketersediaan pekerjaan serta harga jual Anda. Jika Anda mencari pekerjaan melalui situs freelance yang ‘abal-abal’, mungkin saja yang Anda dapatkan akan lebih kecil dibandingkan dengan situs lainnya. Situs freelance juga berguna untuk mencari penghasilan tambahan dan mendapatkan pertumbuhan secara profesional.

Dengan adanya situs freelance tersebut, Anda dapat mencari pekerjaan dimanapun Anda berada, baik terpencil atau di perkotaan, di dalam maupun luar negeri. Dengan adanya portfolio pekerjaan yang baik, maka Anda dapat menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi. Oleh karena itu, untuk mencari penghasilan tambahan, Anda harus mencari situs freelance yang tepat.

 

10 Situs Freelance Paling Top

Berikut ini adalah 10 situs freelance yang paling top yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan uang lebih dalam dolar.

 

#1: Toptotal

Situs freelance Toptotal tergolong salah satu situs freelance yang sangat eksklusif, Tidak hanya proyeknya yang memberikan penghasilan tinggi, tetapi situs tersebut hanya menerima 3% pekerja freelance yang telah berhasil melewati ujian serta interview. Tidak heran klien yang mencari pekerja dari situs tersebut merupakan klien dari perusahaan besar.

Pekerja Freelance, Mau Penghasilan Tambahan Dolar dan Pengeluaran Rupiah 02 - Finansialku

[Baca Juga: Daftar Website dan Platform Investasi Online di Indonesia yang Harus Anda Kunjungi]

 

#2: People per Hour

Situs People per Hour fokus pada proyek pekerjaan untuk marketer, spesialis SEO (Search Engine Optimize) serta software engineers. Keuntungan dari situs ini adalah dapat membantu proses freelancing, mulai dari komunikasi, manajemen proyek hingga pembayaran.

Freelancer pun dapat mengirimkan 15 proposal kepada klien dengan gratis sebelum mereka harus membayar untuk fasilitas ini. Tetapi tentunya terdapat fasilitas gratis seperti mencari pekerjaan atau diberikan notifikasi jika ada proyek baru. Bagi Anda yang fokus pada pekerjaan website, mungkin situs freelance ini akan sangat berguna.

Pekerja Freelance, Mau Penghasilan Tambahan Dolar dan Pengeluaran Rupiah 03 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Pelajaran Entrepreneurship yang Harus Diajarkan Orang Tua ke Anak]

 

#3: Upwork

Situs Upwork memberikan Anda beragam opsi pekerjaan dengan klien yang melebihi 1,5 juta orang dan proyek yang jangka waktunya panjang maupun singkat. Upwork menyediakan opsi pengerjaan proyek berdasarkan per jam atau per satuan dan memberikan pilihan pekerjaan untuk freelancer yang masih amatir maupun profesional.

Singkatnya, setiap orang memiliki kesempatan dengan menggunakan situs freelance ini karena ketersediaan pekerjaan yang tak terhitung jenis dan jumlahnya. Proses pembayarannya pun sangat aman dan diatur oleh Upwork.

Pekerja Freelance, Mau Penghasilan Tambahan Dolar dan Pengeluaran Rupiah 04 - Finansialku

[Baca Juga: Pekerja Freelance, Ikuti 8 Cara Meningkatkan Produktivitas dan Tips Kerja dari Para Ahli]

 

#4: Simply Hired

Simply Hired merupakan situs freelance yang kurang lebih sama dengan Upwork, dimana situs ini juga memberikan pilihan yang sangat beragam. Freelancer dapat menemukan pekerjaan lebih dari 12 negara di dunia dengan 12 bahasa yang berbeda. Baik Anda adalah seorang sales atau pekerja bangunan, Anda akan mendapatkan klien melalui situs tersebut. Situs ini juga menyediakan blog untuk tips perekrutan serta Anda dapat mencari pekerjaan berbasis lokasi.

Pekerja Freelance, Mau Penghasilan Tambahan Dolar dan Pengeluaran Rupiah 05 - Finansialku

[Baca Juga: Pekerja Freelance, Ini Cara Negosiasi dengan Klien Anda]

 

#5: Ifreelance

Di situs Ifreelance Anda dapat menemukan pekerja freelance pada umumnya, misalnya, penulis, editor atau coders. Yang unik dari situs ini adalah, situs ini memberikan kebebasan pada setiap freelance untuk mendapatkan 100% dari seluruh penghasilan mereka, berbeda dengan situs lain yang mengenakan rate atau biaya ekstra.

Pekerja Freelance, Mau Penghasilan Tambahan Dolar dan Pengeluaran Rupiah 06 - Finansialku

[Baca Juga: Konsultasi: Bagaimana Cara Mengatur Keuangan bagi Karyawan Kontrak atau Tidak Tetap?]

 

#6: College Recruiter

Situs College Recruiter fokus pada mahasiswa kuliah atau perguruan tinggi yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan sembari mereka mengenyam pendidikan. Mahasiswa atau fresh graduates dapat mencari pekerjaan sampingan yang mereka inginkan pada industri kegemaran mereka, bahkan bagi yang beruntung, mereka dapat membangun karier dari situs ini. Situs ini menyediakan beragam tipe pekerjaan, oleh karena itu, bagi Anda para mahasiswa, Anda tidak perlu ragu.

Pekerja Freelance, Mau Penghasilan Tambahan Dolar dan Pengeluaran Rupiah 07 - Finansialku

[Baca Juga: 9 Situs Lowongan Kerja Freelance untuk Cari Uang Tambahan dengan Kerja Online dan Kerja Dari Rumah]

 

#7: Aquent

Aquent adalah situs yang memberikan pekerjaan untuk profesional yang kreatif dan fokus pada digital marketing. Situs ini memberikan kesempatan untuk freelancer untuk bekerja di mana saja, kapan saja atau sesuai dengan kontrak. Bahkan, situs ini juga menyediakan kelas secara online untuk meningkatkan keahlian Anda atau mengasah kemampuan Anda.

Pekerja Freelance, Mau Penghasilan Tambahan Dolar dan Pengeluaran Rupiah 08 - Finansialku

[Baca Juga: Pekerja Freelance, Ini Cara Menentukan Harga Jual Layanan Anda]

 

#8: The Creative Group

Situs The Creative Group berfokus pada pekerjaan untuk freelancer pada bidang kreativitas, seperti pada bidang seni, marketing, penulis, fotografi atau desain grafis. Freelancer dapat mencari posisi full-time atau berdasarkan kontrak.

Pekerja Freelance, Mau Penghasilan Tambahan Dolar dan Pengeluaran Rupiah 09 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Sukses Kerja Online dari Rumah dan Berpenghasilan Melebihi Gaji Bulanan]

 

#9: Croogster

Situs Croogster berasal dari India tetapi mulai berkembang di UK dan AS. Pada situs ini, freelancer dapat menaruh posting mengenai pekerjaan apa yang sedang mereka cari dan apa yang dapat mereka tawarkan. Freelancer pun dapat memberikan daftar pekerjaan yang mereka lakukan, estimasi pengerjaan serta harga jual mereka.

Berikutnya, klien yang tertarik akan ‘membeli’ penawaran tersebut dan memberikan proyek untuk freelancer. Jika freelancer tidak tertarik, maka mereka diperbolehkan untuk menolak. Jika freelancer menyetujuinya, maka freelancer dapat melanjutkan pekerjaannya.

Pekerja Freelance, Mau Penghasilan Tambahan Dolar dan Pengeluaran Rupiah 11 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Kelola Keuangan Freelancer yang Penghasilan Bulanan Tidak Tetap]

 

#10: Fiverr

Situs Fiverr berbeda dari situs freelance tradisional, biasanya klien akan memberikan penawaran pekerjaan dan freelance dapat memilih proyek yang mereka minati. Tetapi, pada situs Fiverr, hal ini berbalik, freelancer akan menciptakan permintaan pekerjaan sesuai dengan keahlian mereka dan memasarkan jasa mereka kepada perusahaan. Nama situs ini diambil dari harga jual awal freelancer yaitu US$5 per satu proyek.

Pekerja Freelance, Mau Penghasilan Tambahan Dolar dan Pengeluaran Rupiah 12 - Finansialku

[Baca Juga: Pekerja Freelance, Ini Cara Mengatur Waktu, Keuangan dan Rencana Kerja Anda]

 

When There is a Will, There is a Way.

Pepatah ini sangat sesuai untuk menggambarkan situasi freelancer, jika Anda rajin dan selalu berusaha, tentunya Anda pasti dapat menemukan cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

 

Setelah Anda membaca artikel ini, tentunya Anda mengerti bahwa mendapatkan dolar sebagai penghasilan tambahan bukanlah hal yang mustahil. Bagikan informasi ini pada orang di sekitar Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Garenne Bigby. 30 April 2017. Top 25 Freelance Websites to Find Work in 2017. Dynomapper.com – https://goo.gl/tq5XTq

 

Sumber Gambar:

  • College Student – https://goo.gl/uszFVr
  • Toptotal – https://goo.gl/a2knhx
  • People per Hour – https://goo.gl/xeJtjk
  • Upwork – https://goo.gl/1wXq8U
  • Simply Hired – https://goo.gl/5Q2ish
  • Ifreelance – https://goo.gl/UYnRvK
  • College Recruiter – https://goo.gl/yGwGdg
  • Aquent – https://goo.gl/a4sfGR
  • The Creative Group – https://goo.gl/nz1WKM
  • Croogster – https://goo.gl/e2miic
  • Fiverr – https://goo.gl/4hwkRy

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com