Bagaimana tips sukses kerja online dari rumah dan berpenghasilan melebih gaji bulanan? Di samping berbagai kelebihannya, menjadi seorang pekerja online juga memiliki beberapa risiko. Salah satunya adalah Anda tidak akan menerima penghasilan rutin seperti yang biasa Anda peroleh.

Lalu bagaimanakah cara untuk bekerja online namun berpenghasilan lebih dari gaji bulanan? Mari kita lihat beberapa tips sukses kerja online dari rumah dan berpenghasilan melebihi gaji bulanan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Anda Adalah Bos dari Diri Anda Sendiri

Saat Anda memutuskan untuk menjadi pekerja online atau freelancer, maka Anda akan menjadi bos atas diri Anda sendiri. Dengan demikian, mengatur keuangan menjadi hal yang sangat vital bagi Anda. Tanpa adanya penghasilan rutin, tunjangan kesehatan atau dana pensiun, dibutuhkan perencanaan keuangan yang matang untuk memiliki penghasilan melebihi gaji bulanan.

Melalui artikel berikut, Finansialku akan memberikan beberapa tips sukses kerja online dari rumah dan berpenghasilan melebihi gaji bulanan.

Tips Sukses Kerja Online dari Rumah dan Berpenghasilan Melebihi Gaji Bulanan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para Freelancer, Inilah 7 Rahasia Keuangan bagi Anda yang Perlu Anda Ikuti]

 

#1 Sediakan Lembar Kontrak untuk Setiap Project

Anda harus menyediakan lembar kontrak standar yang harus ditandatangani pada setiap project, baik project besar maupun kecil untuk melingkupi beberapa ketentuan dan kesepakatan dalam project. Beberapa ketentuan yang wajib dicantumkan dalam kontrak antara lain:

  1. Hasil pekerjaan bersifat autentik dan bukan merupakan plagiarisme.
  2. Identitas klien bersifat rahasia.
  3. Ketentuan pembayaran.
  4. Saat hasil pekerjaan diterima oleh klien, klien bertanggung jawab penuh atas penggunaannya.
  5. Kesepakatan dapat dibatalkan dengan syarat dan ketentuan tertentu berikut konsekuensinya.

 

#2 Selalu Meminta Down Payment (DP)

Saat Anda bekerja sebagai seorang freelancer, sepertinya bijaksana bila Anda mengutamakan pembayaran di muka, karena telat bayar atau tidak dibayar biasanya menjadi masalah dasar pekerja lepas. Untuk mengantisipasinya, Anda dapat membuat ketentuan agar klien membayar DP terlebih dahulu.

Tuliskan dengan jelas ketentuan DP di dalam lembar kontrak, besarnya dapat Anda tentukan sesuai kebijakan Anda. Perlu diingat juga bahwa selalu minta pelunasan terlebih dahulu sebelum menyerahkan hasil pekerjaan.

 

#3 Jangan Takut Berkata “Tidak”

Jika Anda terbiasa menyenangkan semua orang, besar kemungkinan Andalah yang sebenarnya tidak bahagia. Beban kerja Anda akan berlebihan karena berusaha memuaskan semua orang dan ujung-ujungnya Anda akan kewalahan.

Jangan takut untuk menolak sebuah project jika Anda memang sudah tidak sanggup mengerjakannya. Anda harus berpegang kepada komitmen, sehingga mengambil terlalu banyak pekerjaan sehingga Anda kewalahan tidak akan mendukung komitmen kerja Anda.

Freelance, Kenali Pajak Penghasilan yang Harus Anda Lapor dan Bayarkan 1 - Finansialku

[Baca Juga: Freelance, Kenali Pajak Penghasilan yang Harus Anda Lapor dan Bayarkan]

 

#4 Fokuslah dalam Mengambil Pekerjaan

Seperti telah disebutkan sebelumnya, mengambil terlalu banyak pekerjaan tidak baik bagi Anda. Begitu pula dengan terlalu banyak kategori pekerjaan. Hal ini hanya akan membuat Anda tidak fokus dan kebingungan dalam bekerja.

Buatlah batasan pekerjaan yang Anda fokuskan, misalkan jika Anda bekerja di bidang desain, desain seperti apa yang Anda kuasai? Pilihlah satu atau dua kategori desain yang tepat bagi Anda dan hindari mengerjakan semua jenis desain.

 

#5 Buatlah Portfolio dengan Konten yang Anda Fokuskan

Saat Anda mempresentasikan penawaran kerja, hindari untuk memamerkan berbagai kemampuan Anda. Dengan begitu Anda hanya akan kehilangan fokus dan klien akan meminta Anda melakukan banyak hal. Jika Anda sudah memilih fokus kerja Anda, seperti misalnya desain iklan, maka buatlah portfolio yang sesuai dengan fokus Anda, dan hindari memasukkan contoh-contoh pekerjaan Anda lainnya.

 

#6 Anda Merepresentasikan Bisnis Anda

Berbeda dengan karyawan perusahaan yang merepresentasikan perusahaannya, Anda sebagai freelancer merupakan representasi dari bisnis yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, penting untuk selalu bersikap profesional dan jujur untuk membangun kepercayaan antara klien dan Anda.

Anda harus tahu bahwa klien selalu ingin mengetahui kepada siapa dan apa dia menginvestasikan uangnya, sehingga presentasi diri yang jujur dan terpercaya akan meningkatkan kemungkinan kerja sama.

 

#7 Menulis Adalah Kuncinya

Tips yang paling penting dan sangat disarankan oleh banyak freelancer berpengalaman adalah dengan menulis. Anda perlu menulis dan mengenalkan diri pada banyak orang, baik melalui blog, media sosial, email kepada klien, atau bahkan dengan menggunakan video.

Bisnis Anda dapat berkembang jika Anda juga mengembangkan kemampuan menulis Anda, sehingga Anda akan lebih dikenal oleh klien.

Freelancer dan Agen Asuransi Awal Tahun, Waktu yang Tepat untuk Merencanakan Keuangan 2 - Finansialku

[Baca Juga: Freelancer dan Agen Asuransi: Awal Tahun, Waktu yang Tepat Merencanakan Keuangan]

 

#8 Jangan Terfokus pada Masa Depan

Sah-sah saja sebenarnya untuk merencanakan masa depan dan membuat sebuah tujuan. Anda juga diperbolehkan mengagumi sosok freelancer yang sudah lebih dulu mencicipi kesuksesan daripada Anda. Tapi bukan berarti Anda terperangkap dalam impian masa depan sehingga tidak fokus pada apa yang dapat Anda lakukan saat ini.

Jika Anda membuat sebuah tujuan, lakukan apa yang Anda mampu pada saat ini untuk mencapainya, dan bukan hanya membayangkan masa depan tanpa usaha sama sekali.

 

#9 Mengetahui Bidang yang Tepat bagi Anda

Sebagai seorang freelancer, pemasukan Anda tidak teratur dan konsisten setiap bulannya. Dengan demikian Anda harus mengetahui berapa banyak penghasilan Anda setiap bulannya, project apakah yang paling menguntungkan, apakah konten yang paling popular dan sebagainya.

Dengan mengetahuinya, Anda dapat memilih project apa yang sebaiknya Anda pilih dan lakukan selain itu project mana yang sebaiknya dieliminasi.

 

#10 Atur Keuangan Anda dan Alokasikan Penghasilan Anda

Jika Anda ingin memperoleh keuntungan dan kesuksesan, perlu diingat bahwa Anda bertanggungjawab sepenuhnya pada pengaturan keuangan Anda. Anda perlu mengetahui penghasilan Anda dan mengalokasikannya demi masa depan yang lebih baik.

Ingatlah untuk memisahkan sebagian untuk membayar pajak, untuk dana darurat, untuk dana pensiun, dan simpanlah sebagian untuk simpanan pribadi.

para-freelancer-dan-entrepreneur-ketahui-cara-hitung-dana-darurat-yang-anda-butuhkan-finasnialku

[Baca Juga: Para Freelancer: Ketahui Cara Hitung Dana Darurat yang Anda Butuhkan]

 

Sukses dalam Bekerja Online

Menjadi freelancer atau bekerja online bukan berarti Anda menabung lebih sedikit daripada pekerja kantoran. Anda justru memiliki fleksibilitas untuk memperoleh dan menabung lebih untuk mempersiapkan masa depan Anda. Dengan beberapa tips di atas, Anda dapat menjadi freelancer sukses yang memiliki penghasilan melebihi gaji bulanan.

 

Apakah Anda mengetahui tips sukses kerja online dari rumah lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Brent Galloway. 16 Februari 2015. 10 Tips to Become a Better, More Successful Freelancer. Yourfreelancecareer.com – https://goo.gl/SdBSNW

 

Sumber Gambar:

  • Kerja Online – https://goo.gl/Y6EML7 dan https://goo.gl/QucuQd

 

Gratis Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana