Pekerja freelance, berikut ini adalah beberapa cara mengatur waktu, keuangan dan rencana kerja yang dapat Anda lakukan. Finansialku akan membahas cara-cara tersebut untuk memudahkan aktivitas Anda sehari-hari.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Freelancer

Freelancer atau yang dikenal dengan sebutan pekerja lepas waktu adalah suatu sebutan yang diberikan untuk orang yang mendapatkan penghasilan melalui pekerjaan yang dilakukannya tanpa ada waktu yang pasti. Biasanya mereka melakukan pekerjaan berdasarkan permintaan konsumen atau melalui penawaran proyek.

Salah satu keuntungan yang didapatkan seorang freelancer adalah fleksibiltas waktu, dimana artinya freelancer dapat menentukan sendiri kapan ia akan mengerjakan tanggung jawabnya, selama dapat memenuhi batas waktu yang diminta oleh klien. Freelancer pun tidak berkomitmen dengan seorang atasan atau bos, tetapi hanya pada klien dan biasanya jangka waktunya singkat.

Pekerja Freelance, Ini Cara Mengatur Waktu, Keuangan dan Rencana Kerja Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja 5 Kesalahan Terbesar yang Dilakukan oleh Freelancer?]

 

Menjadi freelancer memang kedengarannya menyenangkan dan mudah. Tetapi tanpa adanya manajemen yang baik, freelancer akan kewalahan dan tidak mampu menyelesaikan pekerjaannya sesuai dengan waktu yang diminta. Di bawah ini adalah beberapa cara untuk mengatur hal-hal krusial bagi seorang freelancer.

 

Cara Mengatur Waktu: Mencatat Waktu

Perbedaan seorang freelancer dengan pegawai biasa adalah jam kerja freelancer yang bebas. Seorang freelancer dapat bekerja tengah malam atau pagi buta, pada saat sedang makan atau sedang mengurusi rumah tangga. Kebebasan waktu bekerja ini untuk sebagian orang terlihat sangat menyenangkan, tetapi fleksibilitas tersebut dapat juga merugikan.

Tanpa pengaturan waktu yang tepat, jam kerja akan menjadi tidak teratur dan hasilnya, seluruh tanggung jawab dan pekerjaan Anda tidak selesai. Salah satu cara untuk mengatur waktu dengan baik adalah dengan mencatat waktu Anda. Sebagai seorang freelancer, waktu sama pentingnya dengan uang. Oleh karena itu, sangat penting pula untuk Anda mengerti cara yang tepat untuk memakai waktu Anda.

Anda dapat menggunakan aplikasi smartphone seperti Office Time atau Rescue Time. Pisahkan kategori waktu berdasarkan proyek yang sedang Anda kerjakan. Catatlah berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk masing-masing kategori serta kapan Anda mengerjakannya. Catatlah secara detail waktu yang Anda gunakan untuk setiap aktivitas yang dilakukan untuk menyelesaikan proyek tersebut.

Cara Investasi untuk Freelance agar Dapat Mewujudkan Tujuan Keuangan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Investasi untuk Freelance agar Dapat Mewujudkan Tujuan Keuangan]

 

Dengan mencatat waktu Anda, setiap berakhirnya sebuah proyek, Anda dapat mengetahui jumlah uang yang Anda dapatkan setiap jam. Dari jumlah pendapatan tersebut, Anda dapat melakukan analisis sebaiknya untuk proyek mana Anda menghabiskan waktu lebih banyak atau kurang. Mencatat waktu juga dapat memberikan Anda gambaran tentang perilaku Anda ketika menyelesaikan sebuah proyek.

 

Cara Mengatur Keuangan: Menyusun Anggaran dari Pendapatan Reguler

Menjadi seorang freelancer akan lebih mudah apabila Anda mempunyai pendapatan pasti setiap bulannya. Pendapatan pasti ini dapat berupa pendapatan dari pekerjaan paruh waktu atau proyek yang setiap bulan selalu Anda terima. Pendapatan pasti ini juga dapat dianggap sebagai pendapatan minimal yang harus Anda terima untuk dapat menjadi seorang freelancer.

Perkiraan pendapatan ini akan dijadikan dasar dari penyusunan anggaran Anda. Pertama, hitunglah berapa jumlah pengeluaran pasti Anda setiap bulannya. Pengeluaran ini merupakan pemenuhan kebutuhan pokok, seperti biaya sewa rumah, cicilan atau konsumsi. Dari total pendapatan Anda, kurangilah jumlah pengeluaran pasti tersebut. Kemudian, dari sisa uang tersebut bagilah menjadi 4, sehingga Anda mendapatkan perkiraan uang belanja Anda untuk setiap minggunya.

 

Cara Mengatur Keuangan Seorang Freelancer agar Dapat Hidup Sejahtera 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Seorang Freelancer agar Dapat Hidup Sejahtera]

 

Setelah anggaran Anda tersusun, sebaiknya Anda mencatat setiap pengeluaran Anda, misalnya setiap harinya, berapa jumlah uang yang Anda miliki, berapa dan kemana Anda menghabiskannya dan berapa jumlah uang yang tersisa. Dari daftar ini, Anda akan mengetahui pengeluaran mana yang seharusnya Anda kurangi dan pengeluaran mana yang tidak dibutuhkan dan apakah Anda telah menerima seluruh pendapatan Anda.

Hal lain yang penting untuk seorang freelancer adalah menabung. Minimal jumlah tabungan yang harus Anda miliki adalah jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda selama 5 bulan tanpa adanya satu pun penawaran proyek. Tentunya jumlah tabungan ini dapat berbeda dari masing-masing kebutuhan dan kebiasaan hidup seseorang.

 

Cara Mengatur Rencana Kerja: Selalu Memperbarui dan Menggunakan Pengingat

Teknologi berfungsi untuk memudahkan aktivitas kita sehari-hari, salah satu penggunaan teknologi adalah untuk mengatur jadwal kerja Anda sebagai seorang freelancer. Misalnya dengan aplikasi smartphone Todo dimana Anda dapat mengatur jadwal kerja berdasarkan tempat dan lokasi dan berfungsi sebagai pengingat Anda.

Bagi Anda yang masih tergolong ketinggalan dengan perkembangan teknologi, Anda dapat mencatat pekerjaan Anda di sebuah buku. Buku catatan tersebut harus Anda bawa kemana pun Anda pergi sehingga Anda dapat memperbaruinya kapan pun Anda inginkan. Paling minimal, Anda harus memperbarui buku tersebut setiap akhir hari Anda dan melakukan review ulang untuk tugas yang harus Anda kerjakan setiap pagi.

Apa Bedanya Asuransi Jiwa dan Asuransi Kecelakaan Diri Untuk Karyawan - Finansialku

[Baca Juga: Pentingnya Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan untuk Freelancer]

 

Selain jadwal kerja, rencana kerja juga berhubungan dengan proyek mana yang harus Anda jadikan prioritas. Tidak semua proyek memiliki kesulitan dan pendapatan yang sama. Cara untuk dapat membuat pekerjaan freelance Anda menyenangkan adalah dengan menyelipkan kegiatan yang Anda gemari di antara waktu pengerjaan Anda.

 

Freelancer yang Sukses Membutuhkan Manajemen yang Baik

Beberapa aspek di atas hanyalah sebagian kecil dari hal-hal yang penting untuk diatur sebagai seorang freelancer. Bahkan aspek dari pekerjaan seperti selalu menyimpan lebih dari 1 backup untuk pekerjaan Anda atau lebih teratur dalam menerima tawaran proyek dan mengajukan penawaran jasa juga penting untuk diketahui seorang freelancer. Fleksibilitas waktu dan tanggung jawab bukanlah alasan Anda untuk menjadi tidak teratur. Selamat mencoba!

 

Apakah Anda seorang freelancer? Pernahkah Anda merasa kewalahan akibat manajemen waktu yang kurang baik? Atau pernahkah Anda mengalami kesulitan secara finansial karena teknik pengaturan keuangan yang tidak tepat? Silakan berikan komentar Anda mengenai artikel ini dan saran untuk freelancer lainnya.

 

Sumber Referensi:

  • Laura Shin. 30 Maret 2014. How A Freelancer Manages Her Time, Money, To-Do List And Despair. Forbes.com – https://goo.gl/K8e4QE

 

Sumber Gambar:

  • Freelance – https://goo.gl/NqwNdu dan https://goo.gl/2OyJ6b

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana