Di samping fleksibilitas waktu, menjadi seorang freelance memiliki beberapa risiko. Salah satunya adalah Anda tidak akan menerima penghasilan rutin seperti yang biasa Anda peroleh.

Dengan demikian Anda perlu mengatur keuangan dengan lebih cerdas. Mari kita lihat cara mengatur keuangan seorang freelancer agar dapat hidup sejahtera.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Cara Mengatur Keuangan bagi Seorang Freelancer

Mengatur keuangan menjadi hal yang sangat vital bagi seorang freelancer. Tanpa adanya penghasilan rutin, tunjangan kesehatan atau dana pensiun, freelancer diharuskan untuk menghindari pemborosan yang biasanya dilakukan.

Untuk dapat hidup layak atau bahkan berlebih sebagai seorang freelancer dibutuhkan perencanaan keuangan yang matang. Melalui artikel berikut, Finansialku akan memberikan beberapa cara mengatur keuangan seorang freelancer agar dapat hidup sejahtera.

Cara Mengatur Keuangan Seorang Freelancer agar Dapat Hidup Sejahtera 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para Freelancer, Inilah 7 Rahasia Keuangan bagi Anda yang Perlu Anda Ikuti]

 

#1 Menabung Bukanlah Pilihan

Jika Anda menjadi seorang freelancer, penting untuk selalu memiliki dana darurat. Dengan tingginya fluktuasi penghasilan Anda, tidak ada jaminan Anda akan memiliki uang cukup di bulan depan, atau bulan-bulan selanjutnya.

Oleh karena itu, saat penghasilan Anda sedang berlebih, Anda perlu menabung lebih untuk mengantisipasi penghasilan Anda di bulan selanjutnya. Tabungan atau dana darurat yang disarankan bagi seorang freelancer adalah sebanyak 4 hingga 6 kali jumlah penghasilan rata-rata per bulan.

 

#2 Utamakan Diri Sendiri Terlebih Dahulu

Saat Anda bekerja sebagai seorang freelancer, sepertinya bijaksana bila Anda mengutamakan kebutuhan diri sendiri terlebih dahulu. Mengutamakan diri sendiri bukan berarti membiarkan tanggung jawab lainnya terbengkalai, namun Anda perlu memenuhi kebutuhan diri Anda terlebih dahulu barulah memikirkan kebutuhan lainnya.

 

#3 Pisahkan Akun Pribadi dan Akun Bisnis

Pemisahan akun bank akan membantu Anda mengatasi pengeluaran berlebih dan memudahkan untuk mengecek kondisi keuangan Anda setiap bulan. Gunakanlah akun bisnis hanya untuk penghasilan dari seluruh pekerjaan paruh waktu Anda, dan gunakan akun pribadi untuk pendapatan pribadi lainnya.

Jika memungkinkan, Anda juga dapat membuat akun berbeda untuk pajak dan tabungan masa depan. Hal yang perlu diingat adalah jangan biarkan keuangan dalam setiap akun tercampur atau tujuan awal Anda untuk mengatur keuangan tidak akan tercapai.

Freelance, Kenali Pajak Penghasilan yang Harus Anda Lapor dan Bayarkan 1 - Finansialku

[Baca Juga: Freelance, Kenali Pajak Penghasilan yang Harus Anda Lapor dan Bayarkan]

 

#4 Menghasilkan Uang Lebih Banyak

Penghasilan freelancer berfluktuasi yang berarti penghasilan Anda dapat berubah-ubah jumlahnya setiap bulan. Untuk mengatasinya, Anda perlu menabung di saat memungkinkan untuk mengatasi bulan-bulan dimana pengeluaran Anda lebih sedikit.

Anda juga perlu mengupayakan penghematan seperti mencari tempat tinggal yang lebih terjangkau dan menghemat dari hal-hal kecil seperti belanja kebutuhan sehari-hari. Banyak penghematan yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya dan dapat memberi pengaruh besar bagi keuangan Anda.

 

#5 Atur Keuangan Anda Sedini Mungkin

Mengatur keuangan dapat menjadi beban bagi beberapa orang. Banyak yang menganggap bahwa mengatur keuangan itu merepotkan dan sulit. Namun semakin cepat Anda memulai, maka semakin cepat pula Anda akan mencapai kondisi finansial yang nyaman dan sejahtera.

Merencanakan dan mengatur keuangan kini semakin mudah dengan banyaknya aplikasi dan bantuan perencana keuangan seperti Finansialku.

 

#6 Hindari Pembayaran yang Terlambat

Salah satu kelemahan freelancer lainnya adalah seringnya klien telat membayar upah Anda karena tidak adanya batas waktu yang jelas. Mungkin Anda tidak merasakan pengaruh besar, namun pembayaran yang terlambat akan mempengaruhi arus kas Anda. Buatlah batas waktu pembayaran pada setiap project untuk menghindari kasus pembayaran yang terlambat.

 

#7 Evaluasi dan Perbaiki

Anda tidak akan pernah menyangka banyaknya pengeluaran Anda yang kurang bermanfaat. Lakukanlah evaluasi pengeluaran secara berkala untuk mengetahui dan mengurangi bahkan mengeliminasi pengeluaran yang tidak bermanfaat. Anda tidak akan mengira berapa banyak yang dapat Anda hemat jika Anda mengevaluasi dan memperbaiki pengeluaran Anda.

Apa Saja 5 Kesalahan Terbesar yang Dilakukan oleh Freelancer 01 - Finansialku

[Baca Juga: Freelancer dan Agen Asuransi: Awal Tahun, Waktu yang Tepat Merencanakan Keuangan]

 

#8 Manfaatkan Teknologi Keuangan

Jika Anda malas mengatur keuangan karena merasa repot atau sulit, jangan malah menghindarinya. Di zaman modern seperti sekarang ini, banyak teknologi yang dapat membantu Anda mengatur keuangan Anda, mulai dari website atau aplikasi keuangan yang dapat Anda akses kapan saja.

 

#9 Minimasi Risiko

Salah satu tips jitu dalam bekerja freelance adalah mengurangi risiko. Bagaimana caranya? Anda dapat melakukan mark up hingga 30% untuk bahan-bahan yang Anda beli bagi klien, dan kumpulkan seluruh invoice yang terkait dengan project agar tidak ada pengeluaran yang tidak terduga.

para-freelancer-dan-entrepreneur-ketahui-cara-hitung-dana-darurat-yang-anda-butuhkan-finasnialku

[Baca Juga: Para Freelancer: Ketahui Cara Hitung Dana Darurat yang Anda Butuhkan]

 

Hidup Sejahtera sebagai Freelancer

Selain kebutuhan sehari-hari, banyak yang perlu Anda pertimbangkan sebagai seorang freelancer, antara lain dana pensiun, dana darurat, kebutuhan kesehatan, dan pajak.

Sebelum Anda panik dalam mengatasi semuanya, Anda dapat memulai kehidupan freelancer Anda dengan lebih baik jika Anda memulai mengaplikasikan beberapa tips di atas. Atur dan maksimalkanlah arus kas Anda sejak dini untuk menjadi freelancer yang sejahtera.

 

Apakah Anda mengetahui tips mengatur keuangan bagi seorang freelancer lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Proposify. The Definitive Guide to Going Freelance. Proposify.biz – https://goo.gl/z3U6hF
  • Benedict Smith. 23 Februari 2017. 5 top money management tips for freelancers in 2017. Creativeblog.com – https://goo.gl/nrqXId
  • Mint. Financial Management for Freelancers. Mint.com – https://goo.gl/0pSs5P

 

Sumber Gambar:

  • Asian Freelance – https://goo.gl/vqIYcW
  • Young Woman Working on Laptop – https://goo.gl/UMWDKr

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang