Utang kartu kredit adalah permasalahan bagi sebagian besar orang. Banyak orang bertanya bagaimana cara bebas dari utang kartu kredit? Finansialku akan membahas 5 hal agar Kita bisa bebas utang kartu kredit.

 3 Hal untuk Bebas Utang Kartu Kredit credit-frustration

 

Bebas Utang Kartu Kredit

Berikut ini usaha yang dapat Kita lakukan untuk bebas utang kartu kredit:

 

Mindset Bebas Utang Kartu Kredit

Mengapa mindset? Banyak orang mampu melakukan usahanya yang terbaik karena mindset atau pola pikir yang memaksa untuk melakukan suatu hal. Mindset ini juga yang membentuk adanya tekad dan motivasi seseorang untuk melakukan suatu hal. Begitu juga dalam hal keinginan untuk bebas utang kartu kredit. Seseorang yang ingin bebas utang kartu kredit harus dimulai dari mindset yang benar untuk bebas utang kartu kredit. Jika tidak ada mindset yang tepat, biasanya usaha untuk bebas utang kartu kredit menjadi lebih sulit dan banyak kendala.

Mindset yang tepat adalah tanamkan bahwa Anda memang ingin bebas utang kartu kredit (terlebih utang kartu kredit dengan tujuan utang konsumsi). Setelah mindset ini tertanam, baru lakukan metode dan pengelolaan keuangan yang tepat.

Kebanyakan orang berhasil untuk melunasi utang kartu kredit tetapi mereka gagal untuk bebas utang kartu kredit. Hal ini disebabkan, karena orang tersebut menggunakan kembali kartu kredit dengan tujuan yang sama umumnya utang konsumsi.

 

Metode atau Strategi Pelunasan

Metode yang digunakan untuk bebas utang kartu kredit adalah: mulai melakukan pencatatan. Cek semua utang yang ada, bunga pinjaman dan jatuh tempo. Urutkan dari utang dengan bunga pinjaman tertinggi hingga yang terendah. Cek juga tanggal jatuh tempo. Mulai buat prioritas untuk mulai melakukan pembayaran.

Lihat kembali sumber pendapatan Anda setiap bulan dan cek penngeluaran. Jika dalam waktu dekat Anda belum dapat meningkatkan pendapatan, Anda sebaiknya mengusahakan untuk mengurangi pengeluaran. Kemudian dana tersebut digunakan untuk mulai melunasi utang – utang.

Biasanya cara yang dilakukan adalah mulai membayar lunas utang dengan bunga tertinggi dan tetap membayar minimum untuk utang-utang yang lain. Ketika utang yang satu lunas, kemudian lanjut melunasi ke utang berikutnya. Anda juga dapat diskusi dengan lembaga keuangan yang memberikan Anda utang (contoh Bank) untuk dapat menegosiasikan atau memberi kelonggaran terhadap utang Anda.

 

Money Management

Orang-orang sudah mulai sadar akan pentingnya perencanaan. Contoh perencanaan untuk bebas utang kartu kredit. Satu hal yang masih sering dilupakan adalah pencatatan atau track sejauh mana progress Anda dalam usaha bebas utang kartu kredit. Umumnya hal-hal yang sederhana seperti pencatatan, dapat menjadi masalah yang besar di akhir.

 

Kami akan sangat senang dan berterima kasih jika Anda mau berbagi kisah atau memberi komentar mengenai 3 jenis pendapatan untuk bebas utang kartu kredit.

 

 

Artikel-artikel Finansialku terkait Kredit:

finansialkuKonsekuensi Hidup tanpa Kartu KreditBaca
finansialku6 Pertimbangan Sebelum Mengambil KreditBaca
finansialkuBijak Memanfaatkan Promo Kartu KreditBaca

 

Jangan lupa baca artikel-artikel Finansialku:

finansialku3 Jenis Pendapatan pada Keuangan KeluargaBaca
finansialkuRencana Keuangan KomprehensifBaca
finansialkuPendanaan Online untuk Bisnis OnlineBaca