Menurut Robert T. Kiyosaki banyak orang hanya memiliki 1 sumber pendapatan, padahal Kita mampu memiliki 3 jenis pendapatan. Jenis pendapatan yang umumnya diperoleh sebagian besar orang adalah pendapatan aktif (earning income). Finansialku akan membahas 3 jenis pendapatan pada keuangan keluarga.

200514646-001

 

3 Jenis Pendapatan

Menurut Anda, apakah ada jenis pendapatan selain pendapatan aktif (earning income)? Berikut ini 3 jenis pendapatan pada keuangan keluarga.

3 Jenis Pendapatan pada Keuangan Keluarga - Sumber Pendapatan

Pendapatan Aktif (earning income)

3 Jenis Pendapatan pada Keuangan Keluarga - Pendapatan Aktif

Pendapatan aktif adalah pendapatan yang dihasilkan karena Kita bekerja secara aktif. Contoh pendapatan aktif pada seorang karyawan: gaji, bonus, tunjangan. Contoh pendapatan aktif pada seorang profesional atau pemilik usaha: keuntungan penjualan. Kebanyakan orang belum memanfaatkan secara maksimal 3 jenis pendapatan. Pendapatan aktif umumnya terkena pajak yang cukup mahal. Saat ini tarif pajak untuk karyawan adalah progresif sesuai dengan perhitungan pendapatan kena pajak. Pajak untuk pemilik bisnis adalah 1% dari omset.

 

Pendapatan Portofolio (Portofolio income atau paper asset income)

3 Jenis Pendapatan pada Keuangan Keluarga - Pendapatan Portofolio

Pendapatan kedua adalah pendapatan portofolio. Pendapatan portofolio dilakukan jika Kita berinvestasi pada produk-produk keuangan, misal reksadana, saham, obligasi. Pendapatan portofolio ini untuk beberapa produk memiliki pajak yang lebih rendah dibanding pendapatan aktif.

Menurut Robert T. Kiyosaki sebuah produk investasi dikatakan jika produk tersebut dapat menghasilkan pendapatan setiap periodenya (setiap tahun atau setiap bulan). Apakah investasi Kita menghasilkan pendapatan setiap periodenya?

 

Pendapatan pasif (Passive Income)

3 Jenis Pendapatan pada Keuangan Keluarga - Pendapatan PasifPendapatan pasif adalah pendapatan yang dihasilkan dari sebuah sistem yang bekerja menghasilkan uang. Contoh pendapatan pasif adalah: royalti dari menulis buku, membuat aplikasi dan rekaman.

 

Mainan Roda Tikus / Rat Race

Dalam bukunya Robert T. Kiyosaki mengatakan sebagian besar dari Kita termasuk orang-orang di Amerika hidup berdasarkan gaji. Pola keuangan sangat sederhana yaitu terima gaji di setiap bulan (atau menerima pendapatan), melakukan pengeluaran, utang konsumti dan berulang-ulang untuk waktu yang cukup panjang. Hal ini terus berlangsung sepanjang hidup. Ilustrasinya adalah mainan roda tikus (rat race), seperti tikus yang berada di dalam roda yang terus berputar tanpa ujung. Bagaimana agar Kita bisa keluar dari rat race? Robert T. Kiyosaki membuat sebuah simulasi kehidupan keuangan seseorang atau keluarga ke dalam sebuah permainan. Berikut ini tampilan dari simulasi tersebut:

3 Jenis Pendapatan pada Keuangan Keluarga - Rat Race vs Jalur Cepat

Seseorang yang hidup dari gaji ke gaji akan berada di lingkaran di tengah. Banyak orang yang belum bisa keluar dari jeratan rat race ditengah-tengah papan. Bagaimana cara keluarnya? Syarat dalam permainan tersebut agar bisa keluar dari rat race adalah Kita memiliki pendapatan pasif yang lebih besar dibanding pendapatan aktif. Lolos dari rat race tidak berarti seseorang menjadi kaya, tetapi orang tersebut bebas keuangan (financial freedom). Pemain yang keluar dari rat race dapat langsung menuju ke fast track atau jalur cepat untuk memenuhi tujuan keuangannya. Jalur cepat dalam permainan ini menjadikan orang kaya.

 

Disclamer:

Tulisan ini dibuat sebagai sebuah pendidikan tidak bermaksud untuk menjual produk tertentu. Finansialku tertarik membagi sebuah ide mengenai pendapatan dari 3 jenis pendapatan.

 

 

Kami akan sangat senang dan berterima kasih jika Anda mau berbagi kisah atau memberi komentar mengenai 3 jenis pendapatan untuk keuangan keluarga.

 

Jangan lupa baca artikel-artikel Finansialku:

finansialkuMemilih Asuransi Kesehatan untuk KeluargaBaca
finansialkuMengatur Keuangan Keluarga di Tahun Politik 2014Baca
finansialku8 Resolusi Keuangan di Tahun BaruBaca